Segera Hadir, Akankah Yamaha MT-15 Gerus Pasar V-ixion?

Yamaha Nyatakan MT-15 dan V-ixion Akan Bersanding – Yamaha MT-15 yang rencananya akan dihadirkan pada awal tahun 2016 mendatang disebut-sebut mengancam eksistensi Yamaha V-ixion yang selama ini menjadi andalan Yamaha Indonesia di segmen motor sport entry level 150cc. Seperti kita tahu, Yamaha MT-15 sendiri akan diluncurkan di Thailand terlebih dahulu dengan nama Yamaha M-Slaz. Bila nanti hadir di Indonesia, maka MT-15 akan menempati pangsa pasar yang sama dengan V-ixion yaitu di segmen sport naked 150cc.

yamaha-nyatakan-mt-15-dan-v-ixion-akan-bersanding

Meski begitu, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) menegaskan bahwa mereka telah memikirkan strategi pasar agar Yamaha MT-15 dan V-ixion tak saling berbenturan. Yamaha mengambil sisi positif dengan kehadiran MT-15, yakni semakin bervariasinya pilihan motor sport 150cc besutan Yamaha.

”Saya lagi-lagi belum dapat informasi dari atas, bagaimana positioning (segmentasi MT-15 dan V-ixion) keduanya. Tapi kalau dari kacamata saya pribadi, mereka (V-Ixion dan MT-15) ini beda aliran. Ini feeling saya, tidak mewakili Yamaha,” ucap Mohammad Masykur, Asisten GM pemasaran YIMM, saat ditemui awak media pada Kamis (26/11).

Masykur menilai bahwa Yamaha V-ixion tetap akan menjadi andalan di segmen sport entry level karena dianggap lebih cocok digunakan sebagai kendaraan harian. Sementara MT-15 akan lebih menjadi representasi model sport global Yamaha yang berdarah MT- Series dengan tampang lebih agresif dan karakter yang berbeda.

separator

”Indikasinya, MT-15 dan V-Ixion akan sama-sama dijual berdampingan. Sejauh ini saya belum melihat apakah MT-15 nantinya akan menggantikan V-ixion,” ucap Masykur.

Tanda-tanda goyahnya dominasi Yamaha V-ixion di kelas sport 150cc memang mulai nampak. Penjualan V-ixion pada Oktober 2015 tiba-tiba anjlok drastis. Dari yang biasanya 35.000-an, pada bulan lalu penjualannya hanya mampu mencapai 18.000-an. Ada indikasi bahwa konsumen mulai ‘wait and see’ karena Yamaha MT-15 akan hadir sebentar lagi.

Yamaha V-ixion sendiri saat ini memang baru saja mendapat pesaing berat dari rivalnya, Honda CB150R StreetFire yang versi facelift-nya baru saja dirilis pada Agustus lalu. Kabarnya, Yamaha MT-15 ini dihadirkan untuk ‘menggebuk’ balik Honda CB150R yang kini mulai menggoyang dominasi V-ixion di kelas sport 150cc. Baca juga Bocoran Foto Yamaha MT-15 Beredar di Thailand dan Suzuki Satria F150 Karburator Stop Produksi.

Top