Selangkah Lagi Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Ditunjuk Dorna Sebagai Tuan Rumah MotoGP 2017, Indonesia Harus Gerak Cepat – Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya Dorna, selaku penyelenggara resmi ajang balap bergengsi MotoGP, menyatakan jika Indonesia sudah mendapat slot sebagai tuan rumah gelaran MotoGP 2017. Dengan pengumuman yang diberikan Dorna, kini Indonesia harus bergerak cepat untuk melakukan persiapan, karena waktu semakin sempit.

Selangkah Lagi Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Informasi ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2017, langsung diungkapkan oleh CEO Dorna, yang bernama Carmelo Ezpelata, dimana pada kesempatan kemarin sudah menemui Meneteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Pertemuan tersebut berlangsung pada hari Rabu (21/10) dengan disaksikan pengelola Sirkuit Sentul, Ananda Mikola dan Tinton Suprapto.

“Menjadi kehormatan buat kami di sini setelah pertemuan sebelumnya bulan Mei di Jakarta. Dari jeda waktu antara Mei hingga sekarang memang sudah ada banyak keputusan yang telah diambil, termasuk salah satunya Dorna Sport dan FIM telah memutuskan untuk memberikan salah satu slot 2017 kepada Indonesia,” ujar Carmelo Ezpeleta, dikutip dari DetikOto  (22/10).

Dengan pertemuan tersebut, akhirnya menghasilkan rumusan mengenai penyelenggaraan MotoGP 2017 di Indonesia, ada tiga hal penting yang harus segera dipercepat oleh pihak Indonesia, jika tak ingin kehilangan slot yang ditawarkan pihak Dorna. Tiga hal tersebut antara lain soal penyusunan Letter of Intent (LOI) dan juga Master Plan. Dua hal ini, akan menjadi pertimbangan selanjutnya untuk Dorna, karena pada bulan November mendatang Dorna akan segera menyelenggarakan general assembly, termasuk memuat keputusan mengenai kelayakan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2017.

separator

“Tapi perlu diketahui juga bahwa banyak negara lain yang sudah mengantre atau bersaing menjadi tuan rumah. Untuk itu, Indonesia diharapkan bisa begerak cepat untuk mematangkan segala persiapan, khususnya sampai akhir bulan November. Karena selain persiapan itu, Indonesia juga harus membuat master plan,” ucap Carmelo lebih lanjut.

“Tapi seperti yang sudah dibahas dengan Bapak Menteri ada beberapa kendala terkait dengan birokrasi, makanya kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan akan bekerja keras untuk melakukan segala persiapan agar Indonesia menjadi tuan rumah 2017,” tambah Carmelo.

Dengan penunjukan Indonesia untuk slot gelaran MotoGP 2017 membuat Gatot S, Dewabroto sumringah. Pria yang menjabat sebagai  Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora tersebut mengapresiasi keputusan Dorna yang memilih Indonesia untuk memenuhi slot ajang balap motor bergengsi di dunia.

“Pemerintah serius menyambut kepercayaan Dorna, tapi memang beberapa hal masih perlu dibahas untuk mempersiapkan MotoGP 2017 di Indonesia,” kata Gatot.

Dengan adanya indikasi positif dari Dorna, pastinya kita berharap jika ajang MotoGP 2017 jadi digelar di Indonesia, pasalnya jika tak segera bergerak cepat maka slot tersebut bakal diisi oleh negara lain yang sudah lebih siap menjadi tuan rumah MotoGP 2017 seperti negara Thailand, Brazil,Chile, dan Kazakstan. Baca juga Maverick Vinales Dapatkan Titel Rookie of The Year dan Dorna Dikabarkan Akan Teken Kontrak dengan Indonesia.

Top