Mulai Robot Sampai Biaya Fantastik Disiapkan untuk Produksi All New Innova

Produksi All New Innova dibantu 100 unit robot untuk hasil yang maksimal – Salah satu kecanggihan dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau Toyota Indonesia yang memproduksi All New Kijang Innova adalah mengikutsertakan robot-robot untuk membantu produksi tiap-tiap unit All Kijang Innova. Pabrik tersebut terletak di Karawang plant 1.

Produksi All New Innova dibantu 100 unit robot untuk hasil yang maksimal

Kalau sebelumnya sudah tersedia 20 unit robot untuk proses produksi, TMMIN akan menambahkan 80 unit robot lagi untuk memproduksi generasi keenam dari Toyota Kijang ini. Robot-robot baru dihadirkan untuk meningkatkan otomatisasi dan efisiensi. Secara teknis, perakitan mobil bisa dilakukan 100 persen oleh robot. Tetapi pabrik tetap mempunyai misi untuk menyerap tenaga kerja.

Kehadiran robot tersebut tidak serta merta mengurangi tenaga kerja dalam proses produksi. Tapi ada bagian yang benar-benar dikerjakan oleh robot seperti welding (pengelasan) dan painting (pengecatan). Pada bagian ini ada asap dan zat kimia yang berbahaya apabila dikerjakan oleh manusia, jadi lebih baik dikerjakan oleh robot.

Tidak hanya sampai di situ saja, tugas sang robot pun beragam mulai dari pembuatan frame, bodi, sampai pengecekan juga bisa dilakukan oleh robot. Robot sangat berguna untuk menjaga tingkat kepresisian, yang tidak bisa 100 persen dilakukan manusia. Jadi penggunaan robot tersebut bukan semata-mata untuk menghemat biaya produksi saja. Tetapi juga untuk menjaga masalah kualitas terutama pada tingkat presisi.

Menurut Nandi Julianto, Selaku Direktur Karawang Plant TMMIN menjelaskan bahwa untuk membuat generasi terbaru dari Toyota Kijang ini dibutuhkan komponen untuk membuat Multy Purpose Vehicle (MPV) itu adalah komponen baru.

“90 persen komponennya baru, mulai dari frame, bodi, dan lain-lain,” jelas Nandi Julyanto saat kunjungan pabrik TMMIN di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin 16 November 2015. Komponen lain yang benar-benar baru digunakan adalah rangka, bodi dan mesin. Hal ini sangat berbeda dari pembuatan Toyota Kijang generasi sebelumnya.

Biaya yang dikeluarkan dalam produksi generasi terbaru ini juga tidak tanggung-tanggung, hampir Rp 5 triliun dikeluarkan pabrik untuk infrastruktur. Perbedaan antara generasi baru dan sebelumnya sangat banyak mulai dari eksterior, interior, hingga sumber tenaga yang digunakan. Harga yang dibanderol untuk generasi Toyota terbaru dikategorikan dalam tiga varian, yaitu tipe G, V dan Q yang dibanderol dengan harga mulai Rp 282 juta sampai Rp 423,8 juta.

 

Top