Panduan Servis Honda Sonic 150R: Dijadwal per 6.000 Km

Honda Sonic 150R Perlu Servis per 6.000 Km untuk Menjaga Performa – Meski tergolong sebagai pendatang baru, namun Honda Sonic 150R mulai banyak berkeliaran di jalanan. Ya, motor jenis bebek sport terbaru besutan Honda tersebut mulai digemari masyarakat yang kebanyakan penggunanya adalah kaum muda. Mulai dari keperluan harian, berangkat sekolah atau ke kampus, bahkan ada sebagian penggunanya adalah orang kantoran. Layaknya motor lain berjenis sport, servis rutin untuk Sonic 150R juga harus diperhatikan guna menjaga performanya.

honda-sonic-150r-perlu-servis-per-6.000-km-untuk-menjaga-performa

Agar performa Honda Sonic 150R tetap oke, Mas Sena menyarankan agar servis “si ayam jago” tersebut selalu diserahkan kepada ahlinya, Astra Honda Autorized Service Station (AHASS). Perawatan berkala memang sangat penting, hal ini untuk mengetahui kondisi terkini si motor.

“Jadwalnya tiap 6.000 km, atau per enam bulan sekali. Karena ini adalah generasi mesin baru, sistem pelumasannya sudah lebih baik, gesekannya juga minim,” ujar Endro Sutarno dari Technical Service Training Astra Honda Training Center, PT Astra Honda Motor.

Rentang servis berkala Honda Sonic 150R memang cukup lama, hal ini karena memang motor tersebut menggunakan mesin generasi baru, seperti yang diungkap Endro. Khusus untuk pembelian baru, ada baiknya melakukan servis pertama setelah 1.000 km. Hal yang perlu dilakukan hanya ganti oli mesin, periksa stasioner mesin,  pelumasan rantai, periksa sistem rem, kopling, mur dan baut.

separator

“Dan yang tak kalah penting, komponen fast moving-nya punya umur pakai lebih panjang,” jelas Endro lagi.

Sementara itu, jika sudah mencapai jarak 6.000 km, maka yang harus diganti tiap kali servis adalah oli.

“Direkomendasikan menggunakan AHM Oil SPX-1 full synthetic, namun karena kapasitas oli mesin Sonic 150R 1,2 liter maka harus membeli 2 botol isi 0,8 liter. Tenang, sisa olinya bisa dibawa pulang kok,” terang Cahyo Waskito, kepala mekanik AHASS Honda Lancar Motor.

Hal lain yang tak boleh dilewatkan adalah pengecekan busi NGK MR9C-9N di mana gap yang paling ideal adalah 0,09-0,10 mm.

“Filter udara juga harus dicek, umurnya 18.000 km namun bisa lebih cepat kalau sering lewat daerah berdebu. Saat pengecekan, gak usah dicuci atau disemprot karena ini kertas beroli, cukup dibalik lalu getok ke lantai sampai kotorannya rontok,” lanjut Cahyo.

Sedangkan untuk cek kinerja sistem injeksi, bengkel resmi Honda sudah menggunakan HiDS-Injection Diagnostic Tools, sehingga akan terbaca detail tegangan masing-masing sensor. Selain itu, mekanik AHASS tersebut juga menyarankan untuk melakukan pembersihan injektor saat odometer menyentuh 25.000 km dan kelipatannya.

Nah, sudah tahu jadwal “kencan” dengan Honda Sonic 150R di bengkel kan? Jangan sampai telat servis ya! Baca juga Kawasaki Kenalkan Dua Warna Baru Ninja 300 di Tokyo Motor Show 2015 dan PT Astra Honda Motor Luncurkan Varian Baru Honda Sonic 150R dan Scoopy.

Top