Setelah MotoGP, Indonesia Berencana Gelar Balap F1

Desain Sirkuit Sentul Juga Dirancang untuk Balapan F1 – Pada tahun 2017 mendatang, Indonesia dipastikan akan menjadi tuan rumah dari gelaran MotoGP. Ajang MotoGP 2017 sejatinya bakal digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rencananya renovasi besar-besaran Sirkuit Sentul tersebut mulai dilakukan pada bulan Desember 2015 mendatang sehingga bisa memenuhi standarisasi grade satu.

Setelah MotoGP, Indonesia Berencana Gelar Balap F1

Dijelaskan juga oleh Direktur Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Soeprapto, yang menyatakan jika Sirkuit Internasional Sentul rancangan desainer kenamaan Hermann Tilke, juga didesain untuk memenuhi standar sirkuit balap Formula One atau biasa disebut dengan F1.

“Kalau MotoGP sukses di Indonesia tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa menyelenggarakan F1,” ujar Tinton, dipetik dari KompasOtomotif, hari Sabtu (28/11).

Mantan pebalap Indonesia tersebut juga mengungkapkan jika ke depannya jika Sirkuit Internasional Sentul sudah jadi direnovasi, maka Indonesia berpotensi untuk menjadi tuan rumah ajang balap bergengsi, khususnya untuk benua Asia. Misalnya ajang balap yang bisa dijamah Sentul adalah Southest Asia Formula 1 in Sentul.

separator

“Jadi seperti negara-negara di Asia lainnya sewa ke Indonesia. Itu juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Kami percaya diri karena Sentul didesain oleh Tilke yang sudah berpengalaman. Sirkuit di dunia, 70-80 persennya didesain oleh dia,” tambahnya.

Untuk saat ini sendiri, di Indonesia memang ajang balap MotoGP lebih populer ketimbang ajang balap F1. Tetapi sebenarnya tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang fanatik terhadap ajang balap F1 dan berharap jika Indonesia ke depannya akan menjadi tuan rumah balapan F1, setelah MotoGP 2017 sukses digelar.

Sementara mengenai informasi terkait penyelenggaraan ajang F1 di Sirkuit Internasional Sentul, menurut perkiraan tahun 2019 Indonesia baru bisa mneyelenggarakan ajang balap F1. Bahkan dengan rencana tersebut bukan tidak mungkin jika Indonesia akan menjadi salah satu negara yang bisa menggelar dua perhelatan balap terpopuler di dunia dalam waktu bersamaan. Meskipun baru sebatas rencana, namun mengingat keseriusan pemerintah hal ini bisa menjadi momentum yang tepat untuk kebangkitan olahraga otomotif di Indonesia, serta bisa mensitimulus generasi pebalap di Tanah Air untuk lebih berprestasi. Baca juga Pabrikan Sepeda Motor Diminta Bergabung di Ajang MotoGP Indonesia dan Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Salah Satu Seri Balapan MotoGP Musim 2017.

Top