Inovasi Penggerak 2WD, Sulap Motor Jadi Hibrida

Wunderlich Berhasil Rombak BMW R1200GS Jadi Motor Hibrida – Apa jadinya jika sebuah sepeda motor memiliki dua buah pengggerak roda sekaligus? Inilah yang terjadi pada BMW R1200GS. Wunderlich, perusahaan modifikasi dari alfamarket BMW asal Jerman ini telah menenukan strategi luar biasa untuk mempromosikan usahanya tersebut. Mereka memang merupakan perusahaan yang cukup canggih dalam melakukan perombakan dari model-model BMW yang tentu saja akan sanggup memukau para penggemar otomotif dunia.

wunderlich-berhasil-rombak-bmw-r1200gs-jadi-motor-hibrida

Seperti kali ini, di ajang EICMA 2015 yang digelar di Milan, Wunderlich telah selesai menggarap konsep spesial dari basis BMW R1200GS. Pada proyek ini, Wunderlich mengubah motor tersebut menjadi dua penggerak roda sekaligus atau two-wheel-drive. Untuk pola yang dilakukan dalam menyatukan dua kaki tersebut, rupanya mereka menggunakan strategi yang sangat jitu, yakni dengan memanfaatkan drivetrain hybrid dengan memanfaatkan motor listrik buatan vendor Italia, Evolt untuk bagian roda depan.

Pihaknya kemudian mengumumkan bahwa karya tersebut diberinya nama denganBMW R1200 LC. Dengan detai teknis yang mengusung tenaga 10 kw untuk menggerakkan roda depan dan dikolaborasikan dengan mesin GS boxer-twin berkapasitas 1200 cc untuk penggerak roda bagian belakang.

Apabila kemudian daya baterai telah terpakai dan menimbulkan reduksi, maka secara otomatis ia akan mencarge ulang dengan memanfaatkan ketersediaan regenerative braking untuk memberikan daya kepada baterai yang tersemat di bagian rem depan.

Pada saat roda berpenggerak hybrid atau roda depan digerakkan tanpa mendapatkan bantuan dari roda belakang, ia akan sanggup melaju hingga 19 kilometer per jam.

Masih sama seperti teknologi 2WD yang lainnya, sistem ini juga sangat membantu apabila harus melewati medan-medan berlumpur karena roda depan dan belakang akan bekerja dengan saing berkesinambungan.

Advertisement

Ide tersebut memang tergolong sangat cerdik dan sangat berguna bagi para pemula yang sering kali mengalami kesulitan pada saat terjebak pada medan yang sulit. Selain itu, konsep tersebut juga cocok sebagai sepeda motor adventure  bahkan bisa juga dirancang untuk sebuah motor dirtbike untuk pengembangan lanjutan dari konsep ini.

Namun pihak pengembang  tidak membeberkan berapa banyak biaya yang dilakukannya untuk menciptakan konsep ini. Baca juga Bocoran Foto Yamaha MT-15 Beredar di Thailand dan Yamaha Lakukan Penarikan Massal di Seluruh Dunia untuk R1 dan R1M

Top