Pabrikan Rusia Bakal Hadir di Indonesia?

Pabrikan Mobil Asal Rusia Berniat Jual Produknya di Indonesia – Pasar otomotif Indonesia nampaknya memang sangat menggiurkan bagi semua produsen. Setelah pabrikan asal India dan Tiongkok menyusul pabrikan-pabrikan asal Jepang dan Amerika yang sudah mapan di Indonesia, kini dikabarkan “pemain baru” akan segera datang untuk meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

pabrikan-mobil-asal-rusia-berniat-jual-produknya-di-indonesia

Dalam beberapa hari terakhir, santer dikabarkan bahwa pabrikan asal Rusia sedang melakukan penjajakan untuk menjual produk kendaraan roda empat buatannya di Indonesia. Invasi pabrikan asal Negeri Beruang Merah tersebut merupakan bagian dari perluasan pasar bagi produk mobilnya ke negara lain.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Suryono mengatakan bahwa hingga kini ada dua merek mobil yang ingin masuk ke pasar Indonesia.

“Ada Lada dan Gaz, mereka mau coba masuk,” ujarnya di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (23/10).

separator

Suryono mengungkapkan bahwa Rusia sebenarnya merupakan negara yang cukup maju dalam dunia otomotif, terutama untuk roda empatnya. Namun selama ini yang terjadi adalah pabrikan Rusia lebih sering menjual produk-produknya untuk pasar dalam negeri.

“Mereka kuat di domestik. Mereka impor juga mobil tapi rakyatnya lebih seneng pakai mobil sendiri, seperti Korea saja,” lanjutnya.

Meski dianggap sebagai negara dengan industri otomotif yang tergolong maju, namun Rusia tetap harus melakukan beberapa hal jika ingin menjual produk mobilnya di Indonesia. Salah satunya Rusia harus membuka kantor perwakilan dari produsen mobilnya di Indonesia.

“Tidak ada dealer yang jual kendaraan mereka di Indonesia. Mereka belum ada di Indonesia. Jadi mereka harus buka office representative di Indonesia untuk perkenalan,” kata Suryono.

Selain itu, dua pabrikan asal Rusia tersebut juga harus melakukan tes pasar guna melihat ketertarikan pasar Indonesia akan produk mobil asal negara mereka.

“Kita juga harus lihat penerimaan produk mereka di Indonesia, itu penting. Jangan sampai sudah ada di sini tapi ada image orang Indonesia tidak suka produk mereka. Kita pastikan image mereka bagus di Indonesia,” tandasnya.

Tes pasar memang sangat penting, apalagi untuk pendatang baru seperti kedua pabrikan asal Rusia tersebut. Pasalnya, selama ini konsumen Indonesia memang lebih familiar dengan mobil-mobil buatan Jepang, Amerika, dan beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Italia. Baca juga Pameran Otomotif Surabaya 2015 Bakal Digelar Awal November 2015 dan Toyota Indonesia Terima Penghargaan Primaniyarta Berkat Peningkatan Prestasi Ekspornya.

Top