Si Kuda Jingkrak Melantai ke Bursa

Ferrari Lakukan Penawaran Saham Perdana ke Pasar Bursa – Pabrikan penghasil mobil mewah asal Italia, Ferrari siap melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Renacananya, Fiat Chrysler sebagai perusahaan induk Ferrari akan menjual 10 persen saham dalam IPO ini. Fiat Chrysler menghitung, bahwa mereka akan memperoleh dana segar hingga USD9,8 miliar atau sekitar Rp 130 triliun dari penjualan saham Ferrari.

rerrari-lakukan-penawaran-saham-perdana-ke-pasar-bursa

Saham Ferrari sendiri akan dijual dengan harga antara USD48 hingga USD52 per lembar saham. Seperti dilaporkan oleh Reuters, penjualan ini akan membuat saham Fiat menjadi hanya 80 persen saja di Ferrari. Mereka juga berencana untuk mendistribusikan 80 persen sisa saham untuk para investor tahun depan. Sementara Piero Ferrari yang merupakan wakil ketua Ferrari dan juga anak pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, akan mempertahankan 10 persen sahamnya di pabrikan Kuda Jingkrak tersebut.

Advertisement

Dana segar hasil penjualan saham Ferrari tersebut akan digunakan untuk keperluan peningkatan ekspansi pasar demi mencapai target 7 juta penjualan mobil Ferrari pada tahun 2018. Ferrari memerlukan dana tak kurang dari USD54,5 miliar atau sekitar Rp 720 triliun untuk keperluan ekspansi.

Fiat Chrysler akan mendaftarkan saham Ferrari di Bursa Efek New York dengan kode nama “RACE”. Debut Ferrari di lantai saham direncanakan terjadi pada paruh kedua bulan Oktober ini.

Usulan agar sebagian saham Ferrari dijual ke publik sebenarnya telah lama digaungkan sejak tahun lalu. Bahkan, CEO Fiat, Sergio Marchionne secara terang-terangan menyatakan bahwa Ferrari merupakan potensi terbesar untuk para investor. Kala itu, Marchionne mengatakan kepada BBC bahwa Ferrari seperti “wortel yang fenomenal”.

Kabar terakhir, Bursa Efek New York sudah memberikan respon positif tentang keputusan Ferrari untuk melantai ke pasar saham. Sentimen positif tersebut sudah diprediksi oleh para investor. Mereka pernah mengatakan bahwa permintaan saham Ferrari akan jauh melebihi jumlah saham yang tersedia.

Hingga Senin (19/10), dikabarkan bahwa pemesanan saham Ferrari sendiri akan ditutup hari ini juga. Jika semua rencana berjalan lancar, dana segar dari penjualan saham Ferrari akan digunakan oleh Fiat Chrysler untuk membiayai pengembangan Jeep, Alfa Romeo, dan Maserati. Baca juga Ferrari Produksi Seri Bersirip F12tdf Hanya 799 Unit dan Mitsubishi  Pajero Sport Versi Shogun  Diluncurkan di Afrika Selatan.

Top