Hadapi MT-15, Apa Strategi Honda?

CB190R, Senjata Honda Hadapi Gempuran MT-15 – Di Indonesia, perang antara dua pabrikan Jepang yakni Honda dan Yamaha seperti tidak pernah ada habisnya. Mulai dari varian matik 150 cc hingga merujuk ke bebek super 150 cc, lalu dilanjutkan  ke segmen sport 150 cc, sampai yang terbaru Yamaha sudah menyiapkan amunisinya untuk segmen naked bike 150 cc anyar lewat Yamaha MT-15 yang juga memiliki basis mesin sama dengan YZF-R15.

Hadapi MT-15, Apa Strategi Honda?

Padahal jika kita cermati Yamaha sudah cukup mapan dengan varian V-Ixion. Tetapi melihat Honda yang merilis motor naked bike 150 cc-nya lewat CB150R Facelift yang ternyata langsung mendapatkan posisi atas di peta persaingan motor sport 150 cc, akhirnya membuat Yamaha berpindah haluan. Dirasa tidak akan cukup jika hanya andalkan V-Ixion, Yamaha lantas menyiapkan MT-15 yang notabene adalah motor naked bike dengan kubikasi mesin 150 cc namun memiliki tampilan dan juga fitur jauh berbeda dengan V-Ixion.

Advertisement

Melihat potensi MT-15 yang sejauh ini cukup positif, ternyata Honda belum mempersiapkan amunisi untuk menghadapi sport naked bike Yamaha terbaru itu. Jika harus mengeluarkan CBR 150 versi naked bike juga mustahil, sebab Honda sudah memiliki CB150R Facelift yang dirasa sudah cukup ideal sebagai versi naked bike CBR.

Tetapi jika dilihat secara head to head jelas antara CB150R dan MT-15 berbeda value, dimana untuk MT-15 memiliki banyak keunggulan dibandingkan CB150R. Sebut saja shock USD, swing arm ala R15, desain sangar, serta bentuk lampu depan yang jauh lebih gagah dengan aura street fighter yang kental. AHM sendiri mengaku belum menyiapkan strategi untuk menghadang laju MT-15, yang ada saat ini AHM sedang fokus untuk mengembangkan CB150R serta melihat situasi di lapangan.

Tetapi jika menilik tingkat agresivitas Yamaha, Honda bisa saja sebenarnya sudah menyiapkan amunisi untuk mengempur pasar naked bike entry level. Catat, Honda punya varian CB190R yang secara fisik tak kalah dengan MT-15. CB190R sendiri juga sudah dilengkapi dengan shock USD, headlamp yang rendah, spakbor belakang model gantung, kanlpot underbelly, dan bekal mesin 190 cc namun masih SOHC. Secara power, CB190R juga hampir setara dengan MT-15. Namun untuk memproduksi CB190R di Indonesia sendiri juga bukan hal yang mudah. AHM perlu melihat dulu potensi MT-15 setelah resmi rilis di Indonesia, setelah itu baru kita bisa ketahui secara gamblang strategi Honda selanjutnya. Baca juga Januari 2016 Suzuki Satria FI Rilis dan Honda dan Yamaha Siapkan Motor-motor Terbaiknya di Kelas Sport 150cc.

Top