Ini Dia, Si Mungil “Pembunuh” MINI Cooper

Daihatsu Cast, Kei Car Hatchback Varian Terbaru Hadir di Tokyo Motor Show– Gelaran yang telah ditunggu-tunggu yaitu Tokyo Motor Show 2015 akhirnya telah dilangsungkan. Beberapa pabrikan otomotif yang beberapa waktu lalu dikabarkan telah menyiapkan segala model terbaiknya, kini tengah berlomba melakukan promosi untuk menarik banyak konsumen.

daihatsu-cast-kei-car-hatchback-varian-terbaru-hadir-di-tokyo-motor-show

Salah satu pabrikan yang tak mau tertinggal adalah Daihatsu Motor Co. Ltd yang memperkenalkan sebuah konsep kei car (mobil kecil) terbarunya yang disebut sebagai Daihatsu Cast. Mobil ini sebenarnya adalah sebuah konsep kei car hatchback yang telah diluncurkan pada bulan September lalu, namun pada gelaran Tokyo Motor Show masih ada satu varian lagi yang khusus diperkenalkan untuk pasaran global, khususnya bagi konsumen Jepang.

Dua jenis Cast yang telah lahir pada bulan September lalu adalah Activa dan Sport, sedangkan yang diperkenalkan pada TMS ini adalah varian Sport. Ketiga model tersebut memiliki basis mesin dan platform yang sejenis. Hanya saja, perbedaan terletak pada desain secara eksterior, tampilan depan, serta untuk model Sport memang memiliki sistem suspense yang lebih rendah dibandingkan dengan model lainnya.

Secara harga,  Daihatsu Cast dilabeli dengan harga 1,221 juta yen di Jepang atau yang setara dengan Rp 130 jutaan di Indonesia. Sementara, apabila melihat dar dasar pengembangan Cast tersebut telah dimulai dari Move, namun dirancang lebih ringkas dengan desain yang meninggalkan kesan boxy. Cast sendiri masih tetap mengusung mesin DOHC tiga silinder 660 cc, yang sama dengan kei car lainnya.

Untuk desain, nyaris sama dengan MINI Cooper, tetapi tentu saja bukanlah sekelas standar MINI Cooper baik dari harga juga kapasitas mesinnya. Inilah yang membuatn Cast disebut-sebut sebagai pembunuh MINI Cooper karena dihadirkan dengan wajah yang hampir sama, dengan performa dan harga yang berbeda.

Masanori Mitsui selaku Presiden Directur DMC, pada saat pembukaan acara TMS juga mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berharap bahwa Daihatsu Cast akan bisa diterima dengan baik di masyarakat sebagai model terbaru kei carnya.

Kemungkinan besar, Daihatsu Cast ini akan ditampilkan pada PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di ajang GIIAS 2016 mendatang. Baca juga Crossover Toyota Tampil Memukau di Tokyo dan Mazda Jadi yang Terbaik untuk Pelayanan After Sales di Indonesia

Top