Gearbox Banyak Masalah, Yamaha Recall R1 dan R1M

Yamaha Lakukan Penarikan Massal di Seluruh Dunia untuk R1 dan R1M – Yamaha Gobal yang bermarkas di Amerika Serikat telah mengumumkan untuk melakukan penarikan massal atau biasa disebut dengan recall untuk sepeda motor bersegmen superbike mereka, yakni Yamaha R1 dan Yamaha R1M. Penarikan massal dilakukan pasalnya pada kedua motor mahal tersebut ditemui masalah terkait dengan gear transmisinya.

Gearbox Banyak Masalah, Yamaha Recall R1 dan R1M

Masalah yang menimpa gear transmisi YZF-R1 dan YZF-R1M tersebut dikatakan dapat berimbas pada hal-hal yang membahayakan pengendara. Dimana dengan roda gigi yang bermasalah, bisa membuat pengendara kecelakaan. Apalagi komponen Yamaha pada bagian tersebut juga dinilai memiliki ketahanan yang cukup buruk.

Permasalahan pada gear dimulai ketika pengendara menginjak gigi ke posisi dua, tiga, kemudian empat. Diinformasikan jika pengendara kurang berhati-hati dalam menginjak posisi gigi, hal tersebut bisa berakibat fatal dengan pecahnya gearbox apalagi saat motor digeber dalam rpm yang tinggi.

Jika di pasaran global, yakni Yamaha R1 dan Yamaha R1M sudah dilakukan recall, bagaimana dengan motor yang dipasarkan di Indonesia? Saat dikonfirmasi mengenai masalah tersebut, pihak Yamaha Indonesia mengaku belum mendapatkan instruksi resmi dari Yamaha Global. Sehingga untuk saat ini belum ada tindakan apakah Yamaha Indonesia juga turut melakukan penarikan terhadap Yamaha R1 dan Yamaha R1M.

”Kami belum mendapat informasinya, jadi kami masih menunggu. Kami kan informasinya dari servis kalau soal policy itu. Jadi maaf saya belum bisa informasikan,” terang Mohammad Masykur, selaku Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sedangkan Masykur juga mengungkapkan jika sampai saat ini belum ada komplain dari penunggang Yamaha R1 dan Yamaha R1M di Tanah Air. Secara jumlah unit, ada sebanyak 10 unit Yamaha R1 dan Yamaha R1M dimiliki oleh konsumen Indonesia. Jumlah tersebut meningkat pasca perhelatan GIIAS 2015 pada bulan Agustus kemarin.

Sebagai tambahan informasi saat ini di Indonesia, Yamaha R1 dijual dengan harga mulai Rp 495 jutaan. Sedangkan untuk harga Yamaha R1M dipatok dengan harga dari Rp 645 jutaan. Kedua harga tersebut adalah harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Baca juga R25 dan NMAX Produksi Indonesia Kian Populer di Luar Negeri dan Yamaha MT-10 Segera Dirilis.

Top