Clarity, Mobil Ramah Lingkungan Honda Saingan Mirai

Honda Clarity Kendaraan Ramah Lingkungan Rancangan Honda – Ajang Tokyo Motor Show 2015 tampaknya dimanfaatkan Honda untuk menarik perhatian tamu dengan menampilkan jajaran produk masa depan mereka, termasuk salah satu yang mencuri perhatian adalah dipamerkannya Honda Clarity sebagai penantang big sedan Toyota Mirai.

Clarity, Mobil Ramah Lingkungan Honda Saingan Mirai

Di ajang bergengsi tersebut  Honda menampilkan mobil berbasis bahan bakar hidrogen, Honda Clarity, yang merupakan generasi terbaru mobil fuel cell besutan Honda. Dimana ditampilkan perdana oleh Presiden dan CEO Honda Motor, Takahiro Hachigo, Honda Clarity langsung mendapat tepuk tangan riuh dari awak media dan tamu undangan di arena TMS.

Advertisement

Hal itu tak lepas dari banyaknya keunggulan dan kelebihan dibandingkan mobil sejenis di kelas yang sama. Bahkan dilihat dari spesifikasi yang dibawanya, Honda Clarity memiliki jangkauan jelajah yang lebih jauh termasuk jika dibandingkan dengan Toyota Mirai yang lebih dulu rilis. Selain itu, ruang kabin juga dikonsep dengan lebih lega. Rencananya, Honda Clarity siap dipasarkan mulai dari Maret 2016 mnedatang dengan Jepang sebagai destinasi pertamanya, kemudian menyusul Amerika dan Eropa.

“Mobil ini bisa mempunyai daya jelajah hingga 700 kilometer dengan sekali isi tangki bahan bakar, waktu pengisian pun hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit, sebuah sensasi seperti layaknya mobil umumnya. Istimewanya lagi pengisian itu bisa dari sebuah stasiun pengisian portable the power exporter 9000 atau bisa diisi di stasiun-stasiun pengisian smart hydrogen station yang kini sedang dikembangkan”, ujar Hachigo, dilansir dari OtomotifTempo, hari Senin (2/11).

Menurut Honda, tim pabrikan sudah mengembangkan Honda Clarity mulai dari tahun 1980-an hingga tahun 2002 dengan pengenalan mobil fue cell pertama yaitu Honda FCX. Hingga kemudian berkat usaha yang terus menerus dilakukan Honda akhirnya membuat Honda FCX mulai dari tahun 2008 sudah diperkenalkan untuk dapat dikendarai di Jepang dan Amerika. Sementara pengembangan terbaru dari mobil fuel cell Honda adalah Clarity yang ditujukan untuk alternatif kendaraan massal di masa mendatang.

“Kami percaya sedan Clarity ini akan menjadi ‘benchmark’ baru bagi kendaraan fuel cell masa kini dan masa mendatang”, pungkas Hachigo. Baca juga Mitsubishi Tampil All-out di Segmen Mobil Hybrid Lewat Outlander PHEV Baja Portalegre 500 dan Indonesia Bukan Tempat yang Cocok Buat Toyota Mirai.

 

Top