Tokyo Motor Show, Hadirkan Mesin Legendaris Mazda

Buyut Teknologi Rotary Mazda Menyapa di Tokyo Lewat RX-Vision – Sebuah mobil pertama dari Mazda yang mengusung model Cosmo Sport dengan mesin rotary awalnya diperkenalkan pada 30 Mei tahun 1967 merupakan sebuah mobil yang mengisi momen bersejarah dalam dunia otomotif. Kali ini sang legendaris kembali mengulang momen tersebut dengan menampilkan dirinya kembali di hadapan publik.

buyut-teknologi-rotary-mazda-menyapa-di-tokyo-lewat-rx-vision

Mazda  rotary ini kembali hadir mengiringi kehadiran calon generasi penerusnya di era yang lebih maju dan modern, yaitu konsep RX-Vision, di Tokyo Motor Show 2015 ini. Kehadirannya seolah mengulang kembali momentum bersejarah tersebut namun dengan sentuhan yang lebih modern.

Perlu diakui memang bahwa Cosmo Sport ini memang telah memudar pamornya di kalangan konsumen, namun meskipun demikian mobil sedan kupe bertipe gran touring ini patut diberikan apresiasi yang lebih.

Pasalnya, Cosmo Sport telah mengantarkan Mazda pada semangat barunya dalam melakukan pengembangan mesin rotary menjadi lebih jauh dan lebih mendalam. Dari pengembangan mesin tersebut akhirnya terciptalah mobil-mobil lain seperti Familia Rotary, Luce Rotary coupe, RX series, serta model-model lain yang khusus dirancang untuk kompetisi balap. Sementara model terakhir dari mobil bermesin rotary ini adalah RX-8 yang telah diputuskan pensiun pada tahun 2012 lalu serta menghapus penggunaan mesin tersebut pada setiap model produksinya.

Setelah keputusan tersebut diambil kemudian banyak beredar rumor bahwa Mazda akan berhenti mengembangkan mobil dengan mesin rotary. Pasalnya, pada mesin ini meskipun telah diterapkan bermacam inovasi namun tetap terdapat tiga masalah utama yang selama ini masih sulit untuk diatasi yaitu pada efisiensi bahan bakar, emisi, serta masalah daya tahan.

Namun, kali ini solusi permasalahan tersebut telah ditemukan yaitu dengan teknologi Skyactiv  yang dikombinasikan dengan mesin rotary tersebut dan mengemasnya dalam sebuah mobil rotary Mazda masa depan yaitu RX-Vision .

Mesin yang ditanamkan pada RX-Vision ini berada pada bagian depan den memiliki penggerak roda belakang, dengan membawakan ciri khas seperti mobil sport konvensional. Inilah hasil dari mobil sport mesin rotary Mazda yang akan menjadi mobil rotary masa depan. Mesin legendaris itu, telah dikemas sedemikian rupa dengan teknologi modern hingga membentuk mobil masa depan yang tentu saja hadirnya dipelopori oleh Cosmo Sport. Baca juga Daihatsu Cast, Kei Car Hatchback Varian Terbaru Hadir di Tokyo Motor Show dan Mazda Jadi yang Terbaik untuk Pelayanan After Sales di Indonesia

Top