Mesin Bensin VW Ikut Terseret Skandal Emisi?

Kendaraan Bermesin Bensin Milik VW Ikut Terlibat Skandal Uji Emisi – Skandal uji emisi yang menimpa Volkswagen Group (VW) masih terus hangat diperbincangkan. Sejak September lalu, VW terlibat skandal uji emisi dengan memanipulasi kadar karbon dioksida (CO2) menggunakan perangkat khusus pada mesin diesel. Namun dalam perkembangannya, mesin bensin buatan VW juga ditengarai terlibat dalam skandal emisi yang cukup menghebohkan dunia otomotif tersebut.

kendaraan-bermesin-bensin-milik-vw-ikut-terlibat-skandal-uji-emisi

Seperti dilansir oleh detikOto dari Reuters pada Kamis (19/11), juru bicara Vokswagen Group menyatakan bahwa pihaknya telah menginvestigasi tingkat emisi CO2 pada sekitar 800 ribu mobil yang dijual di Eropa. Dikatakan, bahwa perbedaan emisi secara dominan ada pada mesin diesel 1.2 liter dan 1.4 liter, serta satu mesin bensin 1.4 liter.

Pihak VW juga telah mengidentifikasi tingkat emisi CO2 yang tidak masuk akal pada kendaraan bermesin bensin, seperti mesin bensin 1.0 liter pada SEAT Ibiza, 1.2 liter pada VW Jelta, dan juga 2.0 liter pada VW Passat.

Advertisement

Sementara itu, 24 model lainnya dari total 140 kendaraan VW Group yang tercantum dalam lampiran juga ditengarai terkena dampak dari skandal emisi tersebut. Seorang juru bicara VW mengatakan, pihaknya telah menemukan lebih banyak mesin bensin yang terlibat dengan manipulasi CO2 daripada yang diungkapkan sebelumnya. Temuan terbaru ini memang cukup mengejutkan karena sebelumnya diperkirakan hanya mobil bermesin diesel saja yang terlibat salah satu skandal terbesar di dunia otomotif tersebut.

Sementara itu, masalah efisiensi bahan bakar dan emisi CO2 semakin memperdalam krisis di dalam tubuh VW. Diperkirakan, perusahaan raksasa otomotif asal Jerman itu harus merogoh dana hingga 2 miliar euro terkait dengan masalah ini.

Skandal uji emisi ini awalnya berfokus pada 11 juta kendaraan diesel di seluruh dunia yang diakui sendiri oleh VW pada medio September lalu. VW juga telah menyiapkan dana sebesar 6,7 miliar euro untuk menutup biaya terkait masalah ini.

Kontroversi skandal uji emisi yang menimpa VW memang telah memukul dunia otomotif secara global. VW sendiri menyatakan bahwa mereka butuh sekitar 2-3 tahun untuk bangkit setelah hampir koyak akibat skandal yang juga mengganggu stabilitas ekonomi di Jerman tersebut. Baca juga Compact SUV Juke Stinger Edition, Nissan Edisi Spesial Los Angeles Auto Show 2015 dan Huracan LP 580-2, Model Lamborghini Termurah Goda Publik Sebelum Debut.

Top