BMW G310 R, Proyek Jerman-India untuk Motor Berkubikasi Hemat

TVS-BMW Motorrad Kerjasama Kembangkan G310 R – Bisa dibilang jika produk-produk dari BMW Motorrad adalah produk yang pasti menyasar segmen premium, dimana untuk setiap flagshipnya BMW Motorrad konsisten mengusung harga super mahal dan berkubikasi besar. Sebagai contoh untuk varian low-entry dari BMW Motorrad yakni matic BMW C600 Sports dibanderol dengan harga cukup gila, yaitu Rp 600 jutaan.

BMW G310 R, Proyek Jerman-India untuk Motor Berkubikasi Hemat

Ternyata kini BMW Motorrad tengah berupaya untuk menggapai konsumen yang berada di bawah level premium, lewat kerja sama yang dilakukan dengan TVS, keduanya mengembangkan motor berbasis light sport touring bernama BMW G310 R. Jika biasanya BMW Motorrad rutin menciptakan motor berkubikasi ekstra, maka untuk BMW G310 R hanya akan dibekali dengan kubikasi cukup hemat yakni 310 cc saja, hal tersebut dimaksudkan agar BMW G310 R bisa pas untuk konsumen di kawasan Asia.

Dilansir dari Autonetmagz, untuk perancangan desain dan dan juga teknologi mesin BMW G310 R dilakukan di Jerman, pabrik BMW Motorrad. Kerja sama antara kedua produsen tersebut juga memiliki nilai investasi yang tinggi, dengan BMW Motorrad menggelontorkan cukup banyak dana. Setelah berhasil dikembangkan, rencananya BMW G310 R akan dipasarkan secara massal, dengan BMW Motorrad mendirikan pabrik di Bengalore, India, sebagai basis produksi.

Untuk spesifikasinya, BMW G310 R dibekali dengan mesin berkapasitas 313 cc satu silinder DOHC 4- valve berpendingin air. Sementara untuk powernya BMW G310 R diklaim sanggup muntahkan tenaga hingga 34 Hp untuk putaran 9.500 Rpm serta torsi maksimal mampu mencapai 27,92 Kgm pada putaran mesin 7.500 rpm. Selain itu BMW G310 R juga asik untuk diajak bermanuver di dalam kota karena memiliki dimensi kompak dan bobot yang hanya mencapai 158,5 kg saja.

Bisa dibilang jika BMW G310 R adalah versi downgrade dari BMW S1000R dan BMW R1200R, melihat dari style dan platform desain yang cukup identik dengan kedua motor tersebut, mulai dari tubular frame, fork up-side down, kaliper rem 4 piston, serta ABS.

Soal apakah BMW G310 R juga bakal turut dipasarkan di Indonesia, hal tersebut belum bisa dipastikan. Namun kemungkinan BMW G310 R berpotensi menyapa publik Tanah Air, karena TVS memiliki pabrik di Karawang dan BMW Motorrad beberapa waktu lalu kedapatan tengah mengujungi pabrik TVS di Indonesia. Baca juga Honda Mulai Geser Dominasi Yamaha di Pasar Otomotif Nasional Segmen Sport dan Diler Resmi Ke-35 Piaggio Indonesia Bertempat di Tebet, Jakarta Selatan.

Top