Harga Ford Fiesta, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Ford Fiesta dan Spesifikasi – Tidak mau kalah dengan pabrik dari Jepang atau Korea yang kian agresif menggempur pasar otomotif Indonesia, Ford juga melancarkan produk-produk andalannya ke Tanah Air. Strategi Ford yang terus mencoba eksis memang bisa diacungi jempol jika melihat kompatriotnya sesama pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet, lebih memilih menutup pabriknya di Indonesia. Melalui strategi pemasaran yang jitu, Ford Motor Indonesia tetap mampu menjaga kesuksesan Ford di Tanah Air. Salah satu buktinya adalah kehadiran All New Ford Fiesta yang merupakan varian hatchback andalan pabrikan asal Negeri Paman Sam tersebut. Fiesta sendiri merupakan salah satu pemain utama di segmen hatchback yang memiliki basis konsumen sangat besar. Bahkan, dalam sebuah survey dinyatakan bahwa Ford Fiesta merupakan mobil impian para kaum muda di Indonesia. Hal ini pastinya semakin menguatkan image Fiesta yang memang memiliki karakter yang “anak muda banget”. Demi menjaga persaingannya dengan pabrikan lain, Ford pun meluncurkan generasi baru Fiesta yang membawa sejumlah perubahan menarik. Jika menyebut nama Ford Fiesta, pikiran anda pasti akan langsung tertuju pada konsep mobil sporty hatchback berpenampilan elegan dengan performa mesin yang bertenaga. Kesan inilah yang coba dipertahankan oleh Ford, dan tentunya menambahkan nuansa baru yang menjadikannya semakin istimewa.

Ford Fiesta

Ford Fiesta

Ketika pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, generasi awal Ford Fiesta langsung menyita banyak perhatian dari publik karena desainnya yang modern dan mewah. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Fiesta mampu menyabet banyak penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Car of the Year tahun 2010 dan Best Compact Hatchback pada tahun yang sama. Ketika pertama kali hadir, memang Ford Fiesta menawarkan desain yang futuristik dengan bentuk compact yang kental aura Eropa. Kesan sporty pun juga mampu dimunculkan secara sempurna lewat lekukan bodi yang dinamis. Masih tetap mempertahankan konsep desain eksterior yang sama, kali ini Ford memberikan sentuhan yang lebih segar pada mobil hatchback andalannya ini. Jika pada sisi eksterior masih mempertahankan konsep desain yang sama, maka bagian dapur pacu Ford Fiesta hadir dengan tenaga baru. Kali ini, Ford menghadirkan New Fiesta dalam dua varian mesin yang berbeda, yakni mesin bensin DOHC Duratec 4-Cylinder 1.5L dan juga Ecoboost Duratec 3-Cylinder 1.0L. Mesin berkapasitas 1.5L tentunya akan menghadirkan performa yang bertenaga. Sementara Ford Fiesta Ecoboost 1.0L akan menghadirkan konsumsi BBM yang efektif dan efisien. Bahkan, Fiesta Ecoboost diklaim mampu meningkatkan efektivitas pembakaran BBM hingga 20 persen lebih irit serta menghasilkan emisi yang ramah lingkungan. Selain ditenagai oleh mesin yang memiliki performa tinggi, Ford Fiesta juga dibekali dengan segudang interior modern yang lengkap. Mobil ini juga memiliki standar keamanan ganda untuk pengendara dan pengemudiany, seperti misalnya adalah rem ABS, dual airbags, serta fitur Hill Launch Assist. Nah untuk lebih lengkapnya, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Ford Fiesta pada segmen-segmen berikut ini.

Mobil Ford Fiesta

Review Ford Fiesta

Eksterior

Sporty Hatchback dengan Deseain yang Modern dan Stylish

Ketika tahun pertama diluncurkan, Ford Fiesta langsung tampil menggebrak dengan desain bodinya yang kental beraroma khas mobil Amerika. Mobil bergaya American memang sesuatu yang baru karena publik di Indonesia lebih familiar dengan hatchback bernuansa Jepang atau Eropa. Tampil sebagai hatchback bercorak baru, jelas saat itu Ford Fiesta mampu mencuri perhatian publik. Sekilas, memang konsep desain Fiesta sedikit mendobrak gaya hatchback kebanyakan. Pada bagian fascia depan, mobil ini mengusung desain wajah yang nampak agresif. Hal ini bisa dilihat dari desain lampu utama Ford Fiesta yang memiliki bentuk tajam berteknologi multireflektor. Kemudian, pada bagian front grill didesain dengan konsep menjorok ke atas yang semakin menguatkan kesan sporty. Aksen garis horizontal berwarna krom pada bagian grill juga memunculkan aura kemewahan. Lalu pada foglamp Ford Fiesta, dibentuk dengan gaya minimalis menyesuaikan desain bumper depan yang berukuran kecil. Kemudian pada body bagian samping, terlihat desain lebih sporty dan dirancang aerodinamik lewat lekukan garis body yang tak terputus dari depan hingga belakang. Kecantikan New Ford Fiesta ini juga dapat dilihat dari penempatan spoiler belakang serta bumper belakang yang beraksen hitam. Perpaduan desain di atas membuat tampilan body New Fiesta secara keseluruhan terlihat lebih futuristik serta memiliki sisi aerodinamis yang pas. Mobil ini juga tampil dengan kesan sporty sehingga membuatnya disukai oleh kalangan berjiwa muda yang mendambakan hatchback dengan desain “out of the box”. Secara keseluruhan, spesifikasi Ford Fiesta pada bagian eksterior ini bisa dibilang mendapat nilai “A”. Elegan, modern, dan sporty, itulah kesan yang kita dapatkan pada desain New Fiesta ini.

Spesifikasi Ford Fiesta

Interior

Interior Berkelas dengan Beragam Fitur Canggih

Desain eksterior benar-benar keren, lalu bagaimana dengan spesifikasi Ford Fiesta pada sisi interior? Sama seperti bagian eksteriornya, kesan mewah pun juga akan kita temukan pada interior New Fiesta. Untuk spesifikasi interiornya, Ford Fiesta hadir dengan ragam fitur interior berkelas layaknya mobil besutan Ford lainnya. Mulai dari desain dashboardnya, mobil ini mengusung konsep dasboard yang didominasi oleh warna hitam elegan dengan menggunakan material berkualitas. Lalu untuk bagian kabin depan, dashboard Ford Fiesta ditempati oleh panel SYNC, multimedia, AC, hingga panel untuk fungsi keamanan. Berpindah ke sektor kemudi, setir kemudi pada New Fiesta dirancang dengan nuansa minimalis namun tetap mampu menyajikan pengendalian mobil yang nyaman. Kemudian, pada panel speedometer Ford Fiesta di setiap cluster dirancang dengan desain lebih atraktif dan mudah dipahamai. Pada bagian tengah speedometer terdapat indikator untuk menunjukkan informasi akurat kepada pengendara seperti informasi temperatur, jam, atau lainnya. Beralih pada bagian tempat duduk atau kursi Ford Fiesta, jok depan dibangun dengan desain jok ala mobil balap serta menggunakan material kulit berkualitas premium. Sedangkan untuk kabin penumpang depan atau belakang sudah dilengkapi dengan seatbelt sebagai piranti keamanan wajib. Secara keseluruhan, spesifikasi Ford Fiesta pada bagian interior ini memang terasa sangat “wah” untuk ukuran low hatchback di Tanah Air. Dipastikan, anda akan merasakan kenyamanan tingkat tinggi saat berada di dalam kabin New Fiesta.

Spesifikasi Mobil Ford Fiesta

Dimensi

Dimensi Kompak dengan Dukungan Suspensi Berkualitas

Secara penampilan, tentu anda setuju bahwa spesifikasi Ford Fiesta ini memiliki ukuran bodi yang sangat kompak. Gelar Compact Hatchback of the Year tahun 2010 rasanya sudah bisa mewakili bagaimana konsep bodi mobil andalan Ford ini. Secara fisik, Ford Fiesta memiliki ukuran tubuh berukuran 3.982 x 1.978 x 1.498 mm. Untuk ukuran mobil jenis hatchback, dimensi tubuh New Fiesta ini memang sudah pas. Apalagi, mobil ini juga ground clearance yang juga pas. Hal ini pastinya juga akan membuat handling Ford Fiesta menjadi lebih mantap. Dan yang pasti, dimensi yang pas itu akan terasa lega bagi penumpang di dalamnya. Jadi, untuk menampung maksimal 5 orang jelas Ford Fiesta ini tak akan teras sesak. Berkat ground clearence yang cukup tinggi pula, New Fiesta ini juga akan sangta asyik saat diajak melaju melibas jalanan perkotaan. Mobil ini pun juga memiliki bobot sekitar 1.154 kg, yang akan membuat stabilitasnya terjaga saat melaju pada kecepatan tinggi. Guna memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang dan pengemudianya, Ford Fiesta pun juga didukung oleh suspensi kelas wahid. Untuk suspensi depan, Ford menyematkan sistem suspensi Strut Type dengan per keong yang akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada penumpang depan serta pengemudi. Sementara untuk suspensi belakang, Ford Fiesta dibekali dengan sistem suspensi Multi-link dengan per keong. Sedangkan untuk bagian kaki-kakinya, New Fiesta hadir dengan velg alloy R15 yang dibalut dengan ban berukuran 185/55. Sedikit berbeda untuk Fiesta Ecoboost yang mengusung velg 16 inci dengan balutan ban berukuran 195/50. Untuk menyempurnakan kontrol kendaraan yang baik, spesifikasi Ford Fiesta EcoBoost juga sudah disematkan dengan pengereman bermodel ventilated disk untuk rem depan, serta drum untuk rem belakang yang kesemuanya sudah mengusung fitur ABS.

Review Ford Fiesta

Mesin

Pilihan Mesin DOHC Duratec 4-Cylinder dan Ecoboost Duratec 3-Cylinder yang Tangguh dan Bertenaga

Seperti yang tadi sudah sempat Mas Sena singgung pada bagian awal tadi, spesifikasi Ford Fiesta pada bagian ruang dapur pacu ini mengusung dua jenis mesin berbeda. Untuk New Fiesta versi pertama, mesin yang digunakan adalah jenis mesin Duratec, 4 Cylinder DOHC (In-line) yang memiliki kapasitas isi silender 1.498 cc. Mesin yang menjadi sumber tenaga untuk Ford Fiesta tipe Style, Trend, dan juga Sport ini mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 112 PS pada putaran mesin 6.300 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tipe Ford Fiesta dengan mesin DOHC 4 silinder segaris berkapasitas 1500 cc ini pastinya sangat cocok bagi anda yang menghendaki hatchback berkonsep city touring car yang bertenaga. Sementara itu, varian New Fiesta yang kedua mengusung mesin khas Ford, yakni Ecoboost. Mesin pada Ford Fiesta Ecoboost ini merupakan mesin jenis Duratec, 3 Cylinder DOHC (In-line) yang memiliki kapasitas isi silender 998 cc. Mesin pada New Fiesta Ecoboost ini mengusung mesin ramah lingkungan khas Ford yang memang memiliki kapasitas isi silinder lebih kecil. Mesin ini mampu memuntahkan daya maksimal mencapai 125 PS pada putaran mesin 6000 rpm serta torsi sebesar 170 Nm pada putaran mesin 4500 rpm. Jadi, meski kapasitas mesinnya lebih kecil, namun untuk power mesin Ford Fiesta Ecoboost ini tak kalah tenaganya. Kesemua varian New Fiesta ini juga sudah mengusung teknologi Electronic Injection yang akan membuat proses pembakaran pada ruang mesin berjalan lebih sempurna. Untuk sistem penggeraknya sendiri, spesifikasi Ford Fiesta dibagi menjadi dua tipe, yakni manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan.

Harga Mobil Ford Fiesta

Fitur

Hatchback dengan Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Paling Lengkap

Menawarkan desain eksterior yang keren abis serta performa meisn yang bertenaga, tentunya spesifikasi Ford Fiesta juga harus dilengkapi dengan sistem keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi. Sebagai unit hatchback modern, fitur keamanan dan juga fitur penunjang kenyamanan yang ada di New Fiesta ini terbilang sangat lengkap. Untuk memberikan kenyamanan berkendara setara dengan kendaraan premium, semua tipe Ford Fiesta pun dibekali dengan segudang fitur yang sudah memenuhi standar keamanan dan keselamatan global. Dimulai dari fitur keselamatan, yang menjadi andalan Ford Fiesta adalah teknologi Hill Launch Assist yang berfungsi untuk mengontrol kendaraan berkarakter ‘stop and go’ ini saat berada di jalanan menanjak. Kemudian ada juga fitur keselamatan lain seperti Dual Airbags,  Electronic Brake Assist, Electronic Power Assist Steering, dan juga Electronic Stability Control pada Ford Fiesta generasi baru ini. Lalu untuk menunjang kenyamanan pengendara, pada sisi interior New Fiesta juga terdapat fitur fungsional seperti pengatur ketinggian jok serta Audio Control yang terintegrasi dengan panel entertainment. Pada bagian konsol hiburan Ford Fiesta juga sistem audio berkualitas yang terintegrasi dengan CD, USB, AUX Input, 6 Speakers, dan juga Dot Matrix Display (3.5″). Tak lupa ada juga AC yang sudah mengusung Electronic Auitimatic Tenperature Control yang akan menjaga temperatur kabin Ford Fiesta tetap terasa adem. Terakhir untuk fitur keamanannya sendiri, New Fiesta juga sudah hadir dengan fitur keamanan standar mobil masa kini, seperti misalnya fitur Immobilizer, Keyless Vehicle, Manual Parking Breaks, serta Child Door Lock. Hampir semua fitur pendukung yang menjadi bagian dari spesifikasi Ford Fiesta ini terdapat pada semua tipe. Hanya beberapa fitur yang berbeda, misalnya fitur Electronic Automatic Temperature Control yang hanya terdapat pada New Fiesta Sport.

Spesifikasi Ford Fiesta

Tipe Style 1.5L Trend 1.5L Sport 1.5L Ecoboost 1.0L
Mesin
Tipe Duratec, 4 Cylinder DOHC (In-line) Duratec, 3 Cylinder DOHC (In-line)
Kapasitas Isi Silender (cc) 1498 998
Diameter x Langkah (mm) 79.0 x 76.4 71.9 x 81.9
Daya Maksimum (Kw/(PS)/rpm) 82 (112) / 6300 92 (125) / 6000
Torsi Maksimum (Nm/rpm) 140 / 4400 170 at 1400 to 4500
Jenis Bahan Bakar Bensin
Sistem Suplai Bahan Bakar Electronic Injection
Kapasitas Tangki BBM (L) 42.8
Dimensi
P x L x T (mm) 3696 x 1978 x 1489
Jarak Pijakan Depan (mm) 1477
Jarak Pijakan Belakang (mm) 1466
Berat Kosong (kg) 1076
Jarak dengan Tanah (mm) 155
Kapasitas Penumpang 5 person
Sasis
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Suspensi Depan Strut Type with Coil Spring
Suspensi Belakang Multi-link with Coil Spring
Steering Rack & Pinion with Electronic Power Assisted Steering
Transmisi
Sistem Transmisi Manual – 5 Speed / Aurtomatic – 6 Speed
Pengeraman
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Kaki-kaki
Ban & Velg 185 /55 R15 / Steel R15 with Cap

Harga Ford Fiesta

Setelah Mas Sena mengulas secara rinci untuk anda mengenai spesifikasi dari generasi baru Fiesta, maka kini anda akan kami ajak untuk mengintip banderol harga Ford Fiesta ini. Namun sebelumnya, apakah anda cukup puas dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh New Fiesta ini? Sebagaimana kita tahu, Fiesta merupakan salah satu mobil hatchback kelas atas yang ada di Indonesia. Generasi baru Ford Fiesta ini juga menawarkan sesuatu yang lebih jika dibandingkan versi lamanya. Selain didukung oleh dua pilihan mesin bensin DOHC 1.5L dan Ecoboost 1.0L yang bertenaga, mobil ini juga memiliki tingkat kenyamanan dan keselamatan yang cukup tinggi. Salah satu fitur andalan yang juga menentukan harga Ford Fiesta di pasaran adalah fitur keamanan Dual Airbags serta seatbelt untuk pengendara dan penumpang yang ada pada semua tipe. Kemudian ada juga sistem audio kelas satu yang siap memanjakan perjalanan anda. Pada bagian keselamatan, New Fiesta juga sudah dibekali dengan fitur Electronic Brake Assist serta Electronic Power Assist Steering. Nah, dengan mesin bertenaga dan fitur lengkap seperti itu, kira-kira harga Ford Fiesta di Indonesia berapa ya?

Harga Ford Fiesta

Harga Ford Fiesta Terbaru

Ford sendiri menghadirkan New Fiesta ke dalam tujuh varian. Dari situ kita juga akan mendapati harga Ford Fiesta ini berbeda beda. Untuk banderol harga New Fiesta yang paling murah, adalah Fiesta tipe Style dengan transmisi manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 200,3 jutaan. New Fiesta Style manual sendiri merupakan varian terendah dalam keluarga New Fiesta. Di atas Fiesta Style ada Ford Fiesta tipe Trend yang tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matic. Untuk Fiesta Trend manual, harganya dipatok pada angka Rp 208,9 jutaan. Sementara untuk tipe matic, dibanderol dengan harga sekitar Rp 219,9 jutaan. Selanjutnya, ada New Fiesta Sport yang juga tersedia dalam varian transmisi otomatis dan manual. Untuk harga Ford Fiesta Sport manual adalah Rp 230 jutaan dan tipe Sport matic dibanderol dengan harga sekitar Rp 241 jutaan. Sementara itu, New Fiesta Ecoboost yang mengusung mesin berkapasitas 1000 cc masing-masing dibanderol dengan harga Rp 246 jutaan untuk transmisi manual, dan Rp 256 jutaan untuk transmisi otomatis. Jika diperhatikan, banderol harga Ford Fiesta ini memang menjadi salah satu yang termahal untuk segmen hatchback di Indonesia.

Harga Ford Fiesta

 

Tipe Harga
New Fiesta 1.5L Style MT Rp 200.300.000
New Fiesta 1.5L Trend MT Rp 208.900.000
New Fiesta 1.5L Trend AT Rp 219.900.000
New Fiesta 1.5L Sport MT Rp 230.000.000
New Fiesta 1.5L Sport AT Rp 241.000.000
New Fiesta 1.0L Ecoboost MT Rp 246.000.000
New Fiesta 1.0L Ecoboost AT Rp 256.000.000

Dengan pilihan harga Ford Fiesta yang cukup bervariasi di atas, anda tinggal memilih tipe mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu Mas Sena ingatkan bahwa harga New Fiesta tersebut di atas merupakan harga untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk harga Ford Fiesta di daerah, ada kemungkinan besar akan mengalami penyesuaian. Kehadiran generasi baru Fiesta ini dipastikan akan mempersengit persaingan di segmen mobil compact hatchback di Indonesia. New Fiesta akan menjadi penantang serius untuk Honda Jazz serta Toyota All New Yaris. Sedangkan jika dibandingkan dengan hatchback yang sama-sama bercitarasa American, maka Ford Fiesta akan bersaing ketat dengan Chevrolet Aveo. Jika dilihat dari banderol harga para pesaingnya, sebenarnya kisaran harga Ford Fiesta ini sangat kompetitif. Tak bisa dipungkiri, kebesaran nama Ford serta kekuatan branding varian Fiesta dari generasi ke generasi sangat berpengaruh pada harganya di pasaran otomotif Tanah Air. Jadi, bagaimana? Tertarik meminang si cantik nan sporty Ford New Fiesta? Baca juga ulasan Mas Sena mengenai Ford Focus dan Hyundai Avega.

Top