Electronic Control Unit Bermasalah, Honda Recall 3 Tipe CVT

HPM Tarik 3 Model CVT dari Pasaran – Berita terbaru datang dari pabrikan otomotif asal Jepang, yaitu Honda. PT Honda Prospect Motor (HPM)selaku agen utama yang memegang merek Honda melakukan penarikan terhadap 3 model kendaraan CVT. Adapun merek yang ditarik dari pasaran adalah Honda Mobilo tipe CVT produksi tahun 2014 dan 2015 sebanyak 19.881 unit, kemudian Honda Jazz tipe CVT produksi tahun 2014 sebanyak 745 unit dan sisanya adalah Honda City tipe CVT produksi tahun 2014 sebanyak 17 unit. Permasalahan apakah yang membuat Honda menarik mobil-mobil tersebut?

hpm-tarik-3-model-cvt-dari-pasaran

Penarikan yang dilakukan Honda pada sejumlah mobil yang telah diproduksi sejak tahun 2014 tersebut dikarenakan faktor permasalahan pada Electronic Control Unit (ECU). Untuk itulah, guna mengatasi permasalahan tersebut, HPM melakukan penarikan secara massal pada ketiga model kendaraan tersebut. Mengingat mobil ini telah dipasarkan sejak satu tahun lalu dan telah diketahui bahwa telah banyak terjual di masyarakat, HPM juga menerapkan program agar recall ini tidak menyulitkan pemilik. Untuk memastikan hal ini berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu kenyamanan pemilik mobil, maka konsumen dipersilahkan untuk langsung mendatangi diler-diler terdekat untuk melakukan perbaikan.

Pada upaya perbaikan, HPM telah menyediakan komponen penggantinya di seluruh diler Honda yang ada. Sementara untuk penggantian tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Bahkan pihak HPM sendiri telah mengatakan bahwa seluruh penggantian dapat dilakukan meskipun tidak ada permintaan dari konsumen. Namun, tetap saja penggantian hanya akan dilakukan pada tiga merek mobil yang memang terkena program recall tersebut.

Selain itu, pihaknya juga sama sekali tidak memberikan masa berlaku dalam melakukan penggantian seperti yang diberlakukan di luar negeri. Apabila di luar negeri terdapat tenggang waktu selama 6 bulan. Di Indonesia, tidak dibatasi sampai kapanpun selama kendaraan yang recall tersebut masih beredar di pasaran dan usianya masih memungkinkan untuk perbaikan.

Program recall itu sendiri, mulai diberlakukan sejak tanggal 2 November  hingga jangka waktu ke depan yang tidak ditentukan. Untuk menginformasikan kepada pemilik mobil, nantinya konsumen yang masuk dalam daftar recall akan dihubungi oleh diler resmi melalui media surat tertulis maupun elektronik. Baca juga Fiat Tipo, Turut Serta Ramaikan Dubai Motor Show 2015 dan Mobil Mewah Hyundai Genesis G90 Dipamerkan

Top