Pesawat Penumpang Duet Mitsubishi – Toyota Sukses Mengudara

Pesawat Kolaborasi Mitsubishi dan Toyota Sukses Diterbangkan – Mungkin selama ini belum banyak yang tahu jika Mitsubishi tengah serius menggarap proyek transportasi selain kendaraan darat. Baru-baru ini Mitsubishi memang sedang sibuk untuk mengembangkan sebuah proyek pesawat komersil yang ditujukan sebagai penantang Sukhoi dari Rusia tauapun Jet dari Tiongkok.

Pesawat Penumpang Duet Mitsubishi – Toyota Sukses Mengudara

Hal tersebut dilakukan oleh Mitsubishi untuk melebarkan sayapnya di industri selain kendaraan darat, padahal jika menilik sejarahnya Mitsubishi memang cukup diperhitungkan sebagai produsen kapal dan juga pesawat tempur. Untuk memenuhi ambisinya, Mitsubishi kemudian menggandeng rival sesama produsen otomotif yakni Toyota yang ternyata juga tertarik pada industri penerbangan komersil.

Advertisement

Dengan kolaborasi ambisius tersebut, kemudian lahirlah pesawat MRJ yang merupakan sungkatan dari Mitsubishi Regional Jet. Pesawat hasil kerja sama Mitsubishi Aircraft Corporation dan juga Toyota Motor Corporation tersebut memiliki mesin yang terletak di tengah body pesawat, dan diklaim jika MRJ sanggup menampung hingga 70-90 penumpang. MRJ juga sukses diterbangkan secara perdana dalam sesi Maiden Fight dari Bandara Nagoya, Jepang.

“Pesawat MRJ berhasil terbang hari ini berkat kerjasama dan dukungan dari semua anggota yang terlibat,” kata Hiromichi Morimoto, Presiden Mitsubishi Aircraft Corporation, dikutip dari Autonetmagz pada hari Selasa (17/11/2015).

“Kami akan melakukan upaya maksimal kami terhadap akuisisi sertifikat tipe ini, memakai semua sumber daya kami untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat jet regional terbaik untuk masuk layanan komersial pada 2017,” lanjut Hiromichi.

Sementara itu perusahaan-perusahaan Jepang yang telah terlibat dalam proyek tersebut mengumumkan akan terus melakukan uji terbang sampai pada sesi pengiriman MRJ yang dijadwalkan mulai dipasarkan pada kuartal kedua tahun 2017.

Secara dimensi, MRJ memiliki panjang sekitar 35 meter, hidung yang lancip, dan mampu mengangkut hingga 80 penumpang. Mitsubishi Aircraft juga mengklaim jika MRJ dirancang untuk lebih hemat bahan bakar sehingga dapat menurunkan biaya operasional maskapai penerbangan. Rencana Mitsubishi sendiri tampaknya cukup strategis, dengan lebih dari 400 pemesan sudah mengantre untuk mendapatkan MRJ. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut apakah ada maskapai penerbangan dari Indonesia yang turut mengantre untuk mendapatkan pesawat kolaborasi Mitsubishi – Toyota tersebut. Baca juga All New Kijang Innova Lakukan Peluncuran Perdana di Indonesia dan Mitsubishi Tampil All-out di Segmen Mobil Hybrid Lewat Outlander PHEV Baja Portalegre 500.

Top