Wow, Kedua Mobil Honda Ini Aman Setelah Ditabrak dari Segala Sisi!

Honda HR-V dan Jazz Dapat Status Baru Sebagai Mobil yang Aman – Setelah dilakukan pengujian keamanan yaitu dengan uji tabrak oleh EURO NCAP, kedua mobil andalan Honda ini berhasil meraih skor 5 bintang, dengan kata lain berhasil menuai rating tertinggi. Meskipun harus melewati regulasi tes yang semakin ketat, ternyata kedua saudara ini mampu menyandang gelar sebagai mobil yang aman. Rasa bangga Honda bertambah setelah mengetahui bahwa hasil tesnya berhasil menyusul rating yang didapatkan oleh Civic versi Eropa dan CR-V.

honda-hrv-dan-jazz-dapat-status-baru-sebagai-mobil-yang-aman

Tes yang dilakukan oleh kedua mobil ini memang tergolong cukup berat, keduanya harus menerima tabrak dari berbagai sisi dengan kecepatan yang tinggi. Tes tabrak depan dengan kecepatan 64 kpj, dengan tenaga tersebut 40 persen dari lebar mobil hingga mengenai dinding. Untuk tes lain, semua bagian bagian depan mobil harus ditabrakkan pada penghalang dengan kecepatan 50 kpj.

Sementara itu, untuk tabrak bagian samping, untuk bagian pintu kemudi dihajar dengan kecepatan 50 kpj. Yang terakhir, untuk bodi samping kemudian ditabrakkan pada tiang dengan kecepatan 32 kpj.

Dari tes tersebut, telah disimpulkan bahwa Honda HR-V telah mampu memberikan perlindungan pada penumpang dewasa mencapai 86 persen, untuk anak-anak mencapai 79 persen, kemudian pejalan kaki sebesar 72 persen. Sedangkan untuk perangkat perlengkapan keamanan memiliki nilai 71 persen.

Advertisement

Dalam pengujian ini, Euro NCAP sangat memperhatikan persoalan fitur rem otomatis yang akan membuat mobil mampu mengerem sendiri atau untuk mengurangi kecepatan saat mendeteksi adanya kemungkinan tabrakan.  Di Eropa sendiri, Honda telah melengkapi kedua mobil Jazz dan HR-V dengan City-Brake Active System (CTBA).

Sementara itu, untuk fitur kemanan lainnya yang mendukung dua mobil ini dalam meraih rating lima bintang tersebut adalah Advanced Driver Assist System (ADAS), Forward Collision Warning, Traffic Sign Recognition System, Intelligent Speed Limiter, Lane Departure Warning and High-beam Support System dan aneka fitur pendukung lainnya.

Bahkan untuk pesaingnya yang hadir pada September lalu, Mazda CX-3 hanya mendapatkan rating bintang empat karena belum dilengkapi dengan rem otomatis. Baca juga Titan XD Triple Nickel, Tengah Disipakan Nissan Sebagai Pikap Tercepat di Dunia dan Honda BR-V Semakin Gagah dengan Balutan Jubah Hijau Tuanya

Top