Yamaha Rilis MT Series Bermesin R1

Yamaha MT-10 Segera Dirilis – Baru saja Yamaha resmi merilis line-up terbarunya untuk segera dihadirkan di ajang EICMA Milan 2015, line-up terbaru Yamaha tersebut berasal dari keluarga MT-Series dengan nama Yamaha MT-10. Pabrikan berlogo garputala sendiri mengklaim jika Yamaha MT-10 adalah motor tangguh namun tetap mempertahankan ‘styling riding’ yang nyaman layaknya MT-series yang lainnya. Hanya saja untuk Yamaha MT-10 aroma racingnya lebih kentara karena dibekali dengan mesin motor yang identik dengan Yamaha R1.

Yamaha Rilis MT Series Bermesin R1

Secara spesifikasi, Yamaha MT-10 mengusung mesin yang sama persis dengan Yamaha R1 yakni lewat mesin berkode CP4, empat silinder segaris berkubikasi 998 cc Crossplane yang memiliki keunggulan torsi lebih linier dari putaran mesin rendah hingga menengah. Untuk sasisnya sendiri tetap menggunakan sasis deltabox alumunium dan juga bekal suspensi kembaran dengan Yamaha R1. Untuk warna bodynya, Yamaha MT-10 dilabur dengan corak body khas MT-series lewat warna body Night Fluo yang bakal menjadi warna kebanggaan MT-Series mulai tahun 2016 mendatang.

Advertisement

Lantas apa saja keunggulan Yamaha MT-10? Keunggulan Yamaha MT-01 dari segi performa dapat dilihat pada sektor mesin berkode CP4 yang kini dirancang lebih cocok untuk penggunaan harian, dengan beberapa perubahan teknis yang mampu menghasilkan performa torsi lebih galak pada rpm rendah dan menengah, selain itu pada Yamaha MT-10 telah diberikan perbedaan pada desain intake dan juga muffler exhaust dan sistem pembakaran yang lebih dioptimalisasi serta pembaruan pada crank.

Kecanggihan Yamaha MT-10 selanjutnya juga bisa dilihat dari penempatan Yamaha D-Mode yang memberikan tiga pilihan model riding untuk penegendara berdasarkan kebutuhannya. Yamaha D-Mode sendiri adalah teknologi Yamaha berbasis elektronik YCC-T yang mampu mengidentifikasi karakter mesin disesuaikan dengan bukaan throttle, timing pengapian, dan juga volume injeksi bahan bakar. Adapun tiga model yang ditawarkan Yamaha MT-10 meliputi Standart yang memberikan performa berkendara lebih halus, kemudian A yang lebih berkarakter sport dan terakhir mode B yang siap diandalkan ketika berkendara dalam keadaan hujan.

Yamaha MT-10 juga telah disematkan fitur teknologi premium lainnya seperti 3 model Traction Control yang bisa dinonaktifkan sesuai keinginan, dan juga ada fitur Cruise Control yang menjamin Yamaha MT-10  sangat asyik digunakan untuk touring atau berkendara jarak jauh. Baca juga BMW Umumkan Kehadiran R nine T Scrambler dan New eRR, Hasil Eksperimen BMW Motorrad dan Technical University of Munich.

Top