Ibukota Norwegia akan Bebas Mobil Pribadi di Tahun 2019, Indonesia Kapan?

Polusi Udara Semakin Parah, Norwegia Larang Mobil Pribadi Beroperasi Tahun 2019 – Salah satu kota di negara Norwegia atau ibukota negara tersebut, Oslo, sudah siap untuk memberlakukan kebijakan terbaru mengenai penggunaan mobil pribadi untuk beroperasi di pusat ibukota. Kebijakan tersebut berlaku, sebab saat ini, polusi udara di ibukota Norwegia sudah masuk kategori parah, dengan adanya kebijakan tersebut bertujuan untuk mengurangi polusi udara yang tiap tahun kian meningkat.

Ibukota Norwegia akan Bebas Mobil Pribadi Tahun 2019 Indonesia Kapan

Kebijakan tersebut direncanakan siap berlaku pada tahun 2019 mendatang, dengan melarang seluruh mobil pribadi melaju di kota Oslo. Lewat kebijakan yang dibuatnya, menjadikan Norwegia sebagai negara yang pertama kali menerapkan dengan tegas dan lantang mengenai pelarangan mobil pribadi. Padahal saat ini hanya tercatat 350 ribu unit mobil yang berada di pusat kota Oslo, bandingkan dengan jumlah mobil pribadi di ibukota Indonesia.

Sebenarnya jauh sebelum Norwegia menerapkan peraturan ini, sudah ada Paris yang terlebih dahlu merancang peraturan sementara yang mengatur pelarangan mobil serta kendaraan lainnya, lalu London dan Madrid membuntuti dengan turut membuat peraturan serupa guna mengurangi polusi udara yang kian hari kian parah. Negara Italia juga tak mau kalah dengan gagasan memberikan voucher kereta gratis bagi warga yang tidak menggunakan mobil pribadi.

Dikutip dari Fortune pada hari ini, Kamis (22/10), Ketua negosiasi dari Oslo Green Party, Lan Marie Nguyen Berg mengungkapkan perihal rencana Norwegia yang ingin mempunyai pusat kota yang bebas dari kendaraan.

separator

“Kami ingin membuat kota lebih baik bagi pejalan kaki, pengendara sepeda,” ucapnya.

Untuk mendukung gagasan tersebut, Norwegia sudah ancang-ancang untuk membangun jalur sepeda sepanjang 60 km yang rencananya selesai empat tahun lagi. Dengan dibuatnya jalur tersebut memungkinkan pengendara sepeda di Norwegia dapat terakomodasi dengan baik serta merasa aman dan nyaman ketika berkendara.

Meski melarang penggunaan mobil pribadi di kota Oslo, namun hal ini tidak sepenuhnya penggunaan mobil pribadi akan dilarang. Karena Norwegia memberikan toleransi mobil pribadi masih bisa dikendarai di pusat kota, namun hanya untuk kaum disabilitas dan kendaraan yang dipergunakan untuk mengantar barang ke toko-toko di kota Oslo. Baca juga Pecinta VW Tetap Setia Meski Tengah Diterpa Skandal Emisi dan Sempat Anjlok, Kini Chevy Spin Justru Banyak Diburu.

 

Top