Toyota Mirai Dipastikan Sulit Masuk Indonesia

Indonesia Bukan Tempat yang Cocok Buat Toyota Mirai – Belakangan ini mobil hidrogen ramah lingkungan, Toyota Mirai memang sedang booming di luar negeri. Awal perilisannya, sambutan hangat langsung didapatkan Toyota Mirai lantaran mobil ini pertama kali hadir berhasil mengubah paradigma banyak orang mengenai mobil ramah lingkungan dan penyambutan era baru dalam industri mobil. Diprediksikan Toyota Mirai akan menjadi pionir untuk mobil ramah lingkungan di masa depan.

Toyota Mirai Dipastikan Sulit Masuk Indonesia

Sebenarnya kehadiran Toyota Mirai di Indonesia merupakan langkah tepat dimana saat ini  polusi udara di Indonesia amsuk dalam fase memprihatinkan, terutama akibat emisi dari kendaraan bermotor yang kian hari kian bertambah. Atas permasalahan tersebut bisa jadi Toyota Mirai adalah solusi tepat sebagai kendraan di Indonesia. Namun sayangnya untuk masuk Indonesia, Toyota Mirai dipastikan mengalami banyak kesulitan pasalnya Indonesia belum siap untuk menerima kendaraan canggih ini dengan berbagai pertimbangan.

“Sebelum perencanaan pengadaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dicanangkan pemerintah, maka prinsipal dipastikan tidak bisa memberi izin Toyota Indonesia untuk memasarkan,” kata Widyawati Soedigdo, Deputy Director Customer First Toyota Astra Motor, di gelaran Tokyo Motor Show, Jepang, dikutip dari KompasOto, hari Kamis (29/10).

Selain itu ada alasan lain yang melatarbelakangi jika Toyota Mirai akan susah masuk pasar Indonesia, tidak lain adalah soal harga jual yang ditawarkan mobil tersebut cukup tinggi. Pertama karena sampai saat ini Toyota Mirai masih diimpor dari negara pembuatnya, Jepang, kemudian belum ketika masuk di Indonesia akan mengalami pembengkakan harga akibat pajak bea masuk yang kelewat tinggi.

separator

Semua itu ditambah belum ada peraturan khusus perihal keringanan pajak mobil ramah lingkungan di Indonesia. Contoh nyatanya sendiri adalah Toyota Prius yang di Indoensia dipatok dengan harga fantastis hingga Rp 500 jutaan, padahal sesuai segmentasinya seharusnya Prius memiliki kisaran harga yang sama dengan Toyota Yaris.

Dengan beragam alasan di atas, mungkin Indonesia memang bukanlah tempat yang tepat untuk Toyota Mirai. Mengingat banderolnya bakal setinggi langit jika datang di Tanah Air, lantaran di Jepang saja harga Toyota Mirai sudah menyentuh harga hampir Rp 1 milyar. Baca juga Air Hasil Buangan Toyota Mirai Aman Diminum dan Toyota Mulai Ancang-ancang Perkenalkan Mobil Hybrid.

Top