Toyota Agya 7 Penumpang, Ujian Nyata Datsun Go+

Rencana Agya 7 Penumpang Masih Tertutup Rapat – Saat ini pasar mobil murah atau biasa disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC) telah menjadi salah satu segmen yang paling banyak diincar konsumen. Lewat harga yang lebih murah, kini pengguna bisa mendapatkan mobil impiannya. Apalagi kehadiran LCGC sendiri berhasil membuka alternatif baru untuk pilihan mobil masa kini.

Toyota Agya 7 Penumpang, Ujian Nyata Datsun Go+

Sayangnya saat ini kebanyakan mobil LCGC adalah bersegmen hatchback. Terhitung dari beberapa produsen mobil LCGC di Indonesia hampir semuanya fokus pada segmen mobil LCGC bertipe hatchback. Hanya ada satu produsen yang memilih alternatif mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yakni Datsun Indonesia lewat produknya Datsun Go+ Panca yang memiliki konfigurasi kabin terbesar di kelasnya, dengan formasi 5+2. Padahal jika diamati, saat ini konsumen Indoensia cenderung memilih mobil dengan kapasitas kabin yang luas, tidak mengherankan juga jika penjualan Datsun Go+ sendiri cukup baik.

Rumornya, melihat gurihnya LCGC 7 penumpang membuat Toyota saat ini tengah bersiap mengembangkan mobil LCGC MPV, dengan tetap mengusung Toyota Agya sebagai basisnya untuk pasar Indonesia. Tetapi ketika dikonfirmasi kejelasan kabar tersebut, pihak Toyota masih belum mengakui mengenai Agya 7 penumpang.

“Tidak, belum ada rencana sejauh ini. Masih kita studi, sejauh ini belum ada rencana,” ujar Samulo kepada wartawan, dukutip dari laman Viva.co.id, Selasa 24 November 2015.

separator

Samulo juga menjelaskan jika untuk penyegaran line-up LCGC, Toyota akan melakukan hal yang tidak harus sama dengan kompetitornya. Dengan kata lain Toyota punya strategi khusus yang harus diterapkan, dan strateginya tidak akan sama dengan kompetitor. Selain itu saat ini Toyota lebih memilih fokus untuk Agya hatchback, dimana secara kuantitatif penjualan Toyota Agya mendapatkan respons luar biasa dari konsumen.

Mengenai prospek Agya 7 Penumpang, Samulo sendiri juga tidak mau menampik mengenai potensi tersebut. Disebutkan saat ini Toyota masih mempelajari dan memonitor kondisi di lapangan,

“Enggak berani berandai-andai, kalau-kalau atau seandainya. Karena mobil tujuh penumpang kita juga sudah banyak, mulai Avanza hingga Alphard,” tambah Samulo.

Sementara rumor Agya 7 penumpang santer dihembuskan oleh sumber terpercaya lainnya dari Toyota, yang menyebutkan jika mobil Agya versi tujuh penumpang tengah dipersiapkan oleh Toyota dan sudah sampai tahap pengembangan.

“Platform-nya masih pakai Agya, cuma jadi seven seater,” ujar sumber anonim.

Untuk banderolnya sendiri diprediksi lebih mahal dibandingkan Agya versi hatchback. Dari sumber yang sama juga diperoleh jika Agya 7 penumpang siap melakoni debutnya di akhir tahun 2017. Baca juga Toyota All-New Fortuner Segera Jajaki Tahap Produksi dan Daihatsu Masih Pikir-pikir Produksi LCGC Ayla 7 Penumpang.

Top