Mobil Balap Audi Ini Dibuat dengan Printer 3D, Benarkah?

Audi Union Typ C, Mobil Balap Hasil Cetakan Printer 3D – Di era ini, aneka teknologi canggih memang telah marak diterapkan pada dunia otomotif. Penerapan teknologi terbaru yang ada pada kendaraan, memang dinilai cukup membantu dan mempermudah pengemudi. Ditengah-tengah gencarnya otomotif dunia yang mengusung aneka teknologi canggih tersebut, Audi justru menampilkan hal yang berbeda yaitu sebuah mobil yang dilahirkan melalui mesin cetak atau printer tiga dimensi.

audi-union-typ-c-mobil-balap-hasil-cetakan-printer-3d

Audi Toolmaking menciptakan sebuah unit mobil balap yang cukup bersejarah Union Typ C yang menyerupai mobil balap Gran Prix yang diciptakan pada tahun 1936 dengan menggunakan mesin cetak, atau ptinter 3D. Untuk bahan yang digunakan, Audi menggunakan material karbon yang berbahan logam berwarna silver.

Advertisement

Adanya keberhasilan mobil yang diciptakan dengan mesin cetak tersebut, Audi Toolmaking mematangkan rencana untuk melakukan proses produksi komponen mobil yang menggunakan logam dengan media printer 3D. Bahkan, hal ini tidak hanya akan diberlakukan untuk mobil dengan merk Audi saja tetapi juga akan diterapkan pada kendaraan yang berada di bawah naungan Volkswagen Group.

Kutipan yang dilansir dari halaman okezone.otomotif, Senin (09/11/2015),”Ke depan, kami mendorong adanya kerjasama produksi berbasis teknologi antara Audi Toolmaking dan Volkswagen Group. Bersama dengan rekan-rekan para peneliti, kami secara konsisten mengeksplorasi hal-hal baru. Salah satu tujuannya, untuk menerapkan pensetakan logam untuk model produksi,” ungkap Hubert Walt, anggota dewan manajemen Audi AG.

Sementara itu, untuk Audi Union Typ C ini diciptakan dengan media printer 3D dengan skala setengah dari model aslinya. Meskipun ukurannya lebih kecil, namun tetap dapat digunakan sesuai fungsinya.

Sedangkan untuk peningkatan kualitas dari sisi detail, mesin cetak 3D ini mampu mencetak logam hingga ukuran seperseribu millimeter atau dengan ukuran setengah dari diameter rambut manusia. Dengan kemampuan mesin tersebut, printer 3D ini akan mampu mencetak komponen mobil dengan detail yang sangat kecil sekalipun.

Sebelum memutuskan untuk mecoba membuat komponen mesin dari bahan logam, Audi Toolmaking ini hanya membuat komponen mobil yang berbahan nonlogam dan alumunium saja. Namun dengan keberhasilan tersebut langkah berikutnya untuk membuat komponen berbahan logam dengan printer 3D akan segera dilakukan. Baca juga Sentuhan Tampilan Baru Camry dan Corolla Terlihat Makin Kece dan Edisi Spesial POS 2015, Honda Mobilio Hadirkan Kemewahan Ekstra

Top