Harga Honda Revo FI 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Honda Revo FI dan Spesifikasi – Meskipun saat ini pamor motor bebek kalah pamor dengan motor bersegmen matic atau light sport underbone, namun hal ini tidak menyurutkan langkah PT Astra Honda Motor (AHM) untuk terus meng-upgrade line-up motor bebek milinya. PT AHM selaku pemegang hak merek sepeda motor Honda di Tanah Air memang merupakan salah satu ATPM yang tetap konsisten dalam menghadirkan motor jenis cub atau bebek. Adapun tiga varian motor bebek yang menjadi andalan Honda Indonesia adalah Honda Supra, Blade, serta Revo. Nah kali ini Mas Sena akan membahas New Honda Revo FI yang merupakan generasi ketiga dari Honda Revo. Bersama Honda Supra dan Blade, Honda Revo memang menjadi salah produk motor bebek terlaris di Indonesia. Secara cerdik Honda pun membagi masing-masing unit motor bebeknya dalam segmentasi berbeda. Bila Honda Revo FI menyasar para pengendara aktif yang memiliki daya jelajah tinggi, maka Honda Supra diperuntukkan bagi pengendara yang butuh stabilitas berkendara jarak pendek sementara Honda Blade untuk mereka yang berjiwa sporty. New Honda Revo FI ini merupakan generasi penerus keluarga Revo yang pertama kali muncul pada medio 2007 dengan mesin karburator. Kini, versi teranyar Revo sudah mengadopsi teknologi mesin Fuel Injection yang lebih irit dan pastinya tetap bertenaga.

Honda Revo Fi

Honda Revo FI

Kehadiran Honda Revo FI memang sangat tepat di tengah kian dominannya jenis motor sport atau matic. Soal spesifikasinya, kali terakhir Honda Revo mengalami perombakan di bagian jantung dapur pacu adalah bulan Januari 2014, di mana pada awal tahun tersebut AHM resmi mengenalkan Revo FI yang telah dibekali dengan mesin generasi baru. Kira-kira satu tahun yang lalu, New Honda Revo FI hadir menyapa konsumen Indonesia dengan bekal mesin generasi baru, yaitu meisn 4 langkah SOHC berkapasitas 110cc Fuel Injection. Mesin yang tersemat pada generasi baru Revo itu juga hadir dengan sistem pendingin udara yang mampu memenuhi standar emisi gas buang Euro 3. Lantas untuk tampilan eksteriornya sendiri, pada Honda Revo FI generasi baru sendiri juga memiliki tampilan yang lebih fresh dengan dibalut striping terbaru dan juga kelengkapan fitur keamanan berupa shutter key. Secara kasat mata, tampilan New Honda Revo FI memang terlihat lebih maskulin dan modern meninggalkan tampilan generasi Revo karburator yang lebih memiliki desain konvensional. Untuk di Indonesia sendiri, Honda Revo FI akan dibagi menjadi tiga varian, yakni Revo FI Spoke Wheel, Casting Wheel dan Revo Fit dengan sasaran utama konsumen kaum pekerja atau anak muda yang membutuhkan ruang mobilitas tinggi. Nah, mau tahu bagaimana spesifikasi lengkap masing-masing tipe tersebut? Temukan jawabannya pada review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda Revo FI pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Honda Revo Fi

Review Honda Revo FI

Desain

Desain Bodi Semakin Atraktif dan Stylish dengan Corak Striping Baru

Saat pertama kali kali diperkenalkan, Revo tampil menggebrak dengan corak desain bodi bernuansa runcing yang terlihat lebih macho. Namun pada generasi terbarunya ini, spesifikasi Honda Revo FI di sisi eksterior justru tampil dengan nuansa modern yang menggabungkan corak sporty berpadu dengan nuansa stylish khas anak muda. Dimulai dari desain headlamp yang kini dirancang lebih tajam dan lebar, lalu pada bagian lampu seinnya New Honda Revo FI juga dikonsep dengan model lebih sipit sehingga lebih berkarakter tegas. Sedangkan bergerak pada bagian body samping, kesan ringkas langsung kentara terlihat namun untuk Revo FI generasi terbaru ini. Selain itu, New Honda Revo FI juga terlihat lebih mewah berkat pewarnaan black doff pada cover mesinnya dan juga sayap yang berbentuk lebih runcing dan tajam. Untuk knalpot pada Revo FI tampilannya juga lebih sporty dengan cover knalpot bercorak silver menyempurnakan sektor buritan yang lebih ‘nungging’ dari versi sebelumnya. Selain itu, ada juga tambahan behel atau hand grip belakang dengan warna hitam elegan yang kian menambah tampilan Honda Revo FI menjadi lebih gagah secara keseluruhan. Pada bagian lampu belakang, Revo FI kini juga terlihat tampil beda dengan penutup lampu berlensa bening berjenis multireflektor. Kesimpulannya, pada spesifikasi New Honda Revo FI terbaru ini mampu menampilkan kesan yang lebih eye catchy dan dinamis. Apalagi, New Revo ini juga tampil lebih fresh dengan striping yang modern dan colorful.

Speedometer

Panel Speedometer Analog Sederhana Namun Tetap Fungsional

Saatnya beralih pada bagian panel-penel pada dashboard New Revo FI ini. Untuk speedometer pada spesifikasi Honda Revo FI mengusung konsep wadah triangle, di mana penempatan speedometer terlihat lebih futuristik meskipun masih menganut model analog. Bagian cluster meternya terlihat jelas dan cukup informatif dengan penempatan tiap panel instrumen yang tersusun dengan odometer di tengah berbentuk membulat. Lalu di bagian bawah panel speedometer Honda Revo FI terdapat cluster panel fuel meter. Speedometer pada New Revo FI juga telah dilengkapi dengan lampu yang atraktif, sehingga masih dapat memberikan informasi mengenai indikator kecepatan, konsumsi bahan bakar, indikator lampu sein dan lampu utama, serta operasional gigi kepada pengendara dengan baik meskipun dalam keadaan berkendara di malam hari. Jadi, melihat speedometer dari Honda Revo FI tampaknya untuk bagian ini telah terjadi penyempurnaan yang dilakukan oleh Honda jika dibandingkan versi lamanya. Secara umum, bagian panel dashboard pada spesifikasi Honda Revo FI ini memang masih sederhana, namun hal itu justru akan membuatnya mudah dimengerti pengendaranya.

Spesifikasi Honda Revo FI

Dimensi

Dimensi Lebih Ramping Hasilkan Manuver Lebih Mantap

Umumnya, setiap kendaraan berjenis motor bebek mengutamakan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Hal itu bertujuan untuk menunjang performa berkendara yang nyaman di berbagai medan atau jalanan. Begitupun dengan spesifikasi Honda Revo FI yang masih mempertahankan dimensi ramping khas moped, serta menawarkan tingkat kenyamanan tinggi. Untuk dimensinya sendiri, New Revo FI memiliki dimensi cukup ramping dan kompak dengan ukuran 1.919 x 709 x 1.080 mm, dan memiliki jarak sumbu roda berkisar 1.277 mm. Selain itu ground clearance yang dimiliki Honda Revo FI juga cukup tinggi untuk motor, yakni 135 mm. Dengan jarak ke tanah yang cukup tinggi, maka akan membuat Revo FI masih cukup aman untuk berkendara pada area di luar perkotaan. Melihat dimensi tersebut, bisa dipastikan jika Honda Revo FI ini sangat asyik untuk diajak bermanuver di jalanan padat. Apalagi motor ini hanya memiliki bobot 97,5 kg saja. Nah untuk kapasitas bagasinya sendiri, New Revo FI memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas sebagai motor bebek. Meskipun secara ukuran bagasi Honda Revo FI ini masih kalah dengan motor bersegmen matik, namun dengan bagasi 7 liter pastinya hal ini sudah sangat membantu anda membawa barang bawaan yang cukup banyak. Bila melihat spesifikasi Honda Revo FI pada bagian dimensi fisiknya, sudah jelas bahwa motor ini memang ditujukan sebagai kendaraan harian yang serba bisa.

Suspensi

Stabilitas Tinggi dengan Suspensi Khas Motor Honda

Meskipun memiliki body yang ramping, namun spesifikasi Honda Revo FI ini juga dibekali dengan kaki-kaki yang sangat nyaman untuk digunakan berboncengan. Dengan ground clearance yang cukup tinggi, New Revo FI sangat bisa digunakan sebagai kendaraan untuk mobilitas yang tinggi. Honda Revo FI pun juga sudah dibekali dengan suspensi standar khas motor bebek Honda, yaitu suspensi teleskopik untuk bagian depan depan, serta suspensi dengan sistem lengan ayun untuk bagian belakang. Sama seperti varian motor bebek Honda lainnya, New Honda Revo FI ini menawarkan tingkat kenyamanan tinggi baik untuk berboncengan ataupun single riding lewat shockbreaker ganda miliknya. Dengan kerangka berjenis tulang punggung, motor ini tetap akan stabil digunakan di jalan raya yang memiliki trafik padat atau jalanan bergelombang sekalipun. Kemudian pada bagian kaki-kaki dari Honda Revo FI ini masih menggunakan piranti yang sama dengan pendahulunya, yaitu ban depan berukuran 70/90 – 17 M/C 38P dan ban belakang berukuran 80/90 – 17 M/C 44P . Untuk sistem pengereman, spesifikasi Honda Revo FI pun juga sudah didukung dengan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang yang cukup pakem sebagai bagian kontrol traksinya.

Spesifikasi Motor Honda Revo Fi

Mesin

Mesin 110cc SOHC PGM-FI untuk Performa Optimal dan Tetap Irit Bahan Bakar

Setelah kita puas membahas spesifikasi Honda Revo FI yang terlihat dari luar, kini saatnya Mas Sena membahas spesifikasi pada sektor performanya. Untuk dapur pacunya, kali ini New Revo FI dibekali dengan mesin SOHC 4 langkah yang menggunakan pendingin udara. Mesin tersebut merupakan mesin berkapasitas 110 cc dengan model silinder tunggal. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mesin Honda Revo FI sendiri adalah sebesar 6.56 kW (8.91 PS) pada putaran 7.500 rpm. Selain itu AHM juga melakukan perombakan pada kompresi ruang bakar pada New Revo FI, yang sebelumnya 9:1 menjadi 9.3:1. New Honda Revo FI juga memiliki ruang kapasitas bensin pada tangki hingga 4 liter, sehingga cukup aman untuk menempuh jarak jauh. Sedangkan untuk tipe transmisinya, New Honda Revo FI menganut model transmisi empat percepatan manual dengan tipe kopling mengadopsi Multiple Wet Clutch with Diaphragm Spring yang cukup responsif ketika mengoper gigi. Bagian puncaknya, untuk pembahasan spesifikasi Honda Revo FI di bagian mesin, generasi mesin terbaru Revo FI juga diklaim lebih irit bahan bakar berkat pengaplikasian suplai bahan bakar berjenis PGM-FI khas Honda yang bisa mengoptimalkan konsumsi pemakaian BBM mencapai 62,2 km per liter.

Fitur

Didukung Fitur Lengkap untuk Memberikan Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Pada segmen terakhir pembahasan spesifikasi Honda Revo FI ini, seperti biasa Mas Sena akan mengulas fitur tambahan yang ada. Ternyata untuk fitur tambahannya sendiri, AHM membekali cukup banyak fitur spesial untuk motor bebek andalannya tersebut. Salah satu fitur fungsional yang ada pada New Honda Revo FI selain bagasi yang luas adalah fitur teknologi secure key shutter lengkap dengan iluminasi yang bisa menyala ketika malam hari. Dengan pengaman kontak kunci bermagnet yang praktis dan aman tersebut, tentunya menjadikan Honda Revo FI ini memiliki tingkat pengamanan cukup baik. Kemudian untuk sektor performanya sendiri, selain memiliki performa yang handal, New Revo FI juga sudah memenuhi syarat untuk lolos uji emisi Euro 3 sehingga menjadikan motor ini sebagai salah satu motor yang ramah lingkungan. Terakhir untuk generasi terbaru Honda Revo FI juga telah dibekali dengan lampu utama bertipe multireflektor yang selain stylish ternyata juga mampu memberikan penerangan lebih maksimal dibandingkan generasi lawasnya. Meski hanya menempati segmen sepeda motor jenis bebek entry level, ternyata fitur-fitur pada spesifikasi Honda Revo FI ini sudah terbilang yang paling lengkap di kelasnya.

Spesifikasi Honda Revo FI

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.919 x 709 x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda 1.227 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Berat Kosong 97,5 Kg
Kapasitas Tangki BBM 4,0 liter
Rangka
Tipe Rangka Tulang punggung
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem Depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Mesin
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC, silinder tunggal
Kelas 110
Volume Langkah 109,17 cc
Diameter X Langkah 50 x 55,6 mm
Perbandingan Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimum 6,56 kW (8,91 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Multiple wet clutch with Diaphragm Spring
Tipe Transmsi 4 kecepata, rotari
Pola Pengoperan Gigi N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
Tipe Starter Starter kaki & elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery MF battery, 12 V – 3 Ah
Busi NGK CPR6EA-9S atau NDU20EPR9S
Pengapian Full Transisterized

Harga Honda Revo FI

Tak terasa, kita sudah sampai di segmen harga Honda Revo FI setelah tadi kita membahas spesifikasinya dari masing-masing sektor. Jika dibandingkan dengan generasi Honda Revo terdahulu, memang New Revo FI kali ini membawa perubahan cukup signifikan. Selain mengusung perubahan secara eksterior, bagian mesin dan fitur pada New Honda Revo FI ini memang mengalami perubahan besar. Pada sektor desain, generasi baru Honda Revo ini tampil lebih segar lewat desain baru yang lebih stylish berpadu dengan corak striping baru yang semakin sporty. Lalu, perubahan pada sektor mesin pun juga terjadi di mana kali ini Honda menggunakan mesin SOHC 110 cc berteknologi PGM-FI. Sejumlah perubahan inilah yang akhirnya turut berpengaruh pada harga Honda Revo FI di pasaran. Apalagi, generasi baru New Revo ini juga telah lolos uji emisi Euro 3 yang memastikan bahwa motor ini memiliki gas emisi yang ramah lingkungan. Sejumlah perubahan minor pun juga turut memengaruhi harga motor ini. Lantas, berapakah harga Honda Revo FI di pasaran.

Harga Honda Revo Fi

Harga Honda Revo Fi Terbaru

Seperti yang sudah Mas Sena sampaikan tadi, PT AHM sendiri memang menghadirkan New Revo dalam beberapa pilihan tipe. Itu artinya, harga Honda Revo FI akan berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain. Pilihan tipe untuk New Revo FI sendiri adalah New Revo FI Fit, New Revo FI SW, serta New Revo FI CW. Untuk harga paling rendah ditempati oleh Honda Revo FI tipe Fit di mana harga yang dipatok adalah Rp 12,9 jutaan. Revo FI Fit sendiri merupakan varian dengan pilihan velg jari-jari. Sementara di atas Revo Fit, ada Revo FI tipe SW yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 13,6 jutaan. Sementara untuk harga Honda Revo FI paling mahal ditempati oleh tipe Revo FI CW yang dibanderol sekitar Rp 14.5 jutaan. Bila melihat banderol harganya, jelas AHM menempatkan New Revo FI ini di bawah Honda Blade dan juga Honda Supra X. Jika memperhatikan daftar harga Honda Revo FI tersebut, jelas pula bahwa Honda memang menyasar pengendara entry level yang membutuhkan moda transportasi handal dan pastinya irit BBM.

Harga Honda Revo FI

Tipe Harga
New Revo FI CW Rp 14.550.000
New Revo FI Fit Rp12.950.000
New Revo FI SW Rp 13.650.000
Daftar Harga Motor Honda

Namun yang perlu Mas Sena sampaikan adalah, daftar harga Honda Revo FI di atas adalah harga yang dipatok oleh Honda untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk di daerah, ada kemungkinan memang harga tersebut akan mengalami penyesuaian. Kehadiran generasi baru Honda Revo ini memang langsung digemari publik. New Honda Revo FI sendiri kini populer sebagai salah satu kendaraan bisnis yang sering digunakan oleh pribadi maupun perusahaan-perusahaan besar. Kehandalan mesin khas Honda, konsumsi BBM yang irit, serta kemudahan perawatan memang menjadi nilai jual tersendiri bagi generasi baru New Revo ini. Lalu dengan harga Honda Revo FI yang sangat bersahabat dengan perekonomian Indonesia, tentunya juga semakin membuatnya menjadi market leader di kelas bebek 110 cc. Di luar harga Honda Revo FI yang memang sangat terjangkau semua kalangan tersebut, strategi pasar Honda memang sangatlah jitu. Berbeda dengan pabrikan lain yang mulai meninggalkan segmen motor bebek, eksistensi PT AHM di segmen ini memang patut diacungi jempol. Selama bertahun-tahun Honda berhasil mempertahankan supremasi di segmen cub atau bebek. New Revo FI inilah bukti terbarunya. Baca juga ulasan Mas Sena mengenai Yamaha Vega Force dan Honda Sonic 150R.

Top