Honda “Recall” Ribuan Unit Mobilnya di India

Software Bermasalah Ribuan Unit Mobil Honda Ditarik di India – Tertimpa masalah pada software, membut mobil asal pabrikan Jepang ini ditarik dari pasaran India.  Akibat masalah yang disebabkan oleh software, Honda melakukan penarikan terhadap sekitar 3.879 unit mobilnya di India.

software-bermasalah-ribuan-unit-mobil-honda-ditarik-di-india

Honda Cars India Ltd (HCIL) terpaksa harus menarik mobil sedan City yang diproduksinya pada bulan Februari-November 2014 lalu dikarenakan adanya software yang harus diperbaharui kembali.

Seperti laporan Autocar India yang telah dirangkum dari halaman Viva Otomotif, Sabtu (24/10/2015) yang menyatakan bahwa software yang menyangkut gearbox CVT pada Honda City harus dilakukan perbaharuan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan tekanan hidrolik yang terdapat pada sektor CVT.

Nantinya, bagi pemilik Honda City akan dihubungi oleh pihak diler Honda secara langsung ataupun dapat mengecek sendiri melalui media online apakah mereka termasuk yang terkena recall ataupun tidak.

Untuk melakukan pengecekan secara online, konsumen nantinya cukup memasukkan 17 digit nomor dari VIN alfanumerik mobil pada microsite yang khusus dibuat pada situs web Honda tersebut.

Menurut berita yang terdengar, bahwa rencana recall tersebut akan mulai dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Oktober 2015 pada seluruh diler resmi Honda di India.

Nantinya bagi konsumen atau pemilik yang terdampak recall harus menjalani update software yang bermasalah tersebut, tentunya tanpa dipungut biaya atau gratis.

Pada recall yang akan dilakukan oleh pihak Honda ini dipastikan tidak akan menyebabkan kerugian apapun terhadap pada pemilik mobil, pasalnya update software yang dilakukan sepenuhnya menjadi tanggungan pihak Honda tanpa sedikitpun melibatkan pemilik.

Pemilik hanya cukup membawa mobilnya ke semua diler Honda yang ada di India dan menunggu hingga pembaharuan software tersebut selesai dilakukan. Untuk pembaharuan sendiri tidak memakan waktu yang lama untuk setiap mobilnya. Jadi, pengguna tidak perlu menunggu berhari-hari dalam proses update software tersebut.

Untuk kedepannya diharapkan Honda akan lebih teliti dan benar-benar memastikan bahwa seluruh komponen mobil telah benar-benar sempurna sebelum diproduksi sehingga hal serupa tak lagi terjadi dan tidak mengganggu kenyamanan pemilik mobil dengan penarikan mobil kembali ke diler. Baca juga Caravelle Generation Six, Hasil Reinkarnasi VW Combi di Era Modern dan Toyota Sienta, Pesaing Honda Freed Akankah Mengaspal di Indonesia? 

Top