Sang Penantang Juke dan HR-V Segera Lahir

Menanti Detik-detik Kelahiran Sang Penantang Juke dan HR-V  – Santer diberitakan akhir-akhir ini, kabar terbaru mengenai mobil konsep Toyota CH-R datang ke permukaan. Dikabarkan penantang Honda HR-V dan Nissan Juke tersebut akan segera menjalani debut tak lama lagi. Disinyalir Toyota siap merilis mobil jenis crossover ini pada bulan Maret 2016 mendatang atau mungkin bertepatan dengan perhelatan Geneva Motor Show 2016.

Sang Penantang Juke dan HR-V Segera Lahir

Laman ternama Autocar juga menginformasikan meskipun Toyota CH-R akan diperkenalkan bulan Maret 2016, namun untuk penjualnnya Toyota CH-R dipasarkan mulai bulan Mei 2016 mendatang. Digadang-gadang, crossover SUV ini bakal diberi nama Toyota Auris Cross dan mengusung lima pintu.

Toyota CH-R adalah mobil konsep yang pertama kali dipamerkan di ajang Paris Motor Show 2014. Untuk segmentasinya, Toyota akan menempatkan Auris Cross dalam line-up global yang berada di bawah level SUV RAV4. Melihat segmentasinya, jelas mobil ini ditakdirkan sebagai penantang berat dari Nissan Juke dan Honda HR-V yang kini bertarung di level yang sama.

Advertisement

Dari keterangannya, Toyota juga mengklaim jika Toyota CH-R memiliki desain yang lebih tajam serta agresif, hal ini dikarenakan permintaan langsng dari Kio Toyoda, salah satu petinggi Toyota yang menginginkan mobil crossover dengan desain futuristik. Selain itu Toyota juga harus berkiblat pada desain Lexus yang ternyata disukai konsumen lantaran menawarkan bentuk mobil yang ‘out of the box’.

Secara desain, Toyota CH-R atau Aris Cross menggunakan basis yang identik dengan genrasi terbaru Prius, lewat platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Nantinya, mobil versi produksi massal akan memiliki perbedaan cukup signifikan dengan mobil prototipenya, dimana versi produksi menggunakan dua pintu tambahan di bagian samping. Kemudian pada atap, akan dibuat melandai untuk menampilkan aura crossover lebih sporty.

Ketika diperkenalkan dalam versi konsep atau protipe, mobil ini dibekali dapur pacu mumpuni lewat mesin empat silinder yang dikombinasikan dengan penggerak bermodel CVT. Dari segelintir informasi juga menyebutkan bahwa Toyot CH-R akan ditawarkan dengan sistem penggerak hibrida. Namun hal tersebut rumor, mengingat sampai saat ini Toyota belum memberikan keterangan resmi terkait apakah ada varian Toyota CH-R yang bertransmisi manual. Baca juga Toyota C-HR Selangkah Menuju Produksi dan Crossover Terbaru Toyota Muncul Dua Pekan Lagi.

 

Top