Lawan Rossi Berikutnya Adalah: Robot!

Yamaha Motor Company Kembangkan Kombinasi Motor dan Robot – Lupakan dulu “Sepang Clash” dan tensi tinggi perebutan titel juara dunia MotoGP antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Di balik “kabar panas” dari lintasan balap MotoGP jelang seri terakhir di Valencia, Minggu (8/11) mendatang, Yamaha tetap disibukkan dengan inovasi-inovasi di dunia otomotif, khususnya yang berkenaan dengan teknologi sepeda motor.

yamaha-motor-company-kembangkan-kombinasi-motor-dan-robot

Babak baru dalam dunia otomotif dibuka bersamaan dengan dihelatnya event akbar otomotif dari negeri Sakura, Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Sebagai salah satu acara yang berada di “rumah” para produsen motor-mobil paling berpengaruh di dunia, tentu saja dipastikan banyak varian-varian baru akan terlahir di sini. Sebagai salah satu tuan rumah, tentunya Yamaha Motor Company memiliki sajian khusus di ajang TMS tahunu ini.

Advertisement

Yamaha sebagai salah satu raksasa otomotif dunia dikabarkan sedang merancang robot pebalap yang sanggup menggeber motor tunggangannya dengan kecepatan layaknya pebalap manusia professional. Berdasarkan penuturan resmi Yamaha, unit robot itu disebut sebagai Motobot Ver.1 yang dilahirkan dari hasil kombinasi antara teknologi sepeda motor dan teknologi robotika.

Research and Development Yamaha berencana untuk mewujudkan sebuah robot yang mampu menarik akselerasi motor standar sekelas Yamaha YZF-R1 hingga menembus kecepatan 200 km/h. Wow! Namun rencana ambisius pabrikan Garpu Tala tersebut bukan tanpa halangan. Pekerjaan rumah terbesar Yamaha berfokus pada masalah kemampuan robot untuk mengendalikan keadaan yang sangat komplek saat motor melaju dalam kecepatan tinggi dan kemungkinan dibutuhkannya berbagai control system yang harus dioperasikan secara tepat dan akurat.

Yamaha sendiri mengaku ingin mengaplikasikan teknologi robotika yang paling dasar dan mempelajari lebih jauh tentang segala tantangan dan kesulitan selama proses penciptaan inovasi baru tersebut. Dengan demikian, mereka akan berhasil menjadi pionir dalam dunia bisnis yang telah memakai standar ‘advanced rider safety and rider support system’.

Melalui akun resmi Facebook Young Machine, Yamaha sempat melontarkan candaan bahwa kelak Motobot Ver. 1 akan sanggup menandingi rider MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Hmmm, lawan Rossi sepertinya akan bertambah nih?! Baca juga Yamaha NMax Ternyata Punya Empat Filosofi Nama dan Pameran Otomotif Surabaya Suguhkan Diskon Rp 5 juta untuk Motor Listrik Zero.

Top