Ragu Soal Kualitas, Lexus Ogah Produksi Mobil di Tiongkok

Ragu Kualitas, Lexus Enggan Bangun Pabrik di Tiongkok – Meskipun produsen besar mobil seperti Volvo siap membangun basis produksi di Tiongkok, ternyata hal ini tidak membuat pabrikan mobil mewah yang juga anak perusahaan Toyota, Lexus, bergeming. Lexus masih belum seratus persen percaya mobil mereka diproduksi di Tiongkok, apalagi untuk pasar global yang nantinya membutuhkan mobil yang benar-benar berkualitas. Padahal dengan mendirikan pabik perakitan mobil di Tiongkok, berpotensi menghemat biaya produksi untuk Lexus.

Ragu Soal Kualitas, Lexus Ogah Produksi Mobil di Tiongkok

Ternyata ada hal mendasar yang membuat Lexus enggan mendirikan perusahaan mobil di Tiongkok, meskipun secara hitung-hitungan dengan mendirikan pabrik di negeri Tirai Bambu bisa membuat keuntungan Lexus berlipat ganda. Sebuah kekhawatiran besar yang ditakutkan Lexus adalah soal standarisasi, dimana Lexus menilai dengan berinvestasi di Tiongkok belum tentu kualitas mobil yang dihasilkan akan sama dengan standar tinggi Lexus Jepang. Selain itu Tiongkok juga kurang mengenal brand awareness Lexus, yang bisa juga menjadi salah satu penyebab Lexus masih anti investasi di Tiongkok.

Terlalu tinggi risiko soal kualitasnya kalau kita membuat mobil di China,” kata Presiden Lexus International, Takashi Yamamoto, dipetik dari Autonetmagz, Jumat (9/11).

”Kita juga masih harus meningkatkan brand awareness dan menunjukkan identitas Lexus kepada konsumen di sana,” tambah Takashi lagi yang membuktikan jika ternyata Lexus masih belum begitu bisa diterima di Tiongkok.

separator

Takashi yang dahulunya berprofesi sebagai engineer juga mengungkapkan dengan alasan tersebut bukan berarti jika Lexus meremehkan Tiongkok, selain itu Lexus juga menjanjikan apabila permasalahan mengenai hal di atas bisa diselesaikan maka tidak menutup kemungkinan Lexus bersedia membuka pabrik di Tiongkok, meskipun secara matematis masih butuh waktu beberapa tahun lagi untuk merealisasikannya.

Sebagai tambahan informasi, saat ini memang ada beberapa varian Lexus yang diproduksi di luar negara Jepang, antara lain  Lexus RX yang dirakit di Kanada dan Lexus LS yang dirakit di Kentucky, Amerika Serikat. Selebihnya selain produk-produk tersebut, semua mobil keluaran Lexus masih diproduksi di negeri Matahari Terbit.

Sebenarnya Tiongkok sendiri memiliki standar yang cukup bagus, dengan tanggapan masyarakatnya yang menilai kondisi mobil rakitan dalam negeri justru lebih awet dibandingkan mobil rakitan luar negeri. Baca juga Sentuhan Tampilan Baru Camry dan Corolla Terlihat Makin Kece dan Sering Bermasalah, Toyota Boikot Perusahaan Airbag Takata.

Top