Ninja dan KLX, Merk Motor yang Paling Banyak Dicari Netizen

Ninja dan KLX Jadi Motor Terpopuler di Internet – Saat ini Indonesia bisa dibilang adalah pangsa pasar motor paling banyak di dunia, dimana dari data penjualan sepeda motor secara global, Indonesia menempati urutan pertama sebagai salah satu negara dengan penjualan sepeda motor terbanyak. Dua tahun terakhir saja mulai dari tahun 2014 Indonesia berhasil mencatatkan penjualan speda motor hingga 6 juta unit. Sedangkan pada tahun 2015, meskipun terjadi penurunan penjualan, namun tetap saja kurang lebih 4,8 juta unit sepeda motor berhasil terjual di Tanah Air.

Ninja dan KLX, Merk Motor yang Paling Banyak Dicari Netizen

Sedangkan dari angka penjualan yang disampaikan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), untuk peringkat pertama penjualan motor masih ditempati oleh Honda dengan penjualan motor bisa mencapai 3,2 juta unit. Sedangkan di tempat keduanya, ditempati rival terberatnya yaitu produsen berlogo garputala, Yamaha, yang berhasil mencatatkan penjualan sepeda motor hingga mencapai lebih dari 1,3 juta unit.

Advertisement

Biasanya ketika hendak membeli sepeda motor, konsumen akan mencari informasi sepeda motor yang bakal dibelinya. Salah satu yang biasa calon pembeli lakukan adalah mencari informasi motor di internet. Tetapi meskipun Honda dan Yamaha termasuk produsen yang paling banyak dibeli, ternyata untuk urusan paling populer di internet, kedua produsen tersebut kalah dengan produsen lain yang ternyata lebih terkenal di jagat maya.

Hal tersebut diungkapkan dari hasil survei yang dilakukan Carmudi, dimana dari hasil survei Carmudi mengungkapkan jika 46 persen netizen melakukan pencarian informasi paling banyak terhadap sEpeda motor Kawasaki, yaitu Kawasaki Ninja dan Kawasaki KLX.

Hasil survei Carmudi juga berhasil mengungkap fakta jika netizen yang terbiasa menggunakan internet sebagai informasi tambahan sebelum membeli motor, adalah golongan masyarakat yang lebih mandiri ketimbang harus mencari informasi dari dealer. Selain itu pencarian terhadap Ninja dan KLX menandakan jika golongan netizen lebih dominan penasaran pada kendaraan berjenis sport dan trail yang notabene merupakan kendaraan tersier. Sedangkan bagi masyarakat yang senang mencari informasi langsung ke dealer, biasanya dominan masyarakat yang mencari motor bersegmen matic atau bebek.

“Kami menemukan fakta yang menarik dari kebiasaan masyarakat dalam melakukan pencarian sepeda motor secara online. Munculnya model sepeda motor sport dan trail sebagai sepeda motor paling populer yang dicari masyarakat di platform online menunjukkan segmentasi yang khas,” kata Co-Founder Carmudi Indonesia, Gunnar Rentzsch, dalam keterangan resminya, dilansir dari Vivanews, hari Sabtu (7/11). Baca juga Yamaha Motor Company Kembangkan Kombinasi Motor dan Robot dan Kawasaki Ninja 300 Versi Duplikat Beredar di Tiongkok.

Top