Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza – Setelah kemarin kita disuguhi dua unit mobil sport multifungsi dan juga pikap dari Mitsubishi, sekarang kita akan menyapa deretan mobil baru lansiran pabrikan yang sama-sama dari Jepang, yakni Toyota. Jika Mitsubishi menyasar segmen SUV dan pikap, maka sang pesaing Toyota justru merambah level multi purpose vehicle (MPV) lewat Grand New Toyota Avanza dan juga Toyota Veloz. Rabu (12/8) kemarin, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merk Toyota secara resmi merilis generasi ketiga dari ‘mobil sejuta umat’ Avanza. Mungkin Anda akan sedikit bertanya mengapa kali ini Toyota memisahkan antara Toyota Avanza dengan Toyota Veloz. Memang, sebelumnya varian Veloz merupakan bagian dari keluarga besar Avanza yang menempati kelas tertinggi dengan nama Avanza Veloz. Namun kali ini, Grand Veloz ‘dipisahkan’ dari Avanza dan akan mengusung varian sendiri, meskipun masih disematkan emblem ‘Avanza’ pada tubuhnya. Nah pada kesempatan pertama ini, Mas Sena akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai sosok Toyota Avanza versi terbaru ini.

toyota avanza

Toyota Avanza

Label ‘Grand New’ yang tersemat pada nama Toyota Avanza pastinya akan membuat Anda membayangkan sosok Avanza yang benar-benar ‘grand’ dan ‘new’. Memang benar sekali, label grand kali terwakili oleh desain eksterior New Toyota Avanza yang tampil dengan konsep bodi yang lebih terlihat mewah dan stylish. Sementara label new pada kendaraan MPV andalan Toyota ini muncul pada desain fascia depan yang memiliki bentuk lampu baru dengan ujung headlamp runcing. Selain itu, ubahan pun juga sampai pada bagian buritan Toyota Avanza yang menggunakan aksen lampu utama bagian belakang yang baru. Secara keseluruhan, desain eksterior pada Grand New Avanza ini memang benar-benar terlihat lebih elegan. Lalu, bagaimana dengan bagian interiornya? Apakah mendapat sentuhan pembaruan juga? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Avanza pada segmen-segmen di bawah ini.

harga mobil avanza

Harga Mobil Avanza

Spesifikasi Avanza

Eksterior Hadir dengan Desain Headlamp Baru dan Front Grille Lebih Mewah

Sudah siap mengenal Grand New Avanza ini? Tak perlu berlama-lama lagi, yuk kita intip spesifikasi Avanza bagian per bagian. Pertama, kita akan melihat desain eksterior generasi ketiga dari Avanza ini. Seperti yang sudah Mas Sena ungkapkan pada bagian awal tadi, desain bodi pada Grand New Toyota Avanza ini memang lebih aduhai daripada versi awal dan juga generasi keduanya. Dari depan, Anda akan disuguhi wajah baru Avanza yang lebih cakep. Toyota menyematkan desain head lamp baru pada New Toyota Avanza ini. Jika versi sebelumnya Avanza memiliki desain lampu utama berbentuk bumerang, maka kali ini Toyota mengusung desain lampu utama klasik berbentuk trapesium dengan ujung meruncing keluar ke bagian bodi samping. Selain itu, Toyota Avanza versi baru ini juga memiliki desain grille radiator baru yang ukurannya lebih besar dari Avanza versi lawas. Bentuk grille horizontal itu akan memberikan aura gagah dan mewah pada New Toyota Avanza ini. Bergerak ke samping. Toyota memberikan aksen New Side Body Molding pada Avanza generasi baru ini. Aksen molding pada bodi samping Avanza ini akan memberikan aura sporty yang lebih kuat. Lalu, berpindah ke bagian buritan atau bodi belakang, kita akan disuguhi tampilan baru yang sangat berbeda dengan Toyota Avanza generasi lama. Toyota sebenarnya masih mengusung konsep lampu utama vertikal pada Gran New Avanza ini. Namun untuk memberikan aura baru yang lebih segar, kali ini Avanza versi baru dibekali dengan aksen New Smoothing Panel. Kemudian, Toyota Avanza juga dibekali dengan lampu belakang berbentuk baru dengan tambahan Lens Garnish. Terakhir, spesifikasi Toyota Avanza pada bagian desain eksterior ini dilengkapi dengan rear spoiler dan juga stop lamp baru.

spesifikasi avanza

Spesifikasi Avanza

Ruang Kabin Semakin Nyaman Berpadu Fitur Entertainment Baru

Sekarang saatnya kita masuk ke dalam kabin untuk menilik spesifikasi Avanza di bagian interiornya. Kita mulai dari kabin bagian depan. Toyota sebenarnya masih mempertahankan konsep kabin Avanza versi lama pada versi terbarunya ini. Namun pastinya Toyota juga tetap memberikan beberapa sentuhan baru untuk memperkuat aura kemewahannya. Pada bagian kemudi Toyota Avanza ini, kita akan mendapat sajian berupa dashboard modern dengan dua aksen warna yang berbeda, gelap pada bagian atas dan terang pada bagian bawah. Bagian tengah dashboard pada Grand New Toyota Avanza diisi oleh panel layar Multi Information Display (MID) yang menggunakan panel layar LCD. Di bawah layar MID ada tombol audio dan juga AC. Lalu, pada bagian ruang kendali Toyota Avanza sebelah kanan tepat di depan setir ditempati oleh panel speedometer yang terdiri dari tiga lingkaran. Pada panel ini dilengkapi juga dengan ECO lamp indicator, fuel indicator, serta indikator lampu utama dan lampu sein. Bergerak ke kabin penumpang, New Toyota Avanza ini dibekali dengan ruang kabin yang lebih luas yang dilengkapi dengan jok yang sangat empuk. Toyota juga telah memasangi semua kursi pada New Avanza ini dengan recleaning system yang memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri kenyamanan kursinya. Tak lupa pula, spesifikasi Toyota Avanza pada bagian interior ini dibekali dnegan pengaturan fleksibilitas kursi baris ketiga yang bisa diatur untuk penumpang atau barang.

spesifikasi toyota avanza

Spesifikasi Toyota Avanza

Dimensi MPV yang Pas dan Cocok Untuk Bepergian Sekeluarga

Ruang kabin yang nyaman pastinya harus didukung pula oleh dimensi yang lega dan sasis kokoh. Nah kali ini, spesifikasi Avanza pada bagian dimensinya memang masih mengusung konsep yang hampir sama dengan generasi lamanya. Secara fisik Grand New Toyota Avanza ini memiliki ukuran tubuh 4.190 x 1.660 x 1.695 mm dengan bobot kosong mencapai 1.085 kg. Dengan jarak sumbu roda mencapai 2.655 mm tentunya akan memudahkan pengemudi untuk bermanuver di jalan. Sebenarnya, ukuran tubuh New Toyota Avanza ini tak terlalu berbeda jauh dengan versi lamanya. Hanya saja Grand New Avanza ini memiliki bodi yang nampak lebih besar. Untuk mendukung stabilitas dan kenyamanan penumpangnya, Avanza generasi baru ini menggunakan sistem suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan juga per koil pada suspensi belakang. Sedangkan untuk memberikan pengereman sempurna, Toyota Avanza generasi baru ini menggunakan rem cakram untuk bagian depan, serta rem model drum pada bagian belakang. Pada bagian kaki-kaki, spesifikasi Toyota Avanza ini dibekali dengan desain velg baru 14 inci yang dibalut ban berukuran 185/70.

Review Toyota Avanza

Review Toyota Avanza

Advertisement

Dapur Pacu Makin Bertenaga dan Irit Berkat Teknologi Mesin Dual VVT-i

Saatnya membedah spesifikasi Avanza pada bagian ruang dapur pacunya. Toyota sendiri menyediakan Grand New Avanza dalam dua pilihan kapasitas isi silinder, yaitu Grand New Avanza 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan juga Grand New Avanza 1.5L dengan mesin 1.500 cc. Meski kubikasinya berebeda, namun basis mesin Grand New Toyota Avanza masing-masing tipe tetap sama. Toyota mengusung tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Keberadaan teknologi Dual VVT-i dan disokong dengan sistem pasokan bahan bakar EFI akan membuat performa Toyota Avanza tetap bertenaga sekaligus irit konsumsi BBM. Mesin pada Grand New Toyota sendiri mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 95.5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan oleh mesin ini adalah sebesar 12,3 Nm pada 4.200 rpm. Mesin pada spesifikasi Toyota Avanza generasi baru ini menggunakan bahan bakar bensin dan akan digerakkan oleh transmisi empat percepatan. Toyota sendiri menghadirkan Grand New Avanza dalam tipe transmisi otomatis dan juga transmisi manual.

Fitur Keamanan dan Hiburan Tersedia Lengkap

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Avanza pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Untuk fitur kenyamanan dan hiburan, Toyota membekali Grand New Avanza ini dengan fitur audio entertainment baru yang akan menemani perjalanan Anda. Kemudian, kursi baris kedua pada Toyota Avanza ini telah dilengkapi dengan fitur One Touch Tumble yang berfungsi untuk memudahkan mengatur posisi kursi. Grand New Toyota Avanza pun juga telah mengadaptasi teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin dan memastikan Anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar. Sedangkan untuk fitur keamanan, Toyota Avanza generasi baru ini telah dilengkapi dengan fitur 3-points seat belt untuk penumpang di kursi baris kedua. Selain itu, Toyota juga memasang seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang akan menghindarkan Anda dari cidera fatal saat terjadi benturan keras. Tak lupa pula fitur SRS Airbags untuk meningkatkan keselamatan penumpangnya. Spesifikasi Toyota Avanza pada bagian fitur-fiturnya semakin sempurna dengan immobilizer key dan juga standar keamanan ISOFIX yang merupakan standar keamanan internasional untuk pemasangan child seat.

Toyota Avanza

Mesin
Tipe Mesin IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1,329 cc
Diameter x Langkah
Daya Maksimum 95.5 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 12,3 / 4.200 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tangki 45 L
Steering
Dimensi
P x L x T 4.190 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Jarak Pijak Depan 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 200 mm
Sasis
Transmisi 4-Speed A/T (M/T available for type G/E)
Suspensi Depan Macpheron Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 4-Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Steering Gear Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban 185/70 R14

Harga Avanza

Menurut Anda, spesifikasi Grand New Avanza ini bagaimana? Mewah sekali, bukan? Nah jika tadi kita sudah membahas spesifikasinya secara lengkap, sekarang kita akan membahas kisaran harga Avanza ini. Namun sebelum kita berbicara banyak mengenai harganya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai apa yang sudah kita bahas tadi. Secara spesifik, Grand New Toyota Avanza ini memang sangat memikat hati. Dengan desain eksterior baru yang meliputi headlamp, grille, dan juga spoiler bagian belakang, MPV andalan Toyota ini benar-benar tampil lebih mewah dan elegan. Selain itu, Mas Sena pun berpendapat bahwa kisaran harga Toyota Avanza ini akan sedikit banyak dipengaruhi oleh fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya, seperti SRS airbags, 3-points seatbelt untuk penumpang tengah, dan juga fitur cabin quitness yang akan membuat Anda semakin menikmati perjalanan bersama keluarga. So, dengan membawa segala kemewahan di atas, harga Avanza ini berapa ya?

harga avanza

Harga Avanza

harga toyota avanza

Seperti lazimnya mobil-mobil lain, banderol harga Avanza ini disesuaikan dengan masing-masing tipenya. Untuk tipe paling rendah, yaitu Grand New Avanza tipe E 1.3 manual, harganya adalah Rp 184.2 jutaan. Meski merupakan tipe terendah, Grand New Toyota Avanza tipe E 1.3 ini cocok buat Anda yang berada di daerah karena performa mesinnya tak kalah tangguh dengan tipe lainnya. Sedangkan untuk harga mobil Avanza yang paling mahal ditempati oleh tipe G 1.5 transmisi manual yang harganya sekitar Rp 214.6 jutaan. Untuk tipe G 1.5L ini mungkin sangat pas bagi Anda yang menginginkan MPV berkabin lega dan nyaman, namun performa mesinnya juga sangat tangguh. Dengan variasi harga Avanza ini, pasti akan semakin memudahkan Anda untuk memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Harga Toyota Avanza

Tipe Harga
Toyota Avanza Type E 1.3 M/T Rp 184.200.000,-
Toyota Avanza Type E 1.3 A/T Rp 195.400.000,-
Toyota Avanza Type G 1.3 A/T Rp 213.000.000,-
Toyota Avanza Type G 1.3 M/T Rp 202.300.000,-
Toyota Avanza Type G 1.5 M/T Rp 214.600.000,-
Daftar Harga Mobil Toyota

Catatan : 

  • Harga Avanza diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Avanza

Secara umum, kisaran harga Avanza di atas memang masih wajar untuk segmen low MPV di Indonesia. Jika kita melihat para pesaing Avanza seperti Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina atau Honda Mobilio, banderol harga Toyota Avanza tersebut memang sangat kompetitif. Namun perlu Mas Sena ingatkan, bahwa kisaran harga mobil Avanza di atas masih bersifat tentatif dan berlaku OTR kawasan Jakarta saja. Nah, bagi Anda yang sudah jatuh cinta pada mobil baru Toyota ini, Mas Sena menyarankan untuk langsung mendatangi diler resmi Toyota di kota Anda untuk mengkonfirmasi harga Avanza secara lebih terperinci. Baca juga ulasan menarik Mas Sena mengenai Toyota Avanza Veloz dan Honda Mobilio.

  • slametrapratama

    Selamat pagi bpk / ibuk yg saya hormati….

    Saya sangat ingin sekali mempunyai mobil pribadi, namun mustahil dengan keadaan saya yg belum jelas pekerjaan nya,

    Mohon bantuan bpk / ibuk … Apakah ada kesempatan atau jalan saya untuk memiliki mobil sendiri,

    Atas kebijaksanaan bpk / ibuk, saya ucapkan ribuan terima kasih

    Hormat saya

    Slametrapratama@gmail.com

    • Prana Pratiata

      Berjalan itu harus selangkah demi selangkah… Begitu juga dengan kehidupan, daripada memikirkan mengenai keinginan memiliki kendaraan pribadi lebih baik mulai memikirkan kepastian atas pekerjaannya lebih dahulu nanti jika sudah pasti baru mulai rajin menabung untuk membeli kendaraan pribadi.

      • teguh

        Terima nasib aja mas,syukuri apa yang di beri sama Tuhan YME……

      • yuni pesek

        naik becak lebih adem udara alami ckckckckck

    • heru mulyanto

      Selagi ada usaha dan doa disitu ada jalan tetap semangat…

    • anton yulius

      Tulis Loterai dapat baru beli mobil , tidak dapat makan tanah . Hahaahaaaaaaaaaaaaa………

    • pekol abadi

      Jual tanah dlu solusinya. gak harus ngurusin kerja, nganggu aja gpp. syaratnya punya tanah, hahaa

    • no

      ikut tinju gaya bebas sampai bonyok entar kan bisa dapat uang beli mobil xi.xi..xi kyak si pack man tuh

      • ersa

        apanya yang ditonjok mas

    • dede

      nasib kita sama ya pak, nanti kalo ada yang mau ngasih mintain buat saya satu ya

      • Bagoes Yoega

        haha setuju pak

    • miss Lenny

      tuhan tidak akan merubah nasib seseorang kalau orangnya tersebut tidak mau merobahnya,jangan pasrah terhadap nasib karena nasib ada di tangan kita terkecuali takdir itu baru dari ilahi,kita harus punya mimpi dan berbesar hati manjada wajada

      • Walada

        Setuju mbak.

    • Mico

      Dear Pak Slamet,
      Tetaplah pelihara mimpimu, karena dari itu kita mendapatkan kekuatan dan motivasi untuk mewujudkan cita-cita kita. Saya berdoa, semoga bapak mendapatkan kesempatan dan jalan untuk mencapai impian bapak.
      Jangan pedulikan apa pun komentar orang-orang tentang impian bapak dan memperlakukan bapak dengan buruk melalui ucapan-ucapannya. Mohon diingat,jika seseorang seseorang memperlakukan bapak dengan buruk, ingatlah bahwa ada sesuatu yang salah dengan mereka bukan didiri bapak. Orang yang normal tidak akan pernah menghancurkan orang lain (impian).
      Salam.

      • purwo

        Jawaban yang bijaksana

    • hariadi

      Cari seken om

  • Heni Heryani

    hhhhhhhh lucu2 yang komen disini

    • tukang batu

      Lucu bagaimana?emang pelawak

      • tarsisius eri

        lucu kali ah masa jual tanah sih untuk beli mobil wkwkwkw

  • nurfaizin

    Smg ana dapat membelinya Aamiin….

    • ifan

      Ha haha ha ha

  • zakkan husni

    mimpi ingin punya mobil boleh…untuk motivasi agar semangat bekerja

  • ahmad yani

    Untk avanza type g dp 100jt / bulqn,nya brpa ya tuk 3 thn atau 4 thn slm trimakasih

  • luqman

    mobil di showroom atau dealler tetap ada yang penting ada uang,ada uang ada barang

  • heru hermawan

    Ikutan kayaknya seru tuh ada yg punya barang 2014 untuk avanza

    • al buqori

      Ada 2015 dijual 167 jt.avanza tipe G

  • rose ningsih

    Dp 120 angsuran nya brp untuk 36 bln mohon info

    • Tomblos

      Bulanan 2 jt ke kesana sejeti ke saya 🙂

  • ninek arekdam hoi

    Berhrp ada cclan mobil seumur hidup hehehe

    • aman rachman

      Semua org pasti punya keinginan dan cita cita tidak ada slah nya…tpi yg palin penting suuaikan dgn kemampuan kita sendiri agar kita tdk bingug kmudian….

      • sumaryanto

        Insya allah kalau ada Rezeki tahun depan Beli Mobil Avanza

  • barrdande

    nebeng lahhh

  • pesan tas seminar

    bagus tuh…mobilnya

  • Indry

    aku pengen banget punya mobil….nasib deh

    • Ari

      Bikin tambah macet jalan broo..contoh kemarin mudik tuh di brebes.xixi

  • Rien Athera Azahra Azahra

    Insyaaallah bs ke beli,,,,amiinn , ,,,

  • Subandar

    Befikir yang realistis saja, kalau yg diharapkan itu mustahil….. jangan harap ada jalan keluar….

  • RASTIMAN Rastiman

    Klo DP 50jtberpa angsur per bulan Utk 48x dn yg DP 14jt berpa tuk 48 bln angsurnya..untuk type G..

  • Yudie Ardiansyah

    Punya pekerjaan juga kalo ngga ada penghasilan tambahan sulit buat punya mobil

    • tarsisius eri

      bener mas gaji saya cuma dua juta gimana mau punya mobil

  • M.Fajril Huda

    Siapa yg pngen punya mobil?tunjuk jari yaa haha

  • Mia Mia Conection

    Insya Allah bulan depan beli avanza ma innova wat rental, hasil dari abah ma ambu yang menabung selama belasan taun

  • ali.sadhikin

    ganti yg baru yuk…

  • tahun depan pasti bisa beli mobil gw

  • muslim nasri

    sy berdyukur bs pnya mobil lebih dr 4 merek. dan yg paling pas terakhir sy pakai sekarang avanza g 1.3. ibaratnya 95% puas. hya sdkit mskn untuk interior joc. kurang elegan dan terkesan murah. mudah kotor dan sulit dibersihkan. bg perokok sngt rawan. jd mohon untuk dirubah. mksh dan mohon maaf

  • burisrowo keren

    Kerja keras dulu, baru punya cita2 punya mobil. Kalo ngga ada usaha, itu namanya mimpi

  • Rizki

    Coba baca buku “7 keajaiban rezeki” mas. Insyaalloh rezeki bertambah 🙂

  • Amy

    Pengen punya mobil tapi uangnya yg sulit di dpt gimana yah.

Top