Mitsubishi Bakal “Suntik Mati” Pajero?

Mitsubishi Berencana Hentikan Produksi SUV Mewah Pajero – Belakangan, nasib SUV mewah Mitsubishi Pajero seakan tak menentu di pasar otomotif global. Padahal, SUV premium kebanggaan Mitsubishi tersebut merupakan salah satu mobil penjelajah yang sangat ikonik. Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa Mitsubishi tengah menimbang-nimbang nasib Pajero, antara tetap diroduksi atau “disuntik mati”.

mitsubishi-berencana-hentikan-produksi-suv-mewah-pajero

Dalam sebuah interview dengan Caradvice beberapa waktu lalu, Presiden sekaligus COO Mitsubishi Motor Corporation (MMC), Tetsuro Aikawa sempat menyebutkan kemungkinan tersebut. Jika memang Mitsubishi memutuskan untuk menyuntik mati SUV mewah Pajero, maka nasibnya akan sama seperti sedan sport legendaris, Mitsubishi Lancer Evolution.

Advertisement

Menurut Aikawa, Mitsubishi Pajero yang beredar sejak tahun 1999 bisa dibilang sudah ketinggalan jaman, meski Mitsubishi sendiri sudah melakukan beragam pembaruan di setiap edisi terbarunya. Namun karena bobotnya berat, boros BBM dan pasar yang makin menyempit akhirnya muncul wacana untuk memangkas model ikonik itu.

Selain berbagai kendala yang menyebabkan penjualan Pajero terus menurun, masalah lain yang dihadapi oleh Mitsubishi adalah regulasi baru serta potensi pasar dewasa ini lebih bersahabat pada mobil yang irit dan rendah emisi.

“Melihat ketatnya aturan emisi CO2 dan berbagai regulasi lainnya, saya rasa konsumen lebih tertarik dengan mobil irit dan emisi rendah daripada mobil seperti Pajero,” ujar Aikawa.

Bila melihat pangsa pasarnya, pamor Mitsubishi Pajero memang terus menurun dan penjualannya pun bisa dibilang anjlok drastis. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan versi “murahnya”, yakni Mitsubishi Pajero Sport. Pajero Sport sendiri mulai mampu menunjukkan dominasinya di pangsa pasar medium-high SUV. Kini, Pajero Sport menjadi ikon baru dengan jumlah peminat yang terus bertambah. Jadi wajar saja jika fokus produksi dialihkan pada model yang lebih disukai pasar.

Lalu apakah Pajero benar-benar akan disuntik mati?

“Untuk sementara saya tidak bilang Pajero ini adalah yang terakhir,” pungkas Aikawa.

Sebagai informasi, saat ini Mitsubishi Pajero versi 2015 merupakan model terakhir. Mitsubishi sendiri dalam beberapa kesempatan juga menjelaskan strategi pasar mereka mulai berubah. Pabrikan raksasa asal Jepang tersebut mulai menyasar segmen mobil berdimensi tak terlalu besar dengan menyiapkan unit criossover terbaru yang kabarnya akan mulai diproduksi pada tahun 2016 mendatang. Baca juga Mitsubishi Motors Corporation Siap Sodorkan Model Crossover Terbaru di Amerika dan Sebuah Mobil Mirip Konsep Daihatsu Ayla Terlihat di Tokyo Motor Show.

Top