Kepastian MotoGP Indonesia Diumumkan Februari

Gelaran MotoGP Indonesia Masih Menunggu Kesiapan Infrastruktur – Kalender MotoGP musim 2017 menjadi yang paling ditunggu oleh penggemar balap di Indonesia. Pasalnya, balapan motor paling bergengsi sejagad itu akan menggelar salah satu serinya di Indonesia. MotoGP Indonesia menjadi satu ajang yang dinanti-nanti banyak pihak, termasuk masyarakat Indonesia sendiri. Namun hal ini tak luput dari kekhawatiran bahwa penyelenggaraan MotoGP di Indonesia kurang siap, bisa batal, atau bahkan parahnya malah berujung pada sanksi.

gelaran-motogp-indonesia-masih-menunggu-kesiapan-infrastruktur

Meski tengah dilanda euforia tinggi karena balap MotoGP akan dihelat di Tanah Air, namun kekhawatiran pun turut membayangi hajatan besar tersebut. Kekhawatiran ini muncul karena pandangan bahwa Indonesia dinilai belum memiliki sirkuit bertaraf internasional. Sirkuti Internasional Sentul yang merupakan satu-satunya sirkuit yang dianggap layak menggelar balapan bertaraf internasional pun harus direnovasi terlebih dahulu.

Banyak kalangan menilai bahwa secara infrastruktur Indonesia belum benar-benar layak untuk menggelar event kelas dunia macam MotoGP, sementara rencananya ajang ini akan dilangsungkan pada 2017.

Menanggapi hal ini, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nachrawi memberikan tanggapan bahwa yang terjadi saat ini dengan pihak Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP baru sebatas Letter of Intent (LOI) dan belum memiliki kontrak.

separator

“Belum ada ikatan hukum, kecuali nanti setelah kita terikat kontrak, dan jika ada nanti poin yang bergeser, barulah muncul sanksi dari operator. Tetapi sejauh ini belum,” ujarnya.

Lebih lanjut Menpora menyatakan bahwa saat ini semua pihak yang terlibat dalam persiapan gelaran MotoGP di Indonesia sedang menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, termasuk peraturan presiden agar semua pihak bisa ikut serta di dalamnya.

“Kami sedang menyiapkan rancangan peraturan presiden karena ini harus kita tarik jadi gawe (hajatan) negara. (Tahapan lebih jauh belum) karena ini kan baru LOI, bahwa ada komitmen dari pemerintah soal kesanggupan bahwa kita serius untuk menyiapkan MotoGP,” tambahnya.

Lalu, kapan masyarakat Indonesia bisa memperoleh kepastian mengenai penyelenggaraan MotoGP?

“Mungkin Februari,” tegas Menpora.

Kita tentu berharap bahwa semua persiapan berjalan lancar agar bangsa Indonesia bisa menyaksikan aksi jagoan-jagoan MotoGP berlaga di Tanah Air. Baca juga Pabrikan Sepeda Motor Diminta Bergabung di Ajang MotoGP Indonesia dan Desain Sirkuit Sentul Juga Dirancang untuk Balapan F1.

Top