Masalah pada Power Window, Toyota Tarik 5 Model Mobilnya

Toyota Recall 5 Model Mobil Karena Masalah pada Power Window – Seakan “tak mau kalah” dengan Volkswagen yang melakukan recall alias penarikan ulang kendaraannya, Toyota pun melakukan hal yang sama untuk sejumlah mobilnya. Namun kali ini kasusnya berbeda. Jika VW melakukan recall terhadap 11 juta kendaraan karena skandal uji emisi diesel, maka Toyota memutuskan untuk menarik ulang beberapa mobil produksinya karena masalah pada bagian power window.

toyota-recall-5-model-mobil-karena-masalah-pada-power-window

Kasus recall terhadap mobil-mobil Toyota pertama kali dilakukan oleh Toyota Australia. Toyota Australia menuturkan tombol power window pada beberapa mobil keluaran Toyota pada rentang produksi tahun 2006 hingga 2010 mengalami masalah karena saat diproduksi, gemuknya kurang banyak. Hal ini bisa menyebabkan tombol mengalami korsleting dan meleleh. Dalam skenario terburuk bisa menghasilkan asap atau kebakaran.

Advertisement

Toyota sendiri mengumumkan penarikan 5 model mobil, meliputi Aurion, Camry, Corolla, Kluger, RAV4 dan Yaris yang diproduksi antara Agustus 2005, Agustus 2006, Januari 2009 dan Desember 2010. Lebih lanjut, Toyota memperkirakan ada 300.000 unit kendaraan yang terlibat, namun mereka memastikan tidak ada korban cedera.

Penarikan yang dilakukan oleh Toyota ini merupakan bagian dari proses penarikan yang diumumkan tahun 2012 lalu. Hingga kini Toyota memperkirakan ada 300.000 unit kendaraan yang terlibat, namun mereka memastikan tidak ada korban cedera.

Proses recall yang dilakukan oleh Toyota pun sudah melebar ke luar Australia. Hal ini karena power window yang bermasalah ternyata tidak hanya terjadi di Australia saja. Jumlah mobil yang harus ditarik pun jumlahnya mencapai jutaan unit.

Seperti dilansir oleh Reuters, rencananya Toyota akan menarik sekitar 6,5 juta unit mobilnya di seluruh dunia. Jika dirinci, jumlah mobil yang ditarik terdiri dari antara lain 2,7 juta di Amerika Utara, 1,2 juta di Eropa, dan 600.000 unit di Jepang. Unit mobil-mobil yang di-recall oleh Toyota tersebut sudah termasuk 300 ribu mobil yang berada di Australia.

Selain mobil yang disebutkan tadi, Toyota juga harus menarik Matrix, RAV4, Highlander, Tundra, Sequoia dan Scion xB. Namun hingga kini belum ada kabar apakah di Indonesia termasuk dalam kampanye recall ini. Baca juga Jelang Penghujung Tahun, Promokan Cicilan Mobil Rp 1 Jutaan dan Toyota Auris Cross, Benarkah Hadir Sebagai Rival Honda HR-V?

Top