Temukan Masalah di Airbag, Fiat Chrysler Recall 900 Ribu Mobil

Fiat Chrysler Recall 900 Ribu Mobil Terkait Masalah pada Airbag – Fiat Chrysler Automobiles baru-baru ini melakukan penarikan atau recall terhadap sekitar 900 ribu kendaraan karena menemukan masalah pada bagian airbag. Penarikan yang dilakukan oleh pabrikan otomotif terbesar ketujuh di dunia itu dilakukan secara global alias terhadap semua merek mobil di bawah bendera Fiat Chrysler yang didistribusikan di seluruh dunia.

fiat-chrysler-recall-900-ribu-mobil-terkait-masalah-pada-airbag

Seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (30/10) yang lalu, penarikan itu untuk memperbaiki masalah teknis yang berkaitan dengan sistem airbag (kantong udara) dan pengereman anti-lock. Fiat Chrysler sendiri menyatakan bahwa perusahaan sudah menarik kembali 284.089 unit Jeep Livberty model 2003 dan Jeep Grand Cherokee SUV 2004 di Amerika Serikat untuk penggantian beberapa komponen airbag.

“Sempat ada tujuh laporan terkait dengan masalah teknis pada produk-produk tersebut. Namun tak ada laporan kecelakaan,” ucap perwakilan Fiat Chrysler kepada Reuters.

Lebih lanjut, perusahaan yang juga menaungi Ferrari itu juga mengatakan bahwa produk SUV tidak dilengkapi dengan produk airbag buatan Takata, yang sempat dikaitkan dengan recall besar-besaran setelah sempat terjadi delapan kasus kematian yang berkaitan dengan airbag. Fiat Chrysler juga akan menarik 13.411 unit produknya di Kanada dan 6.277 unit di Meksiko.

Selain itu, Fiat Chrysler juga menarik 275.614 unit Dogde Journey 2012 di Amerika Serikat untuk mengganti beberapa perangkat pada sistem rem anti-lock produk tersebut. Penarikan pun dilakukan terhadap 78.148 unit di Kanada, 36.471 unit di Mexico, dan 151.476 unit di luar pasar North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Proses penarikan atau recall yang dilakukan oleh Fiat Chrysler kali ini merupakan yang kedua dalam tahun 2015. Sebelumnya, perusahaan juga melakukan penarikan terhadap unit mobil-mobilnya karena masalah Uconnect pada media Juli lalu.

Seperti kita ketahui, pada Juli lalu Fiat Chrysler juga melakukan recall terhadap kurang lebih 1,4 juta mobil akibat ulah peretas ilegal atau hacker yang mengacaukan sistem Uconnect yang tertanam pada mobil-mobil produksi Fiat Chrysler. Setelah berhasil meretas sistem Uconnect, dua orang hacker tersebut juga sepenuhnya bisa mengendalikan mobil. Baik operasi mesin, akselerator, steering ataupun rem.

Uconnect sendiri merupakan perangkat lunak atau firmware yang tertanam pada kendaraan terkini buatan Fiat Chrysler. Karena ulah hacker yang berhasil meretas sistem tersebut, pihak Fiat sudah melakukan respon dengan melakukan recall sebanyak 1,4 juta unit mobil yang sudah dilengkapi Uconnect di pasaran. Baca Honda HR-V dan Jazz Dapat Status Baru Sebagai Mobil yang Aman dan Titan XD Triple Nickel, Tengah Disipakan Nissan Sebagai Pikap Tercepat di Dunia.

Top