Ingin Lanjutkan Winglet, Ducati Fokus pada Ban dan ECU Baru

Ducati Tertarik untuk Melanjutkan Winglet dalam Persiapan Jelang Musim Baru MotoGP – Salah satu hal yang menarik dari gelaran MotoGP musim 2015 ini adalah inovasi tim Ducati yang mengaplikasikan sayap tambahan atau dikenal dengan piranti winglet guna menambah stabilitas motornya. General Manager Ducati Corse, Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna mengaku bahwa timnya tertarik untuk mengembangkan winglet lebih jauh demi aerodinamika dalam persiapan jelang bergulirnya musim baru balap MotoGP. Namun untuk saat ini, Dall’Igna menegaskan akan tetap menjadikan ban baru Michelin dan penyeragaman perangkat elektronik (ECU) sebagai fokus utama.

ducati-tertarik-untuk-melanjutkan-winglet-dalam-persiapan-jelang-musim-baru-motogp

Seperti kita tahu, balap MotoGP 2016 memang diperkenalkan dua hal baru, yakni ban baru yang disuplai oleh Michelin serta pembaruan perangkat elektronik pada motor atau ECU. Hal baru ini memang membuat seluruh tim dan pembalap harus menyesuaikan diri lagi.

Luigi Dall’Igna sendiri direkrut Ducati dari Aprilia pada akhir 2013. Ia berhasil menciptakan desain baru untuk Desmosedici GP15 yang musim 2015 ini dikendarai oleh duet Italiano, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Sepanjang musim, kedua rider itu pun bereksperimen dengan beberapa pasang winglet yang disinyalir bisa mengatasi masalah aerodinamika dan wheelie. Hasilnya, Iannone dan Dovizioso mampu tampil impresif sebagai kuda hitam di sepanjang musim. Bahkan inovasi winglet pada motor Ducati yang mulai dikenakan di GP Qatar itu sempat diadopsi oleh Jorge Lorenzo pada Yamaha YZF-M1 miliknya.

“Aerodinamika merupakan area yang tak terlalu dipedulikan di dunia balap motor. Winglet mampu meningkatkan beban di ban depan, jadi bisa membantu anti-wheelie. Tapi saya tak akan menambahkan winglet. Mungkin kami bisa beradaptasi, bisa meningkatkan beberapa detail, tapi tak harus banyak,” ujar Dall’Igna.

separator

Meski sukes membuat kedua rider-nya tampil baik sepanjang musim, Ducati sendiri masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, misalnya adalah Dovizioso yang bermasalah di area pengereman, sementara Iannone pada traksi. Mengenai hal tersebut, Dall’Igna bertekad mengatasinya, namun akan lebih mengutamakan proses adaptasi dengan ban Michelin dan ECU baru pada Desmosedici GP16.

“Kami punya beberapa ide untuk mengatasi masalah pengereman dan traksi, tapi tentu kami harus menyesuaikan diri dengan dua perubahan besar di regulasi terbaru, yakni ban dan ECU. Jadi saat ini kami fokus pada dua hal itu dan setelahnya kami akan berusaha mengatasi masalah yang kami hadapi musim ini,” tutupnya.

Terkait persiapan jelang musim baru, saat ini tim-tim di MotoGP sedang memasuki masa pre-season dengan mengisi banyak hal di luar persiapan teknis. Salah satunya dengan menghadiri panggung EICMA di Milan, Italia pekan ini. Baca juga Suzuki Resmi Perkenalkan All New GSX-R1000 dan Ducati Rilis 9 Motor Baru Model 2016 Secara Bersamaan.

Top