Penjualan V-ixion Tetap yang Tertinggi dalam 10 Bulan Terakhir

Yamaha V-ixion Tetap Kuasai Pasar Domestik Segmen Sport Entry Level – Yamaha tetap menjadi yang terdepan di segmen sepeda motor kelas sport entry level. Hal ini dibuktikan dengan catatan penjualan tertinggi yang diraih oleh Yamaha di kelas entry level motor sport dalam kurun waktu sepuluh bulan terakhir. Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2015, penjualan Yamaha bahkan mencapai 314.987 unit, sesuai data dari AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia).

yamaha-v-ixion-tetap-kuasai-pasar-domestik-segmen-sport-entry-level

Kontribusi tertinggi dicatatkan oleh jagoan utama Yamaha, yakni Yamaha V-ixion. Yamaha V-ixion tetap menjadi motor sport kelas pemula yang paling banyak terjual di Indonesia dalam 10 bulan terakhir.  Di tahun ini, ada 249.805 unit V-ixion yang terjual. Angka itu berarti 26,09 persen dari total penjualan segmen sport Yamaha. Tipe yang lainnya di segmen sport yang menonjol penjualannya adalah YZF-R15 dengan 44.026 unit yang membuatnya nangkring di posisi kedua.

Yamaha sendiri tetap mengekspor dua tipe V-ixion, yakni New V-ixion Advanced serta New V-ixion MotoGP Series dengan total ekspor 3.400 unit sejak Januari hingga Oktober 2015. Untuk periode yang sama, YZF-R15 konsisten diekspor juga, sudah tercatat sebanyak 20.100 unit.

”Kami tetap optimis untuk penjualan segmen sport Yamaha secara konsisten terus positif di pasar Indonesia hingga akhir tahun ini. Apalagi untuk ekspornya juga permintaan masih tinggi,” ucap Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Advertisement

Selain dua varian sport andalan Yamaha tersebut, tipe lain juga memberikan kontribusi yang cukup positif. Beberapa tipe yang mencatatkan penjualan cukup baik adalah skutik bernuansa retro Yamaha Fino FI dan juga skutik premium Yamaha NMAX. Penjualan kedua motor matik tersebut mengalami peningkatan di bulan Oktober 2015. Fino FI signifikan naik 59,70 persen atau terjual 9.694 unit di bulan Oktober dibandingkan 6.070 unit di bulan September. Sedangkan NMAX naik 14,74 persen dari 13.246 unit di bulan September, jadi 15.199 unit di bulan Oktober.

Tren penjualan Fino mengalami peningkatan penjualan yang cukup mencolok di luar Pulau Jawa, salah satunya di area Sulawesi Selatan yang naik hingga 40 persen. Sementara itu, Bali menjadi tulang punggung penjualan NMAX dengan total penjualan hingga Februari mencapai 1.368 unit. Baca juga GenZe 2.0, Skuter Listrik Terbaru dengan Baterai Portable dan Suzuki GSX-RR Makin Tangguh, Siap Berburu Kemenangan.

Top