Jualan Laris, Kawasaki Masih Enggan Umbar Diskon

Tanpa Umbar Diskon, Penjualan Kawasaki Masih Cukup Baik – Akhir-akhir ini beberapa Agen Pemegang Merk (APM) otomotif nasional baik mobil atau motor, sedang bergairah untuk mengumbar diskon kepada konsumen. Hal itu tidak lepas demi menggenjot penjualan jelang bergantinya tahun, serta sebagai bentuk upaya untuk menghabiskan stok lama yang mestinya diedarkan pada tahun ini.

Jualan Laris, Kawasaki Masih Enggan Umbar Diskon

Namun hal berbeda ditunjukkan oleh produsen motor asal Jepang yakni Kawasaki. Dimana Kawasaki Motor Indonesia (KMI) enggan untuk mengumbar diskon terlalu banyak untuk pembeli, selama ini memang di antara APM lainnya hanya motor Kawasaki-lah yang paling pelit diskon. Apalagi jika dibandingkan dengan pabrikan motor asal Jepang lainnya yang justru kerap mengumbar diskon besar-besaran.

Hal tersebut kian diperkuat oleh Deputy Departemen Head And Sales Promotion PT KMI yang bernama Michael Chandra Tanadhi, dimana dia mengungkapkan jika Kawasaki tidak akan pernah atau berniat memberikan diskon atau potongan harga secara besar-besaran meskipun dalam waktu akhir tahun.

“Kita Kawasaki itu anti diskon, jadi enggak ada diskon biar pun akhir tahun. Memang, biasanya itu penjualan akan menurun, karena minat kosumen terhadap kendaraan otomotif di akhir tahun. Faktor utamanya biasanya kode VIN itu,” ujarnya dilansir dari VIVA.co.id, hari Kamis (19/11).

Sementara menampik strategi diskon, Kawasaki memiliki siasat sendiri untuk menghindari stok menumpuk pada gudang. Kawasaki lebih memilih untuk membatasi distribusi motor pada bulan Desember, sehingga hal tersebut akan berimbas dengan tidak akan terjadinya penumpukan motor di dealer pada tahun ini.

“Dengan membatasi distribusi motor pada akhir tahun, biasanya kita mensiasatinya, sehingga di awal tahun, semua motor di tahun sebelumnya sudah terjual. Hal itu akan kita lakukan pada Desember,” tambahnya lagi.

Untuk penjualan motor sendiri, meskipun tidak mengumbar banyak diskon tetapi KMI optimis jika motor ‘geng ijo’ masih akan tetap diburu konsumen setianya, terutama untuk motor bersegmen sport dan adventure yang saat ini memang menjadi primadona penjualan Kawasaki di Indonesia. Sejauh ini, KLX masih menjadi tulang punggung KMI disusul dengan Kawasaki Ninja 150 lalu Kawasaki Ninja 250. Baca juga Honda Rilis Supra X dan Blade ‘Facelift’ dan Ninja Dua Tak Masih Bertaring Meski Disuntik Mati.

Top