Michelin Jadi Ban Wajib MotoGP, Rossi Mulai Galau

Michelin Dinilai Rossi Belum Cocok dengan Karakter Motor Yamaha – Berdasarkan kebijakan baru, untuk MotoGP musim depan, Michelin akan menjadi pemasok tunggal untuk semua motor yang berlaga di ajang balap motor paling bergengsi tersebut. Menggantikan peran Bridgestone, para pembalap mulai melakukan uji coba untuk ban Michelin di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, sejak awal pekan kemarin.

Michelin Jadi Ban Wajib MotoGP, Rossi Mulai Galau

Namun saat sesi latihan, banyak pembalap yang terjatuh ketika melakukan pengujian ban Michelin. Hal ini disebabkan karena masih belum banyak pembalap yang tahu mengenai karakter ban serta kemungkinan pembalap belum terbiasa menggunakan ban Michelin setelah biasanya menggunakan ban Bridgestone dalam jangka waktu yang cukup lama. Tak terkeculi dengan runner-up MotoGP 2015, Valentino Rossi, yang khawatir jika penggunaan ban Michelin akan menurunkan performanya, karena The Doctor menilai karakter ban Michelin berbeda jauh dengan karakter motor Yamaha saat ini.

“Tidak mungkin untuk mengetahuinya sekarang karena kami belum tahu, tapi pengujian pertama dengan Michelin memberikan beberapa kekhawatiran pada kami,” ujar Vale, dilansir daro OtomotifKompas (11/11).

Selain itu Rossi juga menambahkan jika penggunaan ban Michelin pada pengujian pertama belum serta merta membuat pembalap cepat menemukan keseimbangan, karena untuk menyesuaikan dengan ban baru pembalap juga butuh waktu.

separator

“Semoga ini hanya masalah waktu untuk bisa mendapatkan setelah motor terbaik sehingga bisa membuat Michelin bekerja dengan maksimal,” tambah Rossi lagi.

Sementara Direktur Motorsport Michelin, Pascal Couasnon, juga paham betul dengan apa yang dialami pembalap. Couasnon juga tahu jika pembalap pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi lantaran selama 7 tahun pembalap terbiasa menggunakan ban pasokan dari Bridgestone.

“Kami memahami dan kami meminta hal yang sangat sulit dari para pebalap. Terkadang mereka melakukan pengujian di tengah pekan, lalu balapan dengan menggunakan ban yang spesifik di akhir pekan. Lalu di Senin ini kami meminta mereka untuk berganti ban, yang biasanya dipasang pada motor yang tidak sepenuhnya diset untuk ban kami,” kata Couasnon.

“Jadi menurut saya tidak heran, kita perlu waktu untuk memberikan pebalap membiasakan diri menggunakan ban kami,” pungkasnya. Baca juga KTM Tampil Lebih Cepat di MotoGP dan Yamaha Ingin Koflik Rossi-Lorenzo Tak Terjadi Lagi Musim Depan.

Top