Toyota Ingin Buka Akademi Otomotif di Indonesia

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Berencana Dirikan Toyota Indonesia Academy – Sadar dengan potensi luar biasa yang dimiliki generasi muda Indonesia khususnya dalam bidang manufaktur otomotif, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana untuk mendirikan sebuah akademi manufaktur otomotif di Indonesia. Toyota Indonesia sudah menyiapkan Toyota Indonesia Academy (TIA) untuk memenuhi ambisinya tersebut.

pt-toyota-motor-manufacturing-indonesia-berencana-dirikan-toyota-indonesia-academy

Komitmen Toyota pada industri otomotif Indonesia ini ditandai dengan diresmikannya fasilitas gedung akademi tahap 1 oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ridwan, dan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, pada Rabu (27/10) yang lalu.

Advertisement

Peresmian gedung akademi milik Toyota ini juga dihadiri oleh jajaran manajemen TMMIN dan Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang. Gedung akademi Toyota ini akan dibangun di area pabrik TMMIN Karawang 3 (1). Akademi manufaktur otomotif besutan TMMIN direncanakan akan setara dengan pendidikan tingkat Diploma 1 (D1) bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin mendalami keahlian di bidang manufaktur otomotif.

Toyota sendiri sudah menginvestasikan sekitar Rp 70 miliar untuk TIA. Akademi ini rencananya akan dilengkapi berbagai sarana dan prasarana mutakhir termasuk asrama bagi peserta didik. Pengelolaannya berada di bawah Yayasan Toyota Indonesia (YTI) yang berdiri pada akhir Maret 2015 yang lalu. TIA direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2016. Pembangunan proyek TIA dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan gedung yang diresmikan hari ini, sedangkan tahap kedua yaitu pengembangan TIA yang direncanakan akan selesai pada tahun 2017.

Pendirian akademi manufaktur Toyota Indonesia ini merupakan bagian dari realisasi komitmen Toyota untuk senantiasa terus menerus melakukan akitivitas untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia sesuai semangat filosofi “Toyota Berbagi”.

“Bagi kami, sumber daya manusia yang menguasai teknologi merupakan nilai inti (core value) untuk meningkatkan daya saing industri otomotif pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya dalam menghadapi integrasi regional seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan global. Generasi muda merupakan masa depan kita. Pemikiran inilah yang mendasari Toyota Indonesia untuk mendirikan TIA untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam membangun SDM manufaktur berketerampilan tinggi,“ kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, dalam sambutannya.

Melalui TIA, Toyota Indonesia berupaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang handal dan memiliki daya saing global. Selain TIA, PT TMMIN dan PT Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah mengembangkan dan menjalankan 2 pusat pelatihan dan pendidikan yaitu, TMMIN Learning Center (TLC)(2) dan Toyota Technical Center (TTC). Baca juga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Coorporation (MFTBC) Targetkan Penjualan 300.000 Unit dan PT Honda Prospect Motor Recall 19.881 Unit Mobilio untuk Upgrade Perangkat ECU.

Top