Setelah Innova ‘Reborn’, All-New Fortuner Segera Menyusul Diproduksi

Toyota All-New Fortuner Segera Jajaki Tahap Produksi – Investasi besar-besaran yang dilakukan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Pabrik Karawang I untuk memodernisasi segala macam aspek fasilitas, ternyata bukan hanya diistimewakan untuk produksi Toyota All-New Kijang Innova saja. Melainkan juga sebagai tempat kelahiran generasi baru SUV andalan Toyota, yakni All-New Fortuner. Dijadwalkan, All-New Fortuner bakal  melenggang ke pasar Indonesia mulai tahun 2016 mendatang.

Setelah Innova ‘Reborn’, All-New Fortuner Segera Menyusul Diproduksi

Seperti dilansir dari laman Kompas, pada hari Selasa (24/11), sampai saat ini pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat hanya terisi dengan proses produksi Innova saja. Padahal biasanya, seharusnya TMMIN juga merakit Fortuner di pabrik tersebut, karena kedua mobil ini memiliki jenis platform yang sama. Hingga kemudian muncul dugaan apakah saat ini Fortuner sudah stop produksi dan segera digantikan dengan generasi terbaru layaknya Innova?

Dugaan segera rilisnya All-New Fortuner juga kian kuat tatkala melihat data yang dirilis GAIKINDO, yang menyatakan jika data penjualan Fortuner dari pabrik Toyota ke diler mulai menurun sejak periode Agustus dari yang mencapai sebesar 1.195 unit, lantas menurun menjadi 943 unit di bulan September, imbasnya menurun lagi tinggal 427 unit di bulan Oktober.

Perihal munculnya duugaan All-New Fortuner yang segera launching, hanya dijawab dengan sepatah kata oleh Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, dimana ia sempat berpikir sejenak ketika dikonfirmasi mengenai kabar All-New Fortuner.

“Secepatnya,” kata Warih singkat menggapi pertanyaan wartawan.

Begitupun saat ditanya mengenai progres dari perkembangan dari All-New Fortuner saat ini. Pejabat Toyota tersebut juga hanya menjawab dengan jawaban yang sama. Sehingga hal ini semakin menambah dugaan All-New Fortuner segera diproduksi.

Sebagai informasi, Innova dan Fortuner adalah produk dengan platform berstandar global IMV (International Multi-purpose Vehicle) yang dirancang segaris dengan pikap Hilux. Bedanya dengan Hilux, untuk Innova dan Fortuner diproduksi di dalam negeri namun tetap berbagi komponen serupa.

Saat ini All-New Fortuner sudah meluncur terlebih dahulu di Thailand yang notabene menjadi basis produksi Toyota selain di Indonesia. Rumor yang beredar juga menyebutkan jika TMMIN saat ini tengah melakukan lokalisasi komponen Fortuner, mengingat selama ini untuk komponen Fortuner masih diimport dari negeri Gajah Putih. Baca juga Produksi All New Innova dibantu 100 unit robot untuk hasil yang maksimal dan Daihatsu Masih Pikir-pikir Produksi LCGC Ayla 7 Penumpang.

Top