Menuju Era “Otomatisasi” Untuk Otomotif Jepang

2020 Menjadi Target Jepang Menjadi Era Mobil Otonomos – Jepang memang merupakan negara dengan industri otomotif terbesar di dunia. Sebagai negara dengan produksi otomotif terbesar, tentu saja Jepang selalu berupaya untuk menyajikan teknologi-teknologi terbaru di bidang otomotif. Mengedepankan kenyamanan dan keamanan pengendara sudah menjadi komitmen dari pabrikan-pabrikan kendaraan asal Jepang selama bertahun-tahun adalah salah satu cikal bakal kesuksesan negara ini.  Kali ini, ambisinya untuk menjadi sebuah negara paling maju untuk sektor otomotifnya Jepang tengah mempersiapkan era otomatisasi. Dimana, sebagian besar produsen akan mulai menciptakan mobil-mobil otonomos atau mobil yang dapat berjalan tanpa dikemudikan oleh manusia.

2020-menjadi-target-jepang-menjadi-era-mobil-otonomos

Hal tersebut telah terlihat dalam ajang Tokyo Motor Show 2015, yang mana sebagian besar pabrikan seperti Honda, Nissan, serta Toyota telah berani unjuk gigi dengan teknologi otomatisasi tersebut. Hal inilah yang juga melatarbelakangi munculnya prediksi bahwa era otonomos tersebut akan segera terealisasi dalam jangka waktu menengah untuk ketiga pabrikan itu.

Tak hanya itu saja, bahkan setiap perusahaan telah membocorkan bahwa rencana untuk memulai penjualan mobil dengan teknologi otonomos ini akan dimulai pada tahun 2020. Era baru di tahun 2020 ini akan memudahkan para pengemudi. Karena nantinya pengemudi akan bisa bersantai dalam berkendara dan tentunya hal ini juga dapat mengurangi resiko adanya kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang kelelahan karena secara otomatis teknologi ini akan mengambil alih sistem kemudi dan pengguna dapat beristirahat.

2020 ini menjadi tahun yang sangat dinantikan. Hal ini bukan karena momen bagi Google untuk memasarkan mobil otonomosnya. Melainkan, Pemerintah Jepang mengatakan bahwa tahun tersebut Tokyo akan menjadi tuan rumah dari ajang olimpiade pesta olahraga dunia. Inilah waktu yang sangat tepat untuk memperkenalkan teknologi otonomos ke seluruh mata dunia, karena momen ini adalah waktu dimana seluruh pemimpin negara-negara di dunia ini menaruh perhatian penuh pada negeri Sakura ini. Perkenalan tersebut rencananya, akan dilakukan dengan cara memberikan fasilitas kendaraan otonomos yang akan dikendarai para atlet untuk menuju ke arena-arena pertandingan.

Kutipan dari halaman KompasOtomotif, Rabu (03/11/2015),” Ini mengapa, mereka memberikan target pada kami 2020 untuk menunjukkan teknologi ini, kata Fumihiko Ike, Ketua Umum Japan Automobile Manufacturers Assosiation.Baca juga Kei Car Tak Bisa Ditolak Sebagai Kendaraan Masa Depan dan Sebuah Mobil Mirip Konsep Daihatsu Ayla Terlihat di Tokyo Motor Show

 

Top