Honda Recall 20 Ribuan Mobilio, Bagaimana Punya Anda?

PT Honda Prospect Motor Recall 19.881 Unit Mobilio untuk Upgrade Perangkat ECU – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya melakukan proses penarikan kembali atau recall terhadap hampir 20 ribu unit Honda Mobilio yang beredar di Indonesia. Langkah yang ditempuh oleh PT HPM ini merupakan bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor.

pt-honda-prospect-motor-recall-19.881-unit-mobilio-untuk-upgrade-perangkat-ecu

Selaku pemegang hak merek Honda Mobilio, City, serta Jazz di Indonesia, PT HPM memang melakukan proses recall terhadap Mobilio dengan tujuan pembaruan program (program update) pada bagian Electronic Control Unit atau ECU.

Seperti dilansir oleh Liputan6.com pada Sabtu (31/10), unit yang teridentifikasi di dalam program recall ini meliputi 19.881 unit Honda Mobilio tipe CVT produksi 2014 & 2015, 745 unit Honda Jazz tipe CVT produksi tahun 2014, dan 17 unit Honda City tipe CVT produksi tahun 2014. Sampai saat ini tidak ada kecelakaan maupun cedera yang dilaporkan berhubungan dengan hal ini di Indonesia.

“Program ini merupakan bentuk langkah pencegahan yang dilakukan Honda untuk memastikan bahwa seluruh produk kami berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan juga kualitas, bahkan untuk produk yang telah berada di tangan konsumen sekalipun,” ucap Tomoki Uchida, President Director PT HPM.

separator

Program recall dan pembaruan perangkat ECU pada Honda Mobilio ini dilakukan secara cuma-cuma di bengkel resmi Honda di seluruh Indonesia. Estimasi waktu pengerjaan pembaruan program ini adalah sekitar sekitar 30 menit.

Upgrade atau pembaruan perangkat ECU tersebut dilakukan untuk mengontrol tekanan hidrolik dari oli CVT. Tekanan hidrolik dari oli CVT yang berlebihan saat pengemudi menekan dan melepas pedal gas secara berulang-ulang pada kecepatan tinggi menyebabkan kerusakan drive pulley shaft (poros penggerak) pada komponen CVT. Akibatnya, mobil menjadi kehilangan daya saat melaju.

Honda sendiri akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pemilik yang teridentifikasi melalui dealer resmi Honda. Konsumen bisa mendatangi dealer resmi Honda di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 2 November 2015. Untuk informasi lebih lanjut, konsumen bisa menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 pada hari kerja Senin – Jumat, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB, atau bisa juga langsung menghubungi dealer resmi Honda terdekat. Baca juga Toyota Siapkan Coupe Sports Car Mungil untuk Saingi Mazda MX-5 dan Mercedes-Benz Boyong Lima Unit SUV Andalan ke Arena Jakarta Auto Show 2015.

Top