Spesifikasi dan Harga Honda Verza 150 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Honda Verza – Di tengah hiruk pikuk kehadiran Honda Sonic 150R dan juga All New CB150R StreetFire yang sukses menarik atensi para penggila otomotif Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) turut menghadirkan versi baru dari Honda Verza 150 yang kini menjadi andalan baru pabrikan Sayap Mengepak itu di kelas entry-level motor sport. Sedikit me-refresh ingatan Bro dan Sis semua, sejak pertama kali dirilis pada tahun 2013 yang lalu, Honda Verza 150 memang sukses mencaplok segmen low-end otomotif Tanah Air. Meski dari power dan speed jelas kalah dari para pesaingnya, namun kehadiran Verza berhasil menarik perhatian publik lewar versatilitasnya di segala medan serta keiritannya yang luar biasa. Honda Verza 150 sukes terjual lebih dari 141.456 unit selama kurang lebih dua tahun terakhir. Hal ini memang sangat istimewa karena konon penjualan Verza bahkan berhasil melampaui andalan Honda lainnya di kelas sport 150 cc, yakni New Honda MegaPro. Tak salah jika akhirnya Honda Verza 150 ini sempat dijuluki sebagai ‘motor sejuta umat’, julukan yang dulu sempat identik dengan generasi Honda Supra karena saking banyaknya yang menggunakan motor tersebut.

honda verza

Hampir bersamaan dengan launching Sonic 150R dan juga New CB150R SF, pada awal bulan Agustus kemarin PT AHM mendaftarkan nomor seri motor baru dengan kode produksi TPT GL 15B1DF M/T. Usut punya usut, ternyata sosok motor baru Honda itu adalah generasi baru dari Honda Verza 150, alias versi facelift-nya. Salah satu pembaruan pada Verza facelift ini adalah sudah tercapainya sertifikat Euro 2 dan juga Euro 3. Jadi, mesin Honda Verza 150 versi facelift ini sudah sesuai dengan standar emisi motor-motor keluaran baru. Itu artinya, Verza 150 versi baru ini akan semakin irit dan tangguh. Selain itu, aroma baru yang ada pada Honda Verza 150 ini adalah desain striping baru yang lebih sporty dan juga penambahan cover knalpot yang kini berwarna chrome mengkilat. Shock belakang Honda Verza 150 versi facelift pun kini berwarna gelap. Meski pemabruannya tak secara frontal, namun sentuhan-sentuhan baru pada Honda Verza 150 ini membuatnya semakin terlihat stylish dan sporty. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda Verza 150 versi facelift. So, tak perlu berlama-lama lagi, langsung simak yuk!

honda verza 150

Spesifikasi Honda Verza 150

Striping Baru yang Lebih Sporty

Seperti yang sudah Mas Sena singgung di bagian awal tadi, perubahan spesifikasi Honda Verza 150 versi facelift ini memang paling banyak terdapat di bagian desain tampilan bodi. Hal yang paling mencolok adalah corak striping barunya yang lebih fresh, berpadu dengan pilihan warna yang semakin memperkuat aura sporty. Secara fisik, Honda Verza 150 ini memang tak banyak mengalami perubahan. Dari segi headlamp, Honda masih mempertahankan model V-Shape yang dipermanis dengan lekukan tajam berwarna abu-abu pada sisi samping headlamp. Untuk selebor pun masih sama dengan varian Honda Verza 150 versi lama yang sebelumnya tampil dengan model membulat namun tetap sporty. Pada bagian tangki juga tidak ada perubahan yang mencolok, masih mengandalkan shroud yang runcing pada bagian depan tangkinya. Begitupun pada bodi samping. Honda Verza 150 versi facelift ini masih sama seperti varian sebelumnya. Aksen yang membedakan pada varian sebelumnya adalah Verza 150 facelift menyertakan striping yang lebih bercorak dinamis dengan model tribal dan warna baru. Corak striping itu terlihat lebih simple namun tetap fresh daripada varian Honda Verza 150 versi lama. Corak baru pun juga terlihat pada cover knalpot atau muffler yang kini berwarna chrome mengkilat. Selain itu, shock belakang Verza facelift juga berwarna gelap, berbeda dengan versi lama yang berwarna merah. Secara umum, spesifikasi Honda Verza 150 versi facelift ini memang tampil lebih segar meski basis desainnya tak berubah sama sekali.

Panel Speedometer Makin Stylish dengan Corak Karbon

Jika pada speedometer Honda Verza sebelumnya dibalut warna hitam yang menjadi ciri khasnya, maka spesifikasi Honda Verza 150 versi facelift ini sudah dibalut dengan aksen karbon yang membuatnya terlihat lebih stylish. Di luar itu, Honda masih tetap mengandalkan panel digital pada bagian penujuk bahan bakar (fuel meter), penunjuk jarak tempuh, dan juga trip meter. Honda Verza 150 versi facelift juga masih mempertahankan cluster penunjuk kecepatan dengan model analog. Selain itu panel indikator masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu indikator penunjuk lampu, indikator penunjuk posisi gigi netral, indikator injeksi dan indikator lampu sein. Sayangnya, pada Honda Verza 150 versi baru ini juga belum dilengkapi dengan panel takometer sehingga membuat pengendara harus lebih pandai-pandai dalam melakukan perpindahan gigi yang tepat. Tidak ketinggalan juga, spesifikasi Honda Verza 150 generasi baru ini sudah dilengkapi dengan shutter key yang dilengkapi magnet untuk tingkat keamanan lebih lanjut. Tak ketinggalan, ada juga fitur lock key yang hanya bisa dibuka dengan bagian magnet pada kunci motor.

spesifikasi honda verza

Dimensi Masih Sama dengan Seri Sebelumnya

Tibalah pembahasan Mas Sena pada spesifikasi Honda Verza 150 Facelift dalam hal dimensi motor. Secara fisik, Verza 2015 ini juga masih mempertahankan platform dimensi versi lamanya yang sudah terbukti tangguh di segala medan. Honda Verza 150 versi facelift tetap memiliki ukuran tubuh 2.056 x 742 x 1.054 mm dengan jarak sumbu roda adalah 1.318 mm. Ukuran bodi motor ini memang sudah disesuaikan dengan perawakan orang Indonesia pada umumnya. Konsep bodi Honda Verza 150 yang tak terlalu ‘nungging’ juga akan memberikan kenyamanan kepada pengendaranya. Selain itu, dimensi bodi motor ini juga membuatnya tangguh untuk diajak melibas jalan perkotaan maupun jalan pedesaan sekalipun. Sedangkan untuk bobot, Honda Verza 150 versi facelift hanya memiliki bobot seberat 129 Kg. Bobot ini terhitung ringan untuk kelas motor sport. Dengan bobot sebesar itu maka pengendara akan lebih lincah ketika berada dalam kemacetan. Lalu untuk kapasitas tangki, spesifikasi Honda membekali Honda Verza 150 facelift ini dibekali dengan tangki berkapasitas 12,3 liter yang membuatnya memiliki daya tempuh dengan jarak yang cukup jauh.

Didukung Kaki-Kaki yang Mantap dan Suspensi Dual Shock

Selanjutnya Mas Sena akan membahas spesifikasi Honda Verza 150 pada bagian kaki-kakinya. Pada bagian shockbreaker belakang, Honda membuat perubahan berupa penggantian warnanya. Jika dulu Honda Verza memiliki shock belakang berwarna merah, maka kini warnanya adalah hitam. Penggantian warna ini menimbulkan efek lebih macho dan sporty. Untuk rangkanya, Honda masih setia pada rangka Diamond Steel dengan bahan pipa baja. Rangka Honda Verza 150 ini terbukti tangguh dan kokoh dalam menahan beban. Kemudian untuk menunjang kenyamanan saat berkendara, disematkanlah suspensi teleskopik pada bagian depan dan belakang. Honda Verza 150 versi baru ini juga masih mempertahankan suspensi dual shock. Untuk bagian velg dan ban, motor ini masih menggunakan ban depan berdiameter 80/100 – 17 M/C 46P dan untuk ban bagian belakang menggunakan ukuran 100/90 -17 M/C 55P. Sama seperti Honda Verza 150 versi lama, Verza versi baru ini juga tersedia dalam pilihan cast-wheel dan juga spoke (jari-jari). Pada bagian pengereman, spesifikasi Honda Verza 150 versi facelift ini masih mengandalkan rem cakram hidrolik pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang.

Advertisement

spesifikasi honda verza 150

Kapasitas Mesin 150 CC Berteknologi PGM-FI

Setelah puas dengan review bagian luar, saatnya Mas Sena mengajak Bro dan Sis untuk menengok spesifikasi Honda Verza 150 pada bagian dapur pacunya. Wajah baru Verza ternyata tak berlaku pada ruang dapur pacunya. Kali ini, Honda masih mengandalkan basis mesin yang sama dengan Honda Verza 150 generasi awal yang sudah terbukti irit dan tangguh. New Verza ini masih dijejali mesin tipe SOHC 4-langkah 1-silinder berkapasitas 149,2 cc. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi sebesar 9,5 : 1. Mesin Honda Verza 150 ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 9,72 Kw atau sama dengan 13,2 PS pada putaran 8.500 rpm. Sementara untuk torsinya adalah sebesar 12,7 Nm/6.000 rpm. Meski powernya termasuk yang paling rendah di kelas entry-lelvel motor sport, namun untuk urusan daya tahan mesin dan juga konsumsi BBM, Honda Verza 150 bisa diandalkan. Tak lupa, Honda juga telah membekali motor barunya ini dengan teknologi injeksi bahan bakar PGM-FI yang akan menyempurnakan proses pembakaran di ruang mesinnya sehingg konsumsi bahan bakar akan semakin irit. Ngomong-ngomong soal top speed, Honda Verza 150 mampu melaju dari jarak 0 – 200 meter dalam waktu 11,5 detik, dengan kecepatan maksimal 110 km/jam. Spesifikasi Honda Verza 150 di bagian dapur pacu pun semakin canggih karena sudah lulus uji emis Euro 2 dan Euro 3 lewat metode pengujian ECE R40. Berkat standar Euro 3 yang dimilikinya, konsumsi BBM Verza 150 ini hanya sekitar 45,25 km/l. Irit kan?!

Didukung Fitur Khas Motorsport Honda

Terakhir, Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk melihat-lihat spesifikasi Honda Verza 150 di bagian fitur-fitur pendukungnya. Sebenarnya, fitur-fitur pada Verza versi facelift ini masih sama dengan generasi awalnya. Honda Verza 150 versi baru ini sudah dibekali dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang akan memberikan keamanan maksimal saat motor ini ditinggalkan dalam waktu yang lama. Tak ketinggalan pula ban berjenis tubeless sudah digunakan oleh Honda Verza 150 ini. Pada bagian mesin, tak lupa pula Honda sudah menggunakan fitur Progammed Fuel Injection (PGM-FI) yang kini sudah menjadi teknologi standar motor baru Honda. Terakhir, spesifikasi Honda Verza 150 ini pastinya sudah mengusung standar emisi Euro 3. Artinya, motor ini termasuk motor yang ramah lingkungan selain pastinya irit konsumsi bahan bakar.

Honda Verza

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak Sumbu Roda 1.318 mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm
Berat kosong 129 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter
Rangka
Tipe Rangka Diamond Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Suspensi Ganda
Ukuran Ban Depan 80/100 – 17 M/C 46P
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 17 M/C 55P
Rem Depan Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem Belakang Tromol
Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Volume Langkah 149,2 cm3
Diameter X Langkah 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Daya Maksimum 9,72 kW (13,2 PS)/ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 12,7 Nm (1,29 kgf.m)/ 6.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Tipe Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Tipe Transmsi 5-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Tipe Starter Starter Kaki & Starter Elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery 12V – 3,5 Ah
Busi NGK CPR9EA-9
Pengapian Full Transisterized

Harga Honda Verza 150

Hanya memberikan sentuhan baru pada desain tampilan luarnya, maka Honda pun masih membanderol harga Honda Verza 150 versi facelift ini dengan harga yang tak berbeda dari versi lamanya. Tetap mengusung mesin SOHC 150 cc, Honda Verza 150 versi baru ini telah lulus uji standar emisi Euro 3 yang membuatnya semakin irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Selain itu, ada pembaruan pada bagian corak striping yang terlihat lebih sederhana namun malah semakin enak dilihat. Selanjutnya, sentuhan baru pada motor ini juga terlihat pada bagian shock belakang yang sekarang berwarna gelap. Ada juga aksen chrome mengkilat pada cover knalpotnya. Meski membawa beberapa perubahan, ternyata harga Honda Verza 150 tak beranjak naik. Masih tetap berada di level motor sport pemula, banderol harga Honda Verza 150 versi facelift ini masih sangat terjangkau untuk pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.

harga honda verza

harga honda verza 150

Untuk versi cast wheel atau velg racing, harga Honda Verza 150 dibanderol pada level Rp 19 jutaan. Sementara untuk versi spoke atau velg jari-jari, dibenderol dengan harga Rp 18,2 jutaan. Untuk Anda yang berjiwa muda, pilihan tentunya jatuh pada Honda Verza 150 CW karena sudah menggunakan velg racing yang membuatnya terlihat lebih kokoh. Sementara jika Anda membutuhkan unit sepeda motor untuk jalur yang tak terlalu berat, maka kisaran harga Honda Verza 150 versi spoke biasa menjadi pilihan. Dengan kedua versi yang selisih harganya tak terlalu jauh, pastinya ini juga memudahkan Anda yang mungkin penghobi modifikasi dan ingin merubah kaki-kakinya. Selain itu, dengan stripping baru dan harga Honda Verza 150 yang terjangkau membuat motor sport ini semakin layak Anda miliki.

Harga Honda Verza 150

Tipe Harga
Honda Verza 150 CW Rp 19.050.000,-
Honda Verza 150 SW Rp 18.200.000,-

Sempat dipandang sebelah mata akibat harga Honda Verza 150 yang ‘kelewat’ murah untuk level motor sport, nyatanya Honda malah sukses besar lewat penjualan unit motor tersebut. Bahkan kabar yang beredar, Yamaha pun mulai ‘panas’ akibat kehadiran Honda Verza 150 ini. Menurut kabar yang beredar, Yamaha sudah menyiapkan unit motor sport baru di kelas entry-level untuk menjadi pesaing Verza 150. Dengan tambahan desain striping dan wajah baru namun harga Honda Verza 150 tetap sama, pastinya Honda mengincar konsumen yang lebih banyak di segmen motor sport kelas pemula. Nah, kini pilihan ada di tangan Anda. Tertarik menebus harga Honda Verza 150 yang bersahabat ini lalu menjadikannya partner bertualang? Baca juga ulasan khas Mas Sena tentang TVS Max 125 dan Yamaha Byson FI.

  • riki

    Sip

  • kay

    klekurangan verza apa ya?

  • robby

    Tks

  • ben diel

    Kapan beredarnya ni verza facelift nya???

  • Siriv Official

    ijin share dan reblog .. brother

Top