Perang Strategi Honda Versus Yamaha di Kelas Sport 150cc

Honda dan Yamaha Siapkan Motor-motor Terbaiknya di Kelas Sport 150cc – Jika diperhatikan, ada tren baru yang tengah melanda dunia otomotif roda dua di Indonesia. Dalam kurun waktu beberapa kesempatan terakhir, pabrikan-pabrikan besar otomotif dunia seakan lebih sering menggempur pasar sepeda motor Indonesia dengan jenis motor sport entry level berkapasitas mesin 150cc. Dua pemain besar yang meramaikan segmen ini tentunya adalah Honda dan Yamaha.

honda-dan-yamaha-siapkan-motor-motor-terbaiknya-di-kelas-sport-150cc

Yamaha memulai tren motor sport bermesin 150cc ketika mereka pertama kali menghadirkan seri Yamaha V-ixion yang dianggap sebagai cikal bakal hitsnya motor naked alias half-fairing. Kini, V-ixion telah memasuki generasi ketiga dengan Yamaha V-ixion Advanced sebagai seri pamungkasnya. Bertahun-tahun menjadi ‘raja’ di kelas sport entry level 150cc, dominasi pabrikan Garpu Tala dengan V-ixion-nya pun mendapat penantang serius. Adalah Honda yang melahirkan generasi CB150R StreetFire dengan model yang serupa V-ixion, yakni naked sport bike.

Advertisement

Eksistensi Yamaha V-ixion pun semakin terancam ketika Honda menelurkan versi facelift dari CB150R StreetFire dengan nama All New Honda CB150R StreetFire yang kini mengusung dimensi lebih gambot serta memiliki aksen lekukan bodi lebih tajam khas moge. Mendapat desakan yang cukup keras dari sang rival, mau tak mau Yamaha pun mengatur strategi baru.

Dalam beberapa hari terakhir, dunia otomotif Indonesia khususnya di segmen roda dua dihebohkan oleh kabar segera hadirnya generasi baru dari Yamaha MT Series. Adalah unit Yamaha MT-15 yang siap dihadirkan untuk memperkuat line-up Yamaha di segmen sport entry level berkapasitas 150cc. Kabar segera hadirnya MT-15 pun diperkuat dengan munculnya sosok yang mengarah pada MT-15 dites di jalanan Indonesia, berbarengan jalan dengan New V-ixion Advance. MT-15 sendiri sudah tertangkap di Thailand dengan nama Yamaha M-Slaz.

Kehadiran MT-15 ini konon sebagai jawaban Yamaha atas munculnya versi facelift CB150R StreetFire lansiran Honda yang mulai menggoyang dominasi V-ixion. Persaingan dua pabrikan besar asal Jepang di tanah Indonesia ini pun dipastikan akan semakin menarik.

Selain pastinya ‘perang’ teknologi yang kualitas keduanya tak perlu diragukan lagi, tentunya adu strategi antara Honda dan Yamaha juga sangat menarik untuk diperhatikan. Ketika New V-ixion Advanced muncul dengan desain baru yang aroma sporty-nya semakin kental, Honda pun menjawab dengan konsep futuristik dalam sosok All New CB150R StreetFire.

Dan kini, Yamaha tengah menyiapkan unit MT-15 sebagai jagoan barunya di segmen sport 150cc. Meski hingga kini belum bisa dipastikan positioning MT-15 apakah akan berdampingan dengan V-ixion di kelas sport entry level, atau menempati kelas tersendiri, tentunya hal ini sangat menarik untuk ditunggu.

Bila Yamaha sudah menyiapkan amunisi terbarunya, lantas bagaimana taktik Honda berikutnya? Kita tunggu saja cerita menarik selanjutnya! Baca juga Yamaha Nyatakan MT-15 dan V-ixion Akan Bersanding dan Wunderlich Berhasil Rombak BMW R1200GS Jadi Motor Hibrida.

Top