Setelah Mazda dan Honda, Toyota Menyusul Boikot Takata

Sering Bermasalah, Toyota Boikot Perusahaan Airbag Takata – Sepertinya perusahaan airbag Takata sedang mengalami masalah berat akhir-akhir ini, hal tersebut terkait ditinggal beberapa mitra bisnisnya seperti Mazda dan Honda yang menyatakan putus hubungan dengan Takata. Menyusul Honda dan Mazda yang kapok dengan Takata, kini Toyota juga melakukan hal yang sama.

Setelah Mazda dan Honda, Toyota Menyusul Boikot Takata

Akibat masalah inflator pada airbag besutan Takata, membuat Toyota Motor Corporations melakukan boikot pada Takata. Toyota mengumumkan jika tidak akan lagi bekerja sama dengan produsen airbag asal Jepang tersebut. Diberitakan dari DetikOto (7/11), Toyota dikabarkan tidak mau lagi membeli inflator airbag buatan Takata lantaran beberapa hal. Produsen mobil terlaris tersebut tak sudi memakai airbag yang mengandung bahan amonium nitrat.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, sendiri mengungkapkan jika Toyota saat ini tengah mempertimbangkan tipe airbag yang mengandung komposisi lebih aman. Alasan Toyota sendiri cukup logis, dimana Toyota merupakan produsen ketiga yang memilih mundur dari kerja sama dengan Takata untuk penyediaan inflator airbags. Sebelumnya telah terjadi kasus melibatkan airbag Takata yang telah menewaskan setidaknya 10 korban akibat senyawa berbahaya yang terkandung di dalamnya, berupa amonium nitrat.

“Kami menempatkan prioritas terbesar untuk memastikan keamanan dan kepercayaan dari pelanggan kami,” kata Toyoda beberapa waktu lalu seperti dikutip dari Financial Times, Sabtu (7/11/2015).

Sedangkan Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) juga memberikan respon terkait kasus di atas. NHTSA meminta produsen untuk merecall semua mobil yang menggunakan inflator airbag mengandung amonium nitrat. Dari data produsen mobil sendiri saat ini ada lebih 19 juta kendaraan yang memiliki inflator airbag berbahan amonium nitrat.

Selain itu, NHTSA juga meminta produsen bermasalah Takata untuk segera menghentikan produksi inflator yang memiliki komposisi amonium nitrat dengan cara bertahap.

Sebelumnya Mazda dan Honda juga sudah menentang penggunaan inflator airbag berbahan amonium nitrat, lewat pemutusan hubungan kerja sama dengan Takata. Honda juga menuding jika Takata telah melakukan upaya penipuan dengan memanipulasi dan menyembunyikan data uji peranti inflator airbag bermasalah miliknya. Baca juga Fiat Chrysler Recall 900 Ribu Mobil Terkait Masalah pada Airbag dan Honda HR-V dan Jazz Dapat Status Baru Sebagai Mobil yang Aman.

Top