Setelah VW, Audi Terseret Skandal Emisi Juga?

Audi Turut Diinvestigasi Terkait Skandal Emisi yang Menimpa Volkswagen – Skandal uji emisi yang menimpa Volkswagen Group (VW) nampaknya tak hanya berhenti di satu nama saja. Saat ini, penyidik dari pihak berwajib di Braunschweig, Jerman, tengah melakukan investigasi terhadap skandal tersebut. Selama berminggu-minggu, pihak berwajib terus melakukan penyidikan terhadap pihak-pihak yang disinyalir terkait dalam skandal yang cukup menghebohkan dunia otomotif internasional tersebut. Hasil penyidikan terbaru menyeret nama Audi yang merupakan salah satu merek mobil yang berada di bawah naungan VW Group. Dalam hasil penyidikan sementara, Audi diduga terlibat dalam skandal besar yang hingga detik ini masih diributkan publik otomotif dunia itu.

audi-turut-diinvestigasi-terkait-skandal-emisi-yang-menimpa-volkswagen

Seperti dilansir dari laman Autoblog (13/10), juru bicara otoritas Jerman di Ingolstadt menyatakan bahwa saat ini fokus penyidikan skandal emisi masih mengarah pada pihak internal di dalam tubuh VW dan anak perusahaannya, Namun ia menyatakan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengidentifikasi siapa saja yang benar-benar menjadi tersangka.

“Sementara pihak Braunschweig terus memeriksa VW, kami akan berfokus ke Audi,” ujarnya.

Audi sendiri hingga kini memiliki tak kurang dari 2,1 juta kendaraan yang tersebar di seluruh dunia. Semua produk Audi yang dipasarkan juga diduga memakai perangkat mesin diesel yang sama dengan yang ditemukan pada unit kendaraan VW yang dipermasalahkan saat uji emisi. Sekitar 14 ribu mobil Audi sendiri saat ini tersebar di wilayah Amerika Serikat.

Sementara itu, Badan Perlindungan AS (EPA) baru-baru ini menemukan penyimpangan baru yang ada pada produk kendaraan VW, Audi, dan juga Porsche. Penemuan tersebut ada pada unit mobil yang mengusung mesin diesel V6 berkapasitas 3.0 liter. Temuan ini langsung direspons oleh VW dengan menghentikan sementara produk-produk mobil yang terkait.

Skandal uji emisi yang menghebohkan ini juga dikaitkan dengan sejumlah mobil dengan merek Audi. Seperti dikutip dari Autoblog, para teknisi setempat sempat mengakui bahwa produksi mesin yang diduga menyalahi aturan emisi tersebut mereka lakukan sesuai permintaan sang produsen, dalam hal ini adalah VW. Sebelumnya, sempat juga beredar kabar bahwa kendaraan bermesin bensin lansiran VW juga dikaitkan dengan skandal tersebut. Baca juga Kendaraan Bermesin Bensin Milik VW Ikut Terlibat Skandal Uji Emisi dan Volkswagen Group Membantah Bahwa Posrsche dan Audi Terlibat dalam Skandal Uji Emisi.

Top