Suzuki Feel Free Go! Kendaraan di Ambang Sepeda dan Motor

Suzuki Feel Free Go! Motor Rasa Sepeda – Perkembangan sepada motor di dunia sendiri tidak lepas dari perkembangan sepeda yang lebih dulu jamak digunakan sebagai bagian dari alat transportasi. Hingga kemudian sepeda berangsur-angsur dikembangkan memiliki mesin dan kepraktisan lalu terciptalah sepeda motor yang notabene di Indonesia menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat, bahkan dibanding sepeda itu sendiri.

Suzuki Feel Free Go! Kendaraan di Ambang Sepeda dan Motor

Jika kita amati baik sepeda dan motor memiliki banyak persamaan, antara lain persamaan yang bisa kita jumpai dari kedua kendaraan tersebut adalah dua roda linier depan dan belakang. Lalu baik motor dan sepeda juga dikembangkan dari platform pedal, dimana pedal menjadi salah satu bagian penting dari perkembangan sepeda dan motor, hingga akhirnya muncul istilah ‘moped’ yang berarti adalah motor dan pedal. Di Indonesia sendiri istilah moped melekat dengan sepeda motor bebek yang pernah menjadi primadona sebelum digeser oleh skuter matik.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pabrikan Suzuki yang seolah tidak mau menghilangkan identitas serta sejarah di masa lampau. Melihat perkembangan sejarah moped yang unik, Suzuki mencoba bereksperimen menggabungkan dua identitas berbeda antara sepeda dan motor menjadi satu model. Suzuki kemudian menampilkan percobaannya tersebut dan menamakan prototipe terbarunya dengan nama Suzuki Feel Free Go! lalu diperkenalkan ke publik di perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2015.

Meskipun banyak yang berkata jika Suzuki Feel Free Go! masuk dalam ranah moped, namun Suzuki membantah jika motor konsepnya masuk dalam dua bagian tersebut. Jika kita lihat secara langsung, Suzuki Feel Free Go! memiliki konsep desain yang mirip dengan sepeda balap modern tapi lucunya tidak memiliki pedal, jika dibilang motor juga jauh karena cenderung memiliki body sepeda.

separator

Sedangkan untuk spesifikasi mesinnya sendiri, Suzuki Feel Free Go! mengusung mesin berkapasitas kecil yaitu 49cc, silinder tunggal, SOHC. Mesin tersebut juga memiliki 2 katup, 4-tak, berpendingin oli. Sedangkan bobot yang dimiliki Suzuki Feel Free Go! cenderung ringan hanya 65kg.

Meskipun bisa dibilang Suzuki Feel Free Go! cukup ‘nyeleneh’, namun ternyata kehadiran Suzuki Feel Free Go! memiliki ikatan yang kuat dengan perkembangan motor Suzuki, dimana sebenarnya nama Suzuki Feel Free Go! diambil dari motor 2-tak pertama Suzuki yang kala itu masih mengusung mesin 36 cc. Baca juga Kawasaki Ninja 300 Versi Duplikat Beredar di Tiongkok dan Honda Sonic 150R Perlu Servis per 6.000 Km untuk Menjaga Performa.

Top