Sebelum Jual Mobil Bekas, Simak Dulu Hitungan Harganya

Ketahui Cara Hitungan Penurunan Harga Mobil Bekas – Saat ini mobil bekas kian diminati oleh masyarakat, karena mobil bekas menawarkan harga lebih murah serta nilai jual yang dinilai tak terlalu merugikan konsumen, jika dibandingkan dengan mobil baru yang ketika dijual kembali harganya anjlok.

Sebelum Jual Mobil Bekas, Simak Dulu Hitungan Harganya

Sampai saat ini harga jual kembali adalah satu pertimbangan kuat konsumen ketika memutuskan membeli mobil bekas. Namun tak banyak konsumen yang memahami jika ada hitung-hitungan prosentase turunnya nilai jual mobil bekas dari dari tahun ke tahun.

Lantas berapa ya total prosentase penurunan harga jual kembali mobil bekas tiap tahun? Selain merek dan kondisi mobil yang turut mempengaruhi harga jual mobil bekas, ternyata ada hal lain yang bisa menjadi patokan yakni prosentase penurunan harga mobil bekas dari satu tahun sekarang ke satu tahun berikutnya.

Diungkapkan oleh Fischer Lumbantoruan, selaku Chief Operating Officer (COO) bursa mobil bekas ternama di Indonesia, Mobil88, yang menuturkan jika penurunan harga jual kembali mobil setiap periode satu tahun akan semakin berkurang.

Advertisement

“Untuk tahun pertama penurunan harga jual mobil itu biasanya 10 sampai 15 persen. Untuk tahun kedua itu penurunan sekitar 8 sampai 10 persen, tahun ketiga penurunan sekitar 5 sampai 8 persen. Makin lama makin kecil,” kata Fischer di kawasan Thamrin, dikutip dari laman Vivanews, hari Sabtu (24/10).

Selain itu Fischer juga mengungkapkan jika penurunan harga jual mobil bisa disebabkan karena dua faktor utama yakni minat kosnumen atau daya beli konsumen untuk mobil bekas dan juga pengaruh kondisi mobil bekal secara keseluruhan. Kedua hal tersebut memegang peranan penting.

“Penurunan terbesar untuk kondisi mobil yang baik itu paling besar 15 persen sedangkan untuk mobil yang banyak diminati itu biasanya turun 10 persen,” ujar Fischer lebih lanjut.

Dengan apa yang dikemukakan oleh petinggi Mobil88 di atas, pastinya kita dapat memperkirakan nominal harga mobil bekas di pasaran, selain itu dengan prosentasi hitungan di atas bisa menjadi acuan bagi konsumen yang ingin menetapkan harga jual mobil bekas miliknya sbelum dilego. Baca juga Mitsubishi Fuso Tetap Kuasai Segmen Kendaraan Niaga di Indonesia dan Pameran Otomotif Surabaya 2015 Bakal Digelar Awal November 2015.

 

Top