Toyota Siapkan Yaris Hot Hatch dan New Supra

Toyota Siapkan Amunisi Mobil Kencang Lewat Supra dan Yaris Hot Hatch – Tampa adanya line-up berupa Toyota 86, mungkin bisa dibilang jika Toyota nyaris tak memiliki skuad mobil sport kencang. Hal ini tidak lepas dari fokus Toyota untuk pengembangan mobil ramah lingkungan dimulai dari Toyota Mirai sebagai pembuka segmen mobil ramah lingkungan Toyota, serta persiapan Prius untuk jajaran inovatif mereka. Tetapi sekarang hal berbeda tampaknya akan dilakukan Toyota, dimana mereka siap mengembangkan lagi mobil cepat untuk menyempurnkan line-up.

Toyota Siapkan Yaris Hot Hatch dan New Supra

Model pertama yang memungkinkan akan segera dikembangkan adalah hatchback andalan Toyota yaitu Yaris yang kabarnya akan direvisi menjadi Yaris Hot Hatch. Hal ini juga terindikasi dengan kembalinya Toyota ke ajang WRC dengan menggunakan Yaris WRC. Dimana kemungkinan Yaris WRC sesegera mungkin bisa dinikmati oleh konsumen, menimbang ditunjuknya Tom Makinen mantan pereli legendaris sebagai kepala tim Toyota WRC.

Kehadiran Yaris Hot Hatch dipersiapkan Toyota untuk menahan laju hot hatch lainnya seprti VW Polo GTI dan jug Ford Fiesta ST. Nantinya Toyota hanya perlu melakukan perubahan sederhana meliputi mesin yang disempurnakan lagi dengan turbo besar namun tetap mengandalkan penggerak FWD.

”Untuk sekarang belum butuh lah penggerak AWD,” kata Tetsuya Tada selaku Kepala Engineer Divisi Manajemen Mobil Sport dan juga merupakan salah satu perancang Toyota 86, dilansir dari Autonetmagz, Selasa (3/11).

Selain itu, ada kabar juga jika Toyota 86 akan mengalami upgrade untuk mengejar performa lebih maksimal. Namun yang paling ditunggu-tunggu adalah kelahiran kembali Toyota Supra yang merupakan sedan kencang legendaris, dimana ada kabar menyebutkan jika saat ini Toyota sudah melakukan kontak dengan BMW untuk meregenerasi Supra. Adapun Supra terbaru bakal dilengkapi dengan mesin berteknologi turbo dengan tambahan motor listrik. Untk platformnya, kemungkinan New Supra akan memiliki platform yang sama dengan Porsche 911.

“Sekarang mobil sport high-end di dunia jumlahnya sudah banyak, jadi tenaga 700 atau 800 hp sekarang sudah tidak begitu spesial lagi,” tambah Tada.

Direncanakan dirilis tahun depan, secara langsung New Supra bisa dipastikan langsung head-to-head dengan Honda NSX yang saat ini juga sedang dikembangkan. Sementara dunia saat ini juga tengah menyambut keahiran Mazda RX-Vision versi produksi massal untuk bertarung sebagai mobil sport medium. Baca juga Porsche Perkenalkan Macan GTS di Tokyo Motor Show ke 44 dan Clarity Kendaraan Ramah Lingkungan Rancangan Honda.

Top